Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

omtakimAvatar border
TS
omtakim
Tes Buta Warna, Ada Berapa Warna dalam Gambar ini?
Selamat Siang para kaskuser.... emoticon-Smilie
Setelah ane buat thread mengenai Manfaat setiap Gerakan Sholat bagi Kesehatan http://www.kaskus.co.id/post/55b474d...786852098b4570
kali ini ane mau ngepost tentang Tes Buta Warna

NO REPOST



alhamdulillah repost dah aman...

oke, mari langsung saja di simak gan..emoticon-Smilie



Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis.

Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna.

Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan terdapat istilah ‘pembawa sifat’, hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna.

Perempuan dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelainan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya, tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tersebut menderita buta warna.

Saraf sel pada retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut.
Sebarapa andal Anda mampu melihat jenis warna? Faktanya, tak semua manusia mampu melihat warna dengan cara yang sama.

Sejatinya manusia secara umum hanya mengenal tujuh jenis warna populer yakni warna pelangi –merah, jingga, hijau, kuning, biru, nila, ungu. Padahal, di luar itu semua masih banyak jenis turunan warna yang mungkin kita tidak mengenal apa sebutannya.

Ada yang mampu melihat, ada juga yang merasa kesulitan. Kepandaian seseorang mengenali warna tergantung pada seberapa banyak mata Anda memiliki kerucut atau reseptor warna.

Profesor Diana Derval, seorang ahli neuro marketing, baru saja memberikan tes yang menarik untuk menentukan sebarapa banyak Anda memiliki reseptor warna. Caranya mudah, Anda hanya perlu menebak ada berapa banyak pada kotak ini dan Anda bisa mengetahui kesehatan mata.

Kurang dari 20 warna
Jika Anda menebak kurang dari 20 warna, itu tandanya Anda hanya memiliki dua kerucut mata reseptor warna yang secara medis disebut dengan dikromat. Dikromat adalah keadaan mata yang hanya memiliki dua sel kerucut yang menyebabkan buta warna sebagian dan hanya bisa mengkombinasikan dua warna.

Antara 20 dan 32 warna
Anda yang hanya bisa menebak 20 sampai 32 warna berarti Anda memiliki tiga jenis kerucut di mata yang juga biasa disebut dengan trikromat. Menurut Dervals, 50 persen dari populasi manusia adalah trikromat.

Antara 32 dan 39 warna
Jika Anda mampu menebak di kisaran angka ini, berarti Anda memiliki mata seperti lebah atau tetrachromat. Dervals mengatakan jenis-jenis orang ini memiliki empat jenis kerucut. Manusia dengan kelebihan ini mampu melihat seratus kali lebih banyak warna daripada manusia pada umumnya.

Lebih dari 39 warna
Jika Anda melihat lebih 39 jenis warna, coba periksa kembali kesehatan mata Anda. Karena menurut Dervals, dalam kotak warna itu hanya ada 39 warna yang berbeda.

Nah, jawab dengan jujur, agan lihat ada berapa?

Sekian Thread ane gan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Bagi yang sudah ISO dan merasa thread ini memberi manfaat saya dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L) dari agan

Yang belum ISO saya sangat mengharapkan emoticon-Rate 5 Star dari agan, tujuannya biar ilmu yang ada dalam thread ini bisa dibaca oleh banyak kaskuser..

dan jangan lupa untuk di share kalau berkenan. biar yang lain bisa baca tidak hanya penghuni kaskuser.

kaskuser yang baik pasti meninggalkan jejak emoticon-Traveller

silahkan dibaca thread ane yang lain gan
SUBHANALLAH!! Penyakit dan Penawarnya. http://www.kaskus.co.id/thread/55b36...dan-penawarnya
MASYA ALLAH!!! Inilah Manfaat setiap Gerakan Sholat bagi Kesehatan http://www.kaskus.co.id/thread/55b47...bagi-kesehatan
Kewajiban Seorang Bapak Terhadap Anaknya Ketika Baru Lahir http://www.kaskus.co.id/thread/55b46...ika-baru-lahir

semoga bermanfaat thread2nya gan emoticon-Smilie
Diubah oleh omtakim 26-07-2015 07:08
0
14.2K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.