Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

a2ii2ahAvatar border
TS
a2ii2ah
Ribuan Hektar Lahan Kulon Progo Masuk Masa Tanam Pertama

Ribuan Hektar Lahan Kulon Progo Masuk Masa Tanam Pertama

KULON PROGO, HarianBernas.com – 4.650 hektare sawah di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta memasuki masa tanam pertama. Hal ini ditandai dengan mengalirnya air dari intake Kalibawang dan Bendungan Sapon sejak 1 Agustus.

"Pada 1 Agustus hingga akhir Agustus, air mengalir dan petani mulai menyemai benih dan mengolah sawah," ujar Kabid Pengarian DPU Kulon Progo, Hadi Priyanto di Kulon Progo, Kamis (11/8/16).

Ia mengungkapkan ribuan hektare lahan ini terbagi di Kalibawang seluas 800 hektare, Sentolo 200 hektar, Nanggulan 1.600 hektare, Girimulyo 75 hektare, dan Samigaluh 25 hektare masuk wilayah irigasi Kalibawang. Sementara wilayah irigasi Sapon terdiri dari Panjatan, Galur, dan Lendah dengan total luas 1.950 hektar.

Namun, ia mengakui adanya kerusakan jalan inspeksi saluran irigasi Kalibawang sepanjang 50 meter di Bowong, Nanggulan. Hadi menyampaikan akan memperbaiki jalan inspeksi pada tahun 2017 mendatang. Selain itu, Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO) sudah mengecek lokasi untuk mengumpulkan data acuan perbaikan.

Hadi juga rutin menggelar pertemuan untuk rapat koordinasi antar Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) untuk melakukan evaluasi penyaluran air. Pihaknya juga membuat rancangan kebutuhan air untuk dua pekan ke depan.

Sumber:Harianbernas.com
0
707
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.