Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

maritimindonesiAvatar border
TS
maritimindonesi
5 Destinasi Wisata Taman Nasional Ujung Kulon
5 Destinasi Wisata Taman Nasional Ujung Kulon





5 Destinasi Wisata Taman Nasional Ujung Kulon– Taman Nasional Ujung Kulon merupakan kawasan konservasi di ujung barat Pulau Jawa. Taman nasional pertama di Indonesia ini juga telah menjadi kawasan wisata yang mendunia.

Beragam destinasi wisata selalu menjadi pilihan para wisatawan, di antaranya pesona pantai, taman bawah tanah, trekking, petualangan sungai ala “amazon”, surfing, wisata kemah, wisata sejarah, menikmati hewan-hewan liar penghuni Ujung Kulon, dan banyak surga tersembunyi lain di Ujung Kulon. Terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, Taman Nasional Ujung Kulon selalu menjadi impian para perlancong baik dalam maupun luar neger. Berikut 5 Destinasi wisata yang wajib wisatawan kunjungi saat berada di ujung kulon.


1.Pulau Peucang








Tempat wisata pertama dan paling terkenal di kawasan Taman Nasional Ujung Kulonadalah Pulau Peucang. Dalam waktu beberapa tahun terakhir nama pulau ini tengah berkibar di jajaran pariwisata Indonesia. Pulau di seberang barat pulau utama Jawa ini mempunyai karakteristik pantai berpasir putih yang lapang serta perairan yang jernih dan tenang.

Pulau Peucang telah menyediakan berbagai akomodasi untuk pengunjung yang berminat menginap di pulau ini. Meski telah ada berbagai fasilitas wisata yang memadai tetap saja alam sekitar kawasan wisata ini sangat alami. Bahkan tidak jarang wisatawan yang menjumpai aneka satwa liar di sekitar pantai atau pun lingkungan penginapan. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Peucang antara lain trekking ke Karang Copong untuk menyaksikan matahari terbenam, berenang dan snorkeling di perairan dangkal hingga menyelam ke taman bawah laut yang indah.



2.Pulau Panaitan





Terletak di ujung barat dari Semenanjung Taman Nasional Ujung Kulon terdapat Pulau Panaitan. Posisinya berarti berada di selat Sunda dan berjarak cukup dekat dengan Pulau Sumatera. Pulau yang berukuran sekitar 17 ribu hektar ini menyimpan banyak potensi wisata menarik yang sayang dilewatkan.

Berkunjung ke Pulau Panaitan adalah cara yang tepat untuk menikmati suasana rimba yang alami. Perbukitan di pulau ini terbentuk oleh hutan alami dengan kombinasi antara vegetasi hutan bakau, hutan pantai dan hutan hujan. Di dalam pulau ini pula traveler bisa menemukan reruntuhan sejarah berupa Arca Ganesha serta benda-benda bersejarah lainnya. Tidak ketinggalan di pulau ini wisatawan juga dapat mencicipi kegiatan bahari seperti snorkeling dan diving. Hanya saja di pulau ini belum tersedia fasilitas akomodasi penginapan.


3.Pulau Badul








Pulau Badul sayang untuk dilewatkan jika traveler berniat liburan di Taman nasional Ujung Kulon. Pulau mungil ini punya taman bawah laut yang keren. Pulau ini tidak berpenghuni dan ukurannya juga tidak terlalu besar. Yang perlu traveler perhatikan saat berenang di perairan pulau ini adalah untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Meski airnya sangat jernih dan menggoda untuk direnangi tapi laut Pulau Badul terkenal memiliki arus yang lumayan kuat. Kalau tidak hati-hati bisa terseret ke kawasan karang yang tajam yang bisa melukai tubuh. Pulau Badul hanya bisa diakses melalui dua desa saja yakni Desa Sumur dan Desa Tamanjaya.



4.Sungai Cigenter








Kalau di Brazil ada Sungai Amazon yang sangat terkenal itu, maka di Banten ada Sungai Cigenter. Sungai Cigenter berada di Pulau Handeuleum. Pulau Handeuleum memiliki luas sekira 220 hekter dan merupakan pulau kecil yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Salah satu destinasi wisataunggulan di Pulau Handeuleum yaitu wisata petualangan canoeing atau menjejahi Sungai Cigenter menggunakan kayak atau perahu kecil. Perahu kecil berkapasitas 4-6 orang itu akan menyelusuri Sungai Cigenter yang tenang. Anda akan merasakan sensasi menyusuri Sungai Amazon di Amerika Selatan seperti di kisah-kisah film, yang tenang dan misterius.



5.Padang Rumput Cidaon








Kegiatan wild watching bisa traveler lakukan dengan mengunjungi Padang Rumput Cidaon. Di sinilah kebanyakan hewan liar yang hidup di Taman nasional Ujung Kulon berkumpul untuk mencari makan. Beberapa jenis hewan yang kerap terlihat di padang rumput ini antara lain sapi, banteng, kerbau dan burung merak. kadang-kadang juga muncul badak bercula satu.

Hanya saja kalau datang ke tempat ini sebaiknya didampingi oleh pemandu. Mereka akan mengarahkan ke tempat yang aman untuk melihat hewan-hewan liar tersebut. Umumnya waktu terbaik untuk menonton hewan di alam bebas ini dilakukan pada sore hari. Akses menuju ke Padang Rumput Cidaon bisa dilakukan lewat Desa Taman Jaya atau Desa Sumur. Dari kedua desa tersebut kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke Pulau Peucang. Setelah itu dilanjutkan dengan perahu kecil menuju Padang Cidaon.

Demikian artikel kami yang berjudul 5 Destinasi Wisata Taman NasionalUjung Kulon, semoga bermanfaat.
0
3.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.