Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zaros87Avatar border
TS
zaros87
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan

17 agustus tinggal beberapa hari lagi, momentum bersejarah yang setiap tahun dirayakan dengan gempita oleh bangsa indonesia.

Setiap tanggal 17 agustus seluruh masyarakat di Indonesia merayakan dengan berbagai cara, salah satu cara perayaannya adalah pergelaran berbagai macam perlombaan yang meriah.

Namun apakah kita tau apa sebenarnya makna dibalik diadakannya lomba lomba tersebut?

Bukan cuma karena untuk bersenang senang saja loh, lomba lomba yang di adakan saat tujuh belasan memiliki makna mendalam dan menarik bila di kupas.

Untuk itu saya disini coba untuk membongkar makna makna dibalik beberapa lomba tujuh belasan yang sering diadakan di Indonesia.

1. Balap Karung
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan
Lomba ini memiliki makna sejarah ketika penjajah masih bersarang di Indonesia, seluruh rakyat tidak bisa bergerak bebas, terisolasi, terpuruk, bahkan pakaian yang dikenakan adalah karung karung goni, namun dengan semangat juang tinggi bangsa indonesia berhasil keluar dari jeratan penjajah walaupun dengan terseok seok dan berulang kali terjatuh, namun akhirnya berhasil mencapai garis kemerdekaannya.

2.Lomba Makan Kerupuk
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan
Makna lomba ini bercerita tentang sejarah kelaparan yang dialami oleh bangsa kita saat di jajah bangsa asing, tak ada asupan bergizi yang didapat namun harus bekerja sampai kering keringat kita.

3. Tarik Tambang
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan
Bermakna perebutan kekuasaan dengan kerjasama dan gotong royong seluruh bangsa guna mencapai kemenangan yaitu kemerdekaan Indonesia.

4. Lomba Bakiak
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan
Bermakna sebuah kepemimpinan yang didukung oleh rakyat akan membawa kita semua pada kemenangan nasional, dan merdeka dari jerat di kaki kita.

5. Panjat Pinang
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan
Panjat pinang sebenarnya adalah permainan yang diadakan oleh penjajah untuk mengolok olok bangsa kita, penjajah akan tertawa terbahak bahak ketika melihat bangsa Indonesia berebut hadiah yang tergantung di ujung tiang, namun lomba ini pun bermakna bahwa bangsa kita bisa menduduki kekuasaan yang tinggi setelah bersusah payah berjuang.

6. Lomba Kelereng
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan
Bermakna bahwa dahulu indonesia berada pada cengkraman penjajah, semua terombang ambing, salah langkah sedikit dapat menyebabkan jatuhnya bangsa indonesia, maka pada saat itu diperlukan sebuah strategi yang baik untuk menjaga stabilitas perjuangan rakyat agar bisa melepaskan diri dari cengkraman penjajah asing.

7. Lomba memasukan pensil ke botol
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan
Bermakna bahwa perjuangan mencapai kemerdekaan itu sangat tidak mudah, butuh konsentrasi, kesiagaan penuh, dan tenaga untuk menopang tubuh supaya tetap solid untuk melalui leher penjajahan yang sempit menuju kemerdekaan yang luas.

8. Enggrang
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan
Bermakna bahwa penjajah pernah berdiri tegak di tanah air, dan melangkah pada bumi pertiwi dengan tegak dan congkak.

Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan pada tread sederhana saya ini, semoga kita bisa belajar dari permainan dan lomba lomba yang di adakan pada semaraknya hari kemerdekaan bangsa kita yang sudah berlangsung selama 71 tahun ini.

Mari mengenang dan belajar bersama tentang sejarah negeri agar kita bisa tetap menjaga kemerdekaan kita dalam semangat perjuangan tiada henti.
Makna Dari Lomba Tujuh Belasan
Mari bersama berjuang menuju Indonesia yang lebih baik, lebih unggul, lebih maju, dan lebih kuat.

sumber : selfminded
image : google
0
1.9K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.