purnama29wahyuAvatar border
TS
purnama29wahyu
Terlibat Bentrokan di Makassar, 5 Polisi Jadi Tersangka


TEMPO.CO, Makassar - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Inspektur Jenderal Anton Charliyan mengatakan pihaknya telah menetapkan lima anggota polisi menjadi tersangka karena terlibat bentrokan dengan aparat Satuan Polsi Pamong Praja Kota Makassar.

Kelima polisi tersebut diduga sebagai pelaku penyerangan dan pengerusakan Markas Satpol PP dan Balai Kota Makassar. "Mereka sudah resmi ditahan," kata Anton, Jumat, 12 Agustus 2016. Para polisi itu masing-masing berinisial DR, MA, AC, LB, dan HI. Mereka merupakan anggota Samapta dan berpangkat Brigadir Dua.

Menurut Anton, pihaknya bersikap profesional dan adil dalam mengusut kasus itu. Polisi yang menyerang dan melakukan pengerusakan juga harus diproses. "Termasuk anggota Satpol PP yang melalukan pembunuhan dan pengeroyokan," ujarnya.

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal merespons positif proses hukum terhadap polisi maupun anggota Satpol PP. "Kami juga siapkan tim hukum bagi anggota Satpol PP yang menjadi tersangka," ucapnya.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan dua anggota Satpol PP Kota Makassar menjadi tersangka. Keduanya, yakni Sapri tersangka pengeroyokan dan Jusmansebagai pelaku pembunuhan terhadap Brigadir Dua Michael Abraham Rieuwpassa.

Bentrokan terjadi Minggu dinihari, 7 Agustus 2016. Puluhan polisi menyerang Balai Kota Makassar yang di dalamnya juga berkantor Satpol PP. Penyerangan itu diduga sebagai aksi balas dendam setelah dua orang personel polisi, yakni Brigadir Dua Akmal Sulaiman dan Brigadir Dua Hendrik dikeroyok anggota Satpol PP di anjungan Pantai Losari pada Selasa malam, 6 Agustus 2016.

Dalam peristiwa itu, seorang polisi, Brigadir Dua Michael Abraham Rieuwpassa, 22 tahun, tewas. Korban meregang nyawa setelah terkena tusukan benda tajam di punggungnya. Sedangkan akibat penyerangan Kantor Balai Kota Makassar oleh aparat kepolisian, tujuh mobil dan sekitar 50 motor rusak. Hampir seluruh kaca jendela dan pintu masuk Kantor Wali Kota pecah. Letak Kantor Wali Kota Makassar berdekatan dengan Markas Polrestabes Makassar di Jalan Ahmad Yani, Kota Makassar.

https://nasional.tempo.co/read/news/...jadi-tersangka
0
1.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.