Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gantungan.konciAvatar border
TS
gantungan.konci
Sering mengumpat kasar dalam hati, pertanda apa?
Jadi begini gan, akhir2 ini ane memperhatikan diri ane sendiri yang suka berkata kasar, mengumpat tetapi hanya dalam hati. Ane sering nyebut dan teriak Anjing, Monyet, sama orang lain, tapi cuma dalam hati. Seringnya ane seperti itu hanya saat ane berkendara di jalan raya.



Jadi ente pasti dah pada paham bukan, klo perilaku pengguna jalan di Indo itu banyak sekali yang kurang disiplin, apalagi di kota besar. Mulai dari ambil jalur orang seenaknya, doyan klakson, serobot, asal belok, ga make lampu sein, modif kendaraan yang tidak pantas (misal lampu belakang putih, atau knalpot rombeng), belum lagi trotoar yang penuh sama pedagang. Kalau pun kosong, pasti diserobot sama pengendara motor emoticon-Cape d... (S). Dan seabrek ketidak disiplin-an lain yang biasa kita temui di jalan.

Ane tiap hari pergi-pulang kerja bawa motor. Kebetulan ane domisili di Cikarang-Bekasi, dan kerja di Cibitung. Rute sehari-hari yang ane lalu-in ada 2, yaitu rute Kalimalang, dan rute jalan raya Cikarang-Bekasi. Ane lebih suka liwat rute jalan raya ketimbang kalimalang, karena ente tau alasannya kenapa?rute kalimalang itu sempit, hanya 2 jalur. Dan sering sekali banyak truk2 besar liwat kalimalang ngabisin jalan. Kalau 2 arah berlawanan ada 2 truk gede ketemu, apalagi pas deket per3-an atau per-4 an, ud pasti jaminan macet. Ane sering kesel klo ketemu truk gede yg liwat kalimalang, kenapa si ga liwat jalan tol aja? emoticon-Mad (S) . Ud jalannya lambat, bikin macet pulak. Belum lagi klo truk itu akhirnya mogok, mampus dah emoticon-Cape d... (S). Dan bikin tambah kesel, saat macet di 4-an, atau karena truk mogok, motor2 pada ambil jalur lawan arah yg sebenarnya diperuntukkan buat kendaraan dari arah berlawanan. Saat mereka dari 2 arah ketemu, macet parah gak bisa dihindarin. Ini yg bikin ane suka mengumpat kasar dalam hati (dasar Monyet, Anjing semua!! ) emoticon-Mad (S)



Ane sendiri jujur, paling ogah ngambil jalur orang apalagi jalur berlawanan arah kalau tidak benar2 jalanan lagi sepi. Kalau lagi ramai dan macet, ane ngerti kalau jalur kanan hanya untuk kendaraan dari arah berlawanan. Pun kalau diambil, tidak perlu seluruh jalur, tapi tetap menyisakan supaya bisa dilewati. Tapi sayangnya banyak yg ga mikir sampe sono, dan ngambil habis seluruh jalur kanan yang mengakibatkan macet emoticon-Mad (S)

Karena alasan itu, ane lebih suka pake jalur jalan raya yang lebih lebar meski rada lama dikit. Tapi bukan berarti ane ga ketemu masalah serupa, di jalur jalan raya ane biasanya liwat jalan kampung dahulu (jalur pinggiran kawasan industri) sebelum masuk jalan besar. Nah di jalan kampung ini yang jaraknya pendek, tapi sempit minta ampun. Normalnya hanya bisa dilalui 1 mobil saja, kalau dipaksain bisa 2 mobil berlawanan arah tapi jalan mesti pelan biar ga mepet kanan kiri yang kepenuhan tukang dagang atau orang minta sumbangan. Di jalur kampung ini, lagi2 ane ketemu pengendara motor yang seenaknya ambil jalur berlawanan. Kadang ada pengatur jalan, ud minta berhenti dan ngasi jalan buat arah sebaliknya bisa masuk, tapi dari arah ane tetep aja tu motor serobot2 ngabisin jalur kanan sampe bikin macet lagi. Dan lagi2 disitu ane ngumpat "Dasar monyet lo semua..", lagi2 ane ngumpat kasar emoticon-Mad (S). Tapi masih mendingan, masalah gede di jalur jalan raya cuma itu doank. Setelah ketemu jalan besar, lumayan lancar.



Nah, karena keseringan mengumpat di jalan raya, tetapi hanya dalam hati doank, ane sekarang mulai berpikir dan merasa berdosa gan. Dulu waktu kecil, emak ane ngajarin ane, kalau ane ga boleh berkata kasar sama orang. Ane sendiri di lingkungan dikenal sebagai orang yang santun, dan tidak terlalu banyak bicara. Tapi dengan seringnya ane mengumpat kasar, ane seperti punya kepribadian ganda. Ane berpikir apakah ane harus berkonsultasi dengan psikolog?emoticon-Cape d... (S)



Ane sempet baca2 artikel referensi di Internet, kalau kecenderungan seperti ane bisa berarti ane mengalami gangguan jiwa ringan gan. Normalnya orang emosi itu diungkapkan dan jangan dipendam. Tapi ane gak bisa mengungkapkan atau berekspresi secara terang2-an. Dalam pengalaman ane, yang suka berekspresi terang2-an di jalan raya, justru adalah pengendara yang melanggar. Ibaratnya, die yang salah, eh dia yang paling nyolot. Ane untuk berekspresi "liar" macam itu masih mikir efek samping nya gan.

Tapi dari refrensi yang ane baca pula, kebiasaan memendam emosi seperti itu bisa mengakibatkan stress, darah tinggi, dan paling jelek adalah serangan jantung. Ane jadi watir kalau udah tua ntar ane stroke karena sering seperti itu gan. Kalau dipikir secara logika, orang yang seneng melanggar lalin, mungkin tidak akan kesal kepada sesama pelanggar lalin, dan hatinya cenderung lebih adem saat dijalan. Tapi buat ane yang tidak suka melanggar lalin, bawaanya kesel mulu ngeliat orang melanggar lalin dan mengakibatkan macet dan kerugian banyak pihak. Apa ane harus melanggar lalin juga supaya bisa tetap sehat ye gan?emoticon-Cape d... (S)
0
9.3K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.