Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Fakta Unik dan Menarik Mengenai Teh Cina, Paling Bikin Penasaran No. 4 Nih!

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
5 Fakta Unik dan Menarik Mengenai Teh Cina, Paling Bikin Penasaran No. 4 Nih!


Cina punya banyak warisan budaya yang hingga kini masih dijaga oleh masyarakat di sana. Salah satunya adalah mengenai keberadaan teh cina popularitasnya tak hanya ada di negera Cina, namun juga telah merambah ke dunia internasional. Banyak yang mempercayai khasiat dari teh cina dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Dengan khasiat seperti itu, tidak mengherankan kalau teh cina banyak jadi pilihan oleh-oleh saat traveling ke negeri tirai bambu tersebut. Dan terlepas dari hal ini, teh cina juga menyimpan berbagai fakta unik serta menarik lho. Berikut ini adalah lima di antaranya.

1. Cari teh cina terbaik? teh pu'er dari Yunnan jawabannya

Teh Pu'er kerap disebut sebagai teh cina terbaik. Teh pu'er ini merupakan teh yang sudah mengalami proses fermentasi dan disimpan dalam waktu yang lama. Semakin lama proses penyimpanannya, katanya sih teh ini semakin berasa. Dan tentunya, durasi penyimpanan teh ini juga proporsional dengan harga jualnya. Semakin lama disimpan, maka semakin tinggi harganya.


Teh pu'er (sumber gambar: nutritious-food)

Teh pu'er ini merupakan teh yang banyak diproduksi di wilayah bagian selatan Provinsi Yunnan. Area dataran tinggi di Yunnan bagian selatan pun dalam sejarah ratusan tahun negara Cina sudah dikenal sebagai sumber penghasil teh pu'er.

Sebagai informasi tambahan, teh cina terbagi menjadi lima jenis, yakni teh hijau, teh hitam, teh oolong, white tea dan teh fermentasi. Klasifikasi ini dilakukan berdasarkan tingkat fermentasi dari teh tersebut serta proses pembuatannya.

2. Wisata teh terbaik, enaknya di area perkebunan teh longjing

Longjing yang merupakan daerah penghasil teh longjing dikenal sebagai destinasi wisata yang terkenal dari Provinsi Zhejiang. Selain itu, teh longjing juga merupakan teh hijau yang paling terkenal di seantero Cina. Bahkan reputasi teh ini merupakan salah satu teh cina yang memiliki status Gong Cha atau teh kerajaan. Gelar ini diberikan oleh Kaisar Kangxi dari Dinasti Qing.


Perkebunan teh longjing (sumber gambar: mildchina)

Daerah perkebunan teh longjing banyak dikunjungi para wisatawan karena pemandangannya yang sangat indah. Terlebih lagi Longjing juga merupakan sebuah desa yang lokasinya sangat berdekatan dengan West Lake, destinasi wisata populer yang ada di Hangzhou, Zhejiang. Jadi tidak mengherankan kalau cukup banyak wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk sekalian berkunjung ke perkebunan teh longjing.

3. Ini nih brand teh cina yang konon merupakan brand terbaik

Teh Dianhong, itulah merek teh cina yang kabarnya sih mempunyai kualitas terbaik. Dianhong sendiri merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di kota Feng Qing dan didirikan pada tahun 1954. Perusahaan ini pun dikenal mampu menjaga kualitas produknya dan memiliki banyak variasi pohon Camellia sinensis yang dipakai untuk produksi teh.


Teh Dianhong (sumber gambar: teanaga)

Selain itu, Feng Qing ternyata juga mempunyai sejarah teh yang sangat panjang. Bahkan di kota ini juga bisa dijumpi jenis tumbuhan teh tertua dunia sejak 3200 tahun yang lalu. Jadi tidak mengherankan kalau kota Feng Qing dikenal mempunyai pabrik teh cina dengan reputasi yang dikenal luas.

4. Ada jenis teh yang hanya boleh dipetik oleh seorang perawan, dan ada kualifikasi lainnya lho

Nah, di Provinsi Henan tepatnya di kota Gushi ada sebuah teh yang disebut dengan nama teh Kou Chun Cha. Teh ini menjadi unik dan spesial karena mereka yang memetik tumbuhan teh ini adalah orang-orang pilihan. Bagaimana tidak, para pemetik teh ini hanya mereka yang masih perawan. Bukan sembarang perawan sih, karena juga diharuskan untuk mempunyai payudara dengan cup C.

Ukuran payudara pun menjadi faktor yang krusial saat proses pemetikan daun teh Kou Chun Cha ini. Selain itu, proses pemetikannya juga unik karena tidak boleh menggunakan tangan, tapi harus memakai mulut. Dan daun teh yang telah dipetik pun selanjutnya harus ditempatkan pada keranjang kecil yang ditempatkan di payudara pemetiknya. Bikin mupeng ni teh mah... emoticon-Big Grin

5. Teh termahal tuh ya teh panda

Pada tahun 2012 lalu, muncul teh yang disebut sebagai teh paling mahal sedunia. Bagaimana tidak, 50 gram teh panda yang bisa dipakai untuk setidaknya membuat 16 cangkir teh dijual dengan banderol sebesar 3500 USD. Jadi kalau dirata-rata, kurang lebih harga secangkir teh panda ini adalah sebesar 200 USD. Wow bukan?


Teh panda (sumber gambar: China.cn)

Yang membuat teh ini mahal adalah karena pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos dari tinja panda. Produsen teh panda ini pun beralasan kalau teh panda punya khasiat tinggi terhadap kesehatan. Terutama karena panda mengkonsumsi bambu liar dan hanya menyerat 30 persen kandungan nutrisi di dalamnya. Alhasil, kotoran panda pun dipercaya memberikan dampak yang positif pada kualitas teh.

SUMBER
zharki
zharki memberi reputasi
1
28.5K
204
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.