Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

haloroboticsAvatar border
TS
halorobotics
Mainan Canggih Sphero! Apa itu Sphero?
Mainan Canggih Sphero! Apa itu Sphero?

[size="2"][color=gray]Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang setiap waktu, telah masuk ke dalam seluruh aspek-aspek kehidupan, tidak terkecuali permainan. Dahulu kamu mengendalikan mobil-mobilan dengan remot control atau memainkannya dengan menggerakkannya secara manual, kini kamu akan menggantinya dengan sebuah bola lucu yang dikendalikan dengan gadget canggih.

Sebuah bola? Ya, sphero. Bagi penyuka atau ahli dalam dunia teknologi dan gadget, tentunya tidak merasa asing dengan nama tersebut. Tetapi bagi orang awam yang jarang mengikuti perkembangan teknologi, mungkin masih bertanya-tanya, apa itu Sphero? emoticon-Bingung

Mainan Canggih Sphero! Apa itu Sphero?


Mari kita coba mengambil pengertian dari Wikipedia. Sphero adalah robot spherikal yang dirancang oleh perusahaan yang bernama Sphero (dulunya bernama Orbotix). Sphero berbentuk bola berwarna putih yang terbungkus dalam plastik polikarbonat, yang dikendalikan dengan smartphone atau tablet.

Sang perusahaan, Sphero, adalah perancang robot pintar dengan dikendalikan smartphone, yang meraih kesuksesan besar sehingga mengeluarkan kategori produk baru “connected play” dan memimpin kerja sama dengan Disney untuk mendesain mainan robotika cerdas yang diambil dari fiksi terfavorit di dunia. Sphero telah menghasilkan banyak robot Sphero yang digemari banyak orang dari berbagai kalangan, namun tentunya kamu masih bertanya, bagaimana cara kerjanya? Bagaimana sphero berguling, berlari, dan melakukan hal menakjubkan lainnya?

Untuk menjelaskan hal itu, baiknya kita pilih Sphero 2.0, bola robotik pertama di dunia yang dikendalikan oleh smartphone atau tablet. Siap berpetualang?

emoticon-Wow


Pertama-tama, tentunya kamu perlu menyalakan robot Sphero milikmu. Mencari tombol tombol on/off? Sayangnya, tidak ada. Namun di sinilah poin menyenangkan yang akan kamu nikmati pertama kali. Untuk menyalakan bola Sphero, yang perlu kamu lakukan hanya mengetuknya sebanyak 2x, dan bola Sphero akan bercahaya, tanda dia siap untuk kamu mainkan.

Untuk memainkannya, kamu perlu menghubungkan robot Sphero 2.0 dengan smartphone atau tablet milikmu. Tidak dengan kabel, melainkan dengan koneksi Bluetooth. Nyalakan koneksi Bluetooth dan dekatkan pada robotmu, lalu tunggu hingga keduanya saling tersambung.

Jangkauan koneksi Bluetooth yang ditanamkan pada Sphero bisa mencapai 30 meter. Kamu tidak perlu merasa harus berdekatan dengan robotmu untuk memainkannya, atau merasa kesusahan karena adanya kabel yang melintang. Semua itu adalah teknologi jadul (jaman dulu).



Sekarang, mari mengetahui cara kerja Sphero. Tentunya kalian bertanya-tanya, bagaimana Sphero bergulir walau tidak memiliki roda? Jadi, terpasang rapi sebuah robot kecil di dalam kerangka putih Sphero, yang menggunakan giroskop untuk menyeimbangkan kedua roda. Mungkin Sphero terlihat tidak memiliki bagian depan dan belakang dengan jelas, namun robot di dalam Sphero memilikinya berkat bantuan dari giroskop. Ketika Sphero diperintahkan untuk mengemudi dengan arahan baru, dia mampu berputar dengan cepat ke arah berdasarkan posisi yang relatif dengan si pengguna. Semua itu terjadi dengan mulus di dalam Sphero. Namun di hadapan penggunanya, Sphero berguling layaknya bola lain.

Untuk berguling ke sana-ke mari, bayangkan robot di dalamnya sebagai seekor hamster yang berlari dalam sebuah roda. Hamster tidak pergi ke mana-mana saat berlari. Sekeras apa pun dia memanjat, gravitasi menariknya kembali ke bawah dan roda bergerak di bawahnya. Begitu pula dengan cara kerja Sphero—menanjak tiada henti, berjuang agar sisi kerangkanya berputar dari bawah—yang menyebabkan Sphero berguling. Logikanya, Sphero berlari pada gravitasi.

Semua teknologi canggih tersebut tentunya diharapkan bisa tahan lama dan tahan terhadap apa pun. Nah, selain dilindungi kerangka polikarbonat yang kuat, fisik Sphero sengaja tidak memiliki kompartemen pengisian baterai di mana kamu memasukkan kabel dari sumber listrik ke robot bola sphero. Lalu, bagaimana Sphero 2.0 bisa mengisi ulang daya baterainya?

Robot bola ini menggunakan teknologi pengisian tenaga induksi atau inductive charging. Pengisian induktif membuat robot Sphero tidak memiliki kompartemen kabel atau baterai apa pun. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menempatkan Sphero 2.0 ke dudukan pengisian baterai yang sudah tersambung ke sumber listrik. Daya yang sudah ditampung pada dudukan pengisian baterai ini akan disalurkan ke Sphero melalui kerangka luarnya, lalu diterima oleh robot dalam Sphero 2.0 yang kemudian mengubah daya tersebut menjadi listrik.

Karena menerapkan pengisian induktif ini pula, robot Sphero 2.0 tahan air dan debu. Jadi, kamu dapat memainkan Sphero di mana pun, dan dengan siapa pun. Karena robot ini sangat ramah, bahkan dengan hewan kesayanganmu.



Informasi yang cukup lengkap untuk sebuah robot canggih bukan? Namun, masih ada satu informasi lagi yang tertinggal. Untuk bermain atau bereksperimen dengan robot Sphero 2.0 ini, kamu perlu menginstal aplikasi Sphero pada gadget yang kamu gunakan. Jika ingin mengemudikan Sphero, unduh aplikasi Sphero Drive dan mainkan dengan mengendalikan joystick pada layar gadget-mu. Kalau merasa bosan mengendarainya, coba unduh aplikasi permainan yang kamu suka dan buat robot bolamu menjadi karakter dalam video game. Serunya lagi, karakter yang Sphero-mu mainkan akan hidup secara nyata di hadapanmu.

Tidak hanya bermain sih, kamu bisa melakukan hal yang lebih asyik lagi. Berkreasi lah dengan Sphero-mu menggunakan aplikasi pemrograman dan jelajahi dunia pemrograman yang mudah dan menyenangkan.

Semua aplikasi tersebut dapat diunduh di Google Play Store atau iTunes App Store.

Kini kamu bisa memilikinya di rumahmu, di Indonesia. Produk ini sangat cocok di Indonesia karena sesuai dengan pasar masyarakat Indonesia. Selain itu, Indonesia memiliki perkembangan teknologi yang cukup baik sehingga robot pintar Sphero cocok hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Dan yang paling penting, robot-robot Sphero bukanlah sebuah mainan saja, robot pintar Sphero memiliki kaitan khusus dengan bidang pendidikan. Robot-robot pintar Sphero mempermudah siapa saja untuk belajar dan memahami pemrograman, bidang pendidikan yang memegang peranan penting di masa depan. Baik itu anak-anak, programer pemula, programer handal, dapat memasuki ilmu pemrograman lebih dalam melalui cara yang lebih mudah dan menyenangkan, dengan Sphero.


emoticon-2 Jempol


Kamu bisa melihat berbagai jenis robot Sphero dan spesifikasi lebih lengkapnya di Halo Robotics! Baca artikel lebih lengkapnya di Blog Halo Robotics!
Diubah oleh halorobotics 21-06-2016 08:25
0
5K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.