• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Suara teks proklamasi bung Karno, ternyata tidak direkam saat kemerdekaan RI 1945

3rdvanAvatar border
TS
3rdvan
Suara teks proklamasi bung Karno, ternyata tidak direkam saat kemerdekaan RI 1945
Rekaman suara Bung Karno yang sering kita dengar saat membacakan teks proklamasi, ternyata tidak direkam saat hari kemerdekaan RI 1945.

Rekaman suara Bung Karno tersebut sebenarnya direkam pada tahun 1951 oleh Yusuf Ronodipuro yang berawal dari kunjungannya ke Istana negara saat bertemu dengan bung Karno, ketika dirinya menjadi Kepala sekaligus pendiri Radio Republik Indonesia (RRI).

Dalam kesempatan tersebut Yusuf Ronodipuro meminta bung Karno untuk mengulang membacakan teks proklamasi yang kemudian akan direkam oleh dirinya sebagai bukti kepada generasi selanjutnya bahwa proklamasi memang benar-benar dibacakan oleh Bung Karno, namun Bung Karno marah dan menolak karena dirinya berprinsip bahwa proklamasi itu hanya sekali terjadi, dan tidak dapat diulang kembali.

Menurut sejarawan Asvi Warman Adam, Ini adalah kali kedua bung Karno diminta mengulang pembacaan teks proklamasi. Permintaan yang pertama ketika tanggal 17 Agustus 1945 setelah pembacaan teks proklamasi selesai di Pegangsaan Timur, ada beberapa pemuda yang datang terlambat sehingga mereka tidak secara langsung mendengarnya.

Oleh karena itu pemuda-pemuda tersebut menghadap Bung Karno dan memintanya untuk mengulang membacakannya, namun bung Karno menolak seperti apa yang dikatakan oleh Yusuf Ronodipuro.

Dalam permintaan yang dilakukan oleh Yusuf Ronodipuro, Bung Karno tetap keras menolak. Namun setelah diberikan pengertian-pengertian oleh Yusuf Ronodipuro yang menganggap sangat penting suara Bung Karno untuk direkam, sehingga dapat di dengar oleh masyarakat di seluruh Indonesia dan juga dapat menjadi bukti bahwa proklamasi disampaikan dengan suara oleh Bung Karno kepada generasi - generasi selanjutnya.


Sumur : http://www.kotasalatiga.com

P.S

Kalau agan2 yang belum tahu Yusuf Ronodipuro, beliau adalah salah satu pahlawan dari kota kelahiran ane di Salatiga, Jawa Tengah. Beliau adalah Kepala sekaligus pendiri Radio Republik Indonesia (RRI). Profil Yusuf Ronodipuro ada di artikel ini.

Dirgahayu RI ke 71


0
5.3K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.