bung001jakaAvatar border
TS
bung001jaka
KEKUATAN PERTAHAN INDONESIA DI URUTAN 19
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengklaim pertahanan yang dimiliki Indonesia sangat kuat. Kekuatan pertahanan Indonesia berada di atas pertahanan yang dimiliki Australia. Katanya Kekuatan kita kan (urutan) 19 di dunia. Di ASEAN Inonesia paling kuat, di atas Australia. Untuk pertahanan fisik, sementara sudah cukup bagus. Hal ini di sampaikan Ryamizard di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Ryamizard meyakini hal tersebut meski belum meninjau langsung kantong-kantong pertahanan di seluruh Indonesia. Sejauh ini, secara umum dia menyebut kekuatan pertahanan Indonesia cukup baik.
Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) belum memastikan apakah akan melakukan penambahan kekuatan pertahanan di Indonesia. Dia memang belum melihat secara langsung kekuatan pertahanan di berbagai daerah perbatasan di Indonesia.

Namun Ryamizard berniat akan berkeliling ke ke berbagai daerah perbatasan untuk melihat keperluan penambahan pasukan pertahanan. Panglima Berujar dirinya akan berkeliling ke perbatasan. Apa yang diperlukan misalnya untuk kekuatan maritim, akan di tentukan di situ setelah melakukan peninjauan.

Kita tahu bahwa Bangsa Indonesia memiliki batas wilayah perairan laut yang luas dan strategis. Tidak sedikit negara tetangga, yang ingin mencaplok batas wilayah perairan laut Indonesia untuk di klaim sebagai wilayah perairan negaranya.

Seperti di ketahui sebelumnya Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Laksamana Purnawirawan Sumardjono mengakui wilayah batas perairan laut Indonesia sangat strategis, khususnya di bidang perdagangan. Indonesia, kata Sumardjono, memiliki lima alur pelayaran atau choke point strategis yang menjadi penentu perdagangan di dunia, melalui jalur laut dari sembilan choke point di seluruh dunia.

Oleh karena itu, wilayah batas perairan laut di Indonesia juga harus memiliki pertahanan yang kuat, agar tidak diganggu oleh negara lain. Menurut Sumarjono, untuk memperkuat pertahanan batas perairan laut Indonesia, harus dengan memperkuat alat utama sistem persejataan (autsista).

Kendati begitu, Sumardjoono menyarankan pemerintah membuat alutsista sendiri, ketimbang harus membeli dari luar negeri.


http://nasional.sindonews.com/read/9...lia-1415898000
0
8.7K
17
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan KepolisianKASKUS Official
2.2KThread2.2KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.