• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Biar Mulus Menjadi Rider Gymkhana, Ini Dia Hal Penting Yang Wajib Diperhatikan

recyclejobAvatar border
TS
recyclejob
Biar Mulus Menjadi Rider Gymkhana, Ini Dia Hal Penting Yang Wajib Diperhatikan
Tau Dong Dengan Yang Namanya Gymkhana?



Buat beberapa agan mungkin udah akrab dengan jenis olahraga motor yang satu ini, tapi buat kalian yang belum pada ngeh nih ane jelasin sedikit yah gan. Gymkhana ini merupakan salah satu jenis olahraga motor (Motorsport) yang mirip banget dengan balap motor lainnya, tujuan dari gymkhana adalah untuk mendapatkan waktu secepat mungkin dan faktor mengingat (memorizing) track adalah bagian yang penting untuk mendapatkan fast time. Dari gambar di atas agan udah bisa kebayang kan? Betapa menantangnya Gymkhana ini, nggak kalah sama olahraga motorsport yang lainnya gan!.


Mungkin agan sering ngelihat Gymkhana dengan menggunakan mobil, akan tetapi gymkhana menggunakan sepeda motor juga nggak kalah keren dan menantang gan. Di Indonesia sendiri gymkhana sangat berkembang karena buktinya banyak kejuaraan ataupun kompetisi yang digelar, yang tentunya ini banyak menarik minat para agan yang berbondong-bondong pada ikutan, salah satunya #HondaSonicInfastion. Nah, buat agan yang emang tertarik untuk berkecimpung dalam olahraga gymkhana, ada baiknya agan simak dulu sederet tips yang bakal ane umbar di mari. Ya udah, kita langusng aja gan simak lengkapnya di bawah ini.


1. Rajin Nonton Acara Gymkhana


Buat agan yang emang kepingin jadi rider Gymkhana, mungkin awalnya agan ngelihat secara nggak kalngsung lewat youtube, atau mungkin denger-denger cerita dari teman agan sendiri. Kalo beneran agan emang tertarik, agan bisa mengenal terlebih dahulu apa itu gymkhana dengan cara browsing ngider cari info gymkhana di Internet, ataupun agan juga bisa mantengin langsung seperti acara #Sonic150RGymkhanaini bisa jadi sarana untuk agan bisa belajar dengan ngelihat langsung bagaimana para rider bisa mengalakan tantangan gymkhana.

2. Perhatikan Juga Perlengkapan Wajib Yang Dikenakan


Namanya juga olahraga motorsport gan, pastinya ini bakalan menyangkut dengan yang namanya keselamatan agan sendiri. Sebelum agan melibas track gymkhana, ada baiknya agan gunakan peralatan pendukung demi keselamatan agan sendiri. Peralatan pendukung ini bisa berupa Helm yang wajib, sarung tangan, pelindung lutut, pelindung siku tangan. Ini tolong dicatat banget nih gan, demi keamanan agan sendiri apabaila terjatuh sehingga bagian tubuh udah ada pelindungnya.
3. Jangan Lupa Hafalin Track & Wajib Diingat Baik-Baik!


Seperti yang ane bocorin di atas tadi kalo gymkhana ini merupakan olahraga otomotif yang juga butuh ingatan yang jeli dan tajam, pasalnya sebelum meluncur ke track agan wajib ingat baik-baik jalur track yang bakalan agan libas. Agan bisa mengingat track dimana kapan agan harus berbelok kanan, kapan agan harus memacu gas sambil belok kiri, dan kapan agan harus melakukan nggeber gas pada pada tikungan agar bisa menciptakan fast time.

4. Peran Motor Yang Agan Tunggangi Juga Penting


Gymkhana ini merupakan olahraga motorsport yang emang berlomba untuk menciptakan top speed dengan melahap track dan cone. Akan tetapi bukan cuma butuh motor yang bisa cepet aja gan, akan tetapi juga butuh motor yang emang bisa kasih akslerasi maksimum ketika agan dari posisi kenceng dan harus berbelok, terlebih lagi gymkhana ini emang identik dengan belokan kanan atau ke kiri yang tajam sehingga mau nggak mau butuh motor yang bisa diajak kompromi. Seperti pengalaman TS mantengin jagoan Honda dalam kompetisi Gymkhana yang digelar di daerah ane. Dalam kompetisi Gymkhana ini terbagi jadi 2 kategori yaitu umum dan pelajar, yang bertarung untuk ngerebutin bisa dapetin masing-masing 1 unit Honda Sonic150R. Acaranya seru banget, Gan!

5. Ketrampilan Berkendara Rider Juga Menentukan, Gan!


Gymkhana ini juga nggak cuma butuh menghafal track yang bakal dilibas aja gan, mutlak dibutuhkan ketrampilan berkendara motor agar bisa menciptakan top speed dan syukur-syukur bisa menjadi pemenang. Makanya agan harus wajib pelajarin dulu teknik yang digunakan dalam olahraga Gymkhana ini, mulai dari 180 degree spins, Figure 8s, dan skill canggih lainnya. Nah, buat agan yang pingin dapetin pengetahuan itu, berdasarkan yang ane temuin di lapangan pada saat #Sonic150RGymkhana – #BattleOfTheFiveSquad ini juga ada kegiatan Honda Speed Challenge, Gymkhana Coaching Clinic dan test ride Honda Sonic150R yang bisa agan manfaatin untuk bisa menimba ilmu secara gratis apabila kepingin jadi rider Gymkhana. Kepingin ikutan, Gan?

6. Jangan Sampai Ciut Nyali, Gan!


Sukses melahab track pada Gymkhana tak cuma butuh motor dan hafal track aja gan, hal lain yang patut agan penuhi sebagai syaratnya adalah wajib punya nyali yang gede. Pasalnya gymkhana ini punya track lurus, berbelok-belok yang tentu membuat agan harus punya nyali untuk melakukan beberapa skil gymkhana seperti 180 degree spins atau teknik lainnya. Makanya sebelum terjun ke Gymkhana, siapin dulu faktor nyali yang kuat biar nantinya ga ciut sebelum melibas track yang ada pada gymkhana.
Itulah dia sederet hal yang wajib diperhatikan yang bisa jadi panduan sebelum agan terjun menjadi rider Gymkhana, atau mungkin agan punya tips tambahan lagi? Boleh aja reply di thread ini biar makin lengkap dan bisa bermanfaat buat agan yang lain.
Buat agan yang masih bingung juga, coba aja simak video berikut ini, siapa tau nantinya agan bakal jadi rider Gymkhana yang handal.

Spoiler for Gymkhana:


Ditunggu peran serta agan untuk nambahan tipsnya biar jadi makin lengkap, Gan!
:semangat

0
72.2K
219
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.