Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

naziladewiAvatar border
TS
naziladewi
Kini Batik Pekalongan Ada di Trade Mall



Batik bukan sekadar pakaian. batik adalah identitas, budaya bangsa serta warisan leluhur. Batik terus berkembang, bahkan kini menjadi salah satu ikon fashion dunia. Tak jarang, tokoh-tokoh dunia dari perjabat hingga selebriti pernah menggunakan pakaian khas Indonesia ini.

Di Indonesia, salah satu batik yang terkenal adalah batik Pekalongan. Besarnya minat akan batik pekalongan, disambut oleh Trade Mall Mangga Dua Square dengan menggandeng para pengusaha dan pengrajin batik asal Pekalongan untuk mengembangkan usahanya di Jakarta. Salah satu misi dari jaringan TM yang dikelola oleh Agung Podomoro Land ini adalah memberdayakan UKM, terutama dari daerah karena potensinya untuk maju sangat besar.

Selama ini TM Mangga Dua Square memusatkan diri pada pusat busana muslim modern yang menggandeng desainer Indonesia, Itang Yunaz. Seiring berjalan waktu, kini merambah batik sutra dan tenun. "Sekarang zoning-nya kita ubah menjadi Pusat Busana Muslim dan Batik Nusantara Modern," ujar GM Advertising & Promotion TM Mangga Dua Square Shindiwaty Mastra seperti siaran pers yang diterima, Jumat 19 Agustus 2016.

Wali Kota Pekalongan H Achmad alf Arslan Djunaid, mendukung pengembangan Batik Pekalongan melalui kerjasama pemasaran dengan TM Mangga Dua Square, yang tergabung dengan Agung Podomoro Group. "Semoga dengan kedatangan para pengusaha batik dari Pekalongan ini dapat menggairahkan batik kita, terutama agar bisa diserap pasar khususnya yang di wilayah Jakarta Utara ini," katanya.

"Kita telah melakukan beberapa trip ke berbagai pusat batik di daerah, salah satunya ke Pekalongan. Memang tidak mudah mengumpulkan pedagang daerah yang terbiasa dengan comfort zone, masuk ke Jakarta. Tapi kami meyakinkan mereka," katanya.

Shindiwaty mengatakan, hingga saat ini sekitar 50 pedagang batik Pekalongan telah bergabung mengisi unit-unit yang telah disiapkan yang jumlahnya mencapai 80 unit untuk tahap pertama. Selanjutnya, total zoning batik rencananya akan ditambah mencapai 150 unit yang diperuntukkan khusus untuk pedagang Batik Nusantara.

Sejumlah kegiatan pun dilakukan untuk membantu pedagang dalam mempromosikan produknya, salah satunya acara mingguan bertajuk Fonday (Fashion Show on Friday) yang menampilkan koleksi busana dari para pemilik butik dan kios, seperti yang digelar pada Jumat 12 Agustus 2016. Sokongan kepada UKM seperti ini, tentu saja semakin menggairahkan para UKM, khususnya yang bergerak di bidang usaha batik.









Aku makin bangga deh pakai batik. Semoga kaka semua juga makin konfidens menggunakan batik ya. emoticon-I Love Indonesia
0
2.5K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.