Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Yuk Tengok Kemegahan Istana-istana Keren yang Ada di Pink City of India, Jaipur!
Yuk Tengok Kemegahan Istana-istana Keren yang Ada di Pink City of India, Jaipur!

Dari deretan beberapa negara di Asia, India banyak menjadi tujuan wisata para backpacker. India pun dikenal mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik. Tak hanya itu, negeri bollywood ini juga banyak menjadi pilihan tujuan wisata para backpacker yang ingin mencari tempat wisata murah.

Nah, dari banyak kota besar yang ada di negara India, ada satu tempat yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Kota tersebut adalah Kota Jaipur yang merupakan ibukota dari negara bagian Rajashtan. Kota Jaipur ini juga merupakan kota terbesar yang ada di negara bagian Rajashtan dan dikenal dengan sebutan Pink City of India.

Yuk Tengok Kemegahan Istana-istana Keren yang Ada di Pink City of India, Jaipur!
Kemegahan City Palace Jaipur dilihat dari luar (kredit: PD Photography)

Kota Jaipur ini terletak sejauh 260 kilometer dari Ibukota India New Delhi. Kota Jaipur ini juga merupakan gerbang menuju kota-kota wisata lain yang ada di Rajashtan, seperti Jodhpur, Udaipur dan Jaisalmer. Dan tentunya, kota Jaipur sendiri juga merupakan destinasi wisata yang populer di negara India.

Ada alasan kenapa Jaipur disebut dengan nama Pink City of India. Sebutan ini bermula sejak peristiwa kedatangan Queen Victoria dan Pangeran dari Wales pada tahun 1876. Dalam rangka menyambut kedatangan rombongan keluarga Inggris tersebut, Maharaja Ram Singh pun mengecat seluruh kota dengan warna pink.

Dan sejak itu, tradisi penggunaan warna pink pun terus berlanjut di kota Jaipur. Bahkan tradisi ini tak hanya dilakukan oleh pihak kerajaan. Namun tradisi ini juga diikuti oleh masyarakat kota Jaipur.

Daya tarik utama yang bisa ditengok dari kota Jaipur di India ini adalah keberadaan bangunan megah istana kuno yang hingga kini masih terjaga dengan baik. Bangunan istana yang ada di Jaipur ini pun beberapa masih menjadi tempat tinggal keturunan keluarga kerajaan. Selain itu, ada pula yang beralih fungsi menjadi sebuah museum dan bahkan hotel.

City Palace

Istana megah yang bisa disinggahi saat berkunjung ke kota Jaipur adalah City Palace. City Palace ini merupakan sebuah kompleks kerajaan yang di dalamnya terdapat bangunan - banguna istana lain, seperti Mubarak Mahal, Maharani Palace dan lain-lain. Saat ini, sebagian ruangan di City Palaces difungsikan menjadi sebuah museum. Namun sebagian besar ruangan yang ada di City Palaces ini masih berfungsi sebagai royal residence.

Yuk Tengok Kemegahan Istana-istana Keren yang Ada di Pink City of India, Jaipur!
Suasana City Palace dilihat dari atas (kredit: mikesox)

Bangunan istana ini dibangun dalam rentang antara 1729 hingga 1732 oleh Maharaja Jai Singh II. Desain istana ini merupakan perpaduan kreasi dua orang arsitek, yakni Vidyadhar Bhattacharya dan Samuel Swinton Jacob. Jadi tidak heran kalau desain bangunan ini merupakan kombinasi antara arsitektur India yang dibumbui dengan gaya bangunan ala Eropa.

Menariknya, bangunan istana ini dibuat dengan menggunakan pasir dan batuan yang berwarna pink serta merah, senada dengan sebutan Jaipur sebagai Pink City of India. Secara keseluruhan, City Palaces ini merupakan sebuah kompleks bangunan yang di dalamnya terdapat beberapa bangunan unik dengan desain tersendiri.

Mubahak Mahal

Mubarak Mahal ini merupakan bagian dari kompleks City Palaces yang kini telah berubah fungsi menjadi sebuah museum. Bangunan ini ditambahkan ke kompleks City Palaces oleh Maharaja Madho Singh II pada sekitar tahun 1900an. Pada awal pembuatannya, Mubarak Mahal ini merupakan sebuah guesthouse dan sempat berubah fungsi menjadi ruang sekretariat kerajaan.

Yuk Tengok Kemegahan Istana-istana Keren yang Ada di Pink City of India, Jaipur!
Mubarak Mahal (kredit: Tripadvisor)

Mubarak Mahal yang mempunyai desain bangunan perpaduan antara arsitektur Rajput dan Eropa juga dibumbuhi dengan corak arsitektur khas muslim. Tempat ini pun saat ini menyimpan banyak koleksi kain yang biasa digunakan oleh keluarga kerajaan.

Salah satu koleksi penting yang ada di tempat ini adalah satu set baju berukuran besar dengan lebar mencapai 1,2 meter dan berbobot 250 kg milik Maharaja Madhosingh I. Menariknya, Maharaja Madhosingh I ini merupakan sosok raja yang punyai istri banyak. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 108 wanita menjadi istrinya.

Chandra Mahal

Berikutnya adalah Chandra Mahal atau juga disebut dengan nama Chandra Niwas. Bangunan ini merupakan bangunan utama yang ada di kompleks City Palace Jaipur. Saat ini, Chandra Mahal pun masih difungsikan sebagai tempat tinggal keturunan raja-raja terdahulu dari kota Jaipur.

Yuk Tengok Kemegahan Istana-istana Keren yang Ada di Pink City of India, Jaipur!
Chandra Mahal (sumber gambar: remotetraveler)

Keberadaan Chandra Mahal di kompleks City Palaces pun bisa ditengok dengan mudah. Selain mempunyai ukuran yang tinggi, bangunan ini juga dapat dengan mudah dikenali dengan adanya bendera kerajaan yang terpasang di lantai rooftop istana tersebut.

Yuk Tengok Kemegahan Istana-istana Keren yang Ada di Pink City of India, Jaipur!
Chandra Mahal dalam foto jadul (kredit: Wikipedia)

Meskipun begitu, para traveler masih bisa diperbolehkan berkunjung ke Chandra Mahal. Namun akses para traveler tersebut terbatas hanya pada lantai terbawah yang difungsikan sebagai sebuah museum. Di tempat tersebut terdapat koleksi berupa manuskrip, karpet serta barang-barang lain milik kerajaan.

Maharani Palace

Ada pula Maharani Palace yang masih berada di dalam kompleks City Palace. Bangunan ini dulunya merupakan tempat tinggal ratu dan kini telah berubah fungsi menjadi museum. Di sini pun para traveler bisa menyaksikan koleksi senjata yang digunakan oleh anggota kerajaan pada masa perang. Di sini juga terdapat pedang yang merupakan hadiah dari Ratu Victoria kepada Maharaja Ram Singh.

SUMBER
Diubah oleh komunitasjalan2 25-07-2016 11:11
tata604
4iinch
4iinch dan tata604 memberi reputasi
2
5.4K
16
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.