medinatartAvatar border
TS
medinatart
Belajar: Menjadikan Surah Al-fatihah sebagai dekorasi ruangan dengan Khat Kufi
Surah al-fatihah adalah sebuah surah dalam Al-Quran yang semua orang islam pasti tau tentangnya. Surah ini merupakan surah urutan pertama dalam Al-Quran. Surah ini juga disebut Ummul Quran yaitu induk dari Al-Quran. Penulisan Al-Quran biasanya menggunakan khat Naskhi, namun saat ini kita akan belajar sedikit demi sedikit bagaimana jika bagian surah Al-Quran (al-fatihah) ditulis menggunakan Khat Kufi? Sekaligus bagian surah dalam Al-Quran ini kita jadikan bagian dari dekorasi rumah kita yang bernuansa islami.

Bagian pertama, kita harus tau dulu bahwa khat kufi adalah sebuah tua yang lahir dari peradaban islam, dinamakan kufi karena, khat ini berasal dari kota Kuffah di Iraq dan kemudian menyebar ke seluruh jazirah arab. Khat kufi pernah menjadi satu-satunya tulisan yang digunakan untuk menyalin Al-Quran pada waktu itu, bahkan khat ini juga digunakan untuk menulis kalimat-kalimat dalam Al-Quran pada dinding-dinding istana. Meskipun umurnya yang sudah sangat tua, khat ini masih digunakan dalam berbabagai tujuan sampai saat ini, orang-orang biasa mengatakan, old but gold emoticon-Smilie

Dalam tulisan ini akan dijelaskan bagaimana menuliskan setiap ayat dalam surah Al-Fatihah menggunakan khat kufi, lalu setiap ayat tersebut akan digabungkan menjadi satu-kesatuan sampai utuh satu surah, selanjutnya penambahan warna dilakukan untuk memberikan kesan keindahan sehingga hasilnya dapat digunakan menjadi dekorasi ruangan yang simple minimalis. Semua proses pembuatan kaligrafi ayat Quran ini dapat dilakukan secara digital.

Ayat 1 Ayat pertama dalam surah Al-Fatihah adalah bismillahirrohmaanirrohim, jika ditulis menggunakan khat kufi, beginilah jadinya:

Spoiler for Ayat 1:


Ayat 2Ayat kedua dalam surah Al-Fatihah berbunyi alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, jika ditulis menggunakan khat kufi, beginilah jadinya:

Spoiler for Ayat 2:


Ayat 3Ayat ketiga dalam surah Al-Fatihah adalah Arrohmaanirrohiim, jika ditulis menggunakan khat kufi, beginilah jadinya:

Spoiler for Ayat 3:


Ayat 4Ayat keempat dalam surah Al-Fatihah adalah maaliki yaumiddiin, jika ditulis menggunakan khat kufi, beginilah jadinya:

Spoiler for Ayat 4:


Ayat 5Ayat kelima dalam surah Al-Fatihah adalah iyyaaka na’budu wa’iyyaaka nasta’iin, jika ditulis menggunakan khat kufi, beginilah jadinya:

Spoiler for Ayat 5:


Ayat 6Ayat keenam dalam surah Al-Fatihah adalah ihdinashirootol mustaqiim, jika ditulis menggunakan khat kufi, beginilah jadinya:

Spoiler for Ayat 6:


Ayat 7Ayat ketujuh dalam surah Al-Fatihah shirootol ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladdhooliin, jika ditulis menggunakan khat kufi, beginilah jadinya:

Spoiler for Ayat 7:


Jika semua ayat di atas telah selesai ditulis, langkah selanjutnya adalah menggabungkan semua ayat menjadi satu berbentuk kotak (square), lalu dilakukan pewarnaan menyesuaikan warna dominan pada ruangan anda. Hasil digital dari desain ini bisa dicetak pada art carton atau kertas kanvas, penambahan frame sangat menentukan kualitas keindahan hasil akhir, contoh hasil akhir kaligrafi yang sudah finishing adalah sebagai berikut:

Spoiler for Finishing:


Bagaimana? Menarik bukan?
Masih ada begitu banyak bentuk yang bisa kita kreasikan dengan Khat Kufi, sebagai referensi teman-teman bisa mengunjungi emoticon-I Love Indonesia (S)www.instagram.com/medinatart emoticon-I Love Indonesia (S) , di alamat tersebut kita dapat menemukan kreasi-kreasi menarik berbasis kaligrafi yang bisa dijadikan dekorasi kamar, dekorasi rumah, desain interior kantor, dan masih banyak yang lain.

Spoiler for Sumber::

Diubah oleh medinatart 10-02-2016 09:04
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
12.6K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.