Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

williamis2812Avatar border
TS
williamis2812
Akhirnya, Sepasang Panda Akan Hadir di Taman Safari Indonesia
Akhirnya, Sepasang Panda Akan Hadir di Taman Safari Indonesia

Setelah lama menanti, akhirnya akan hadir sepasang panda lucu di Taman Safari Indonesia Cisarua. Keduanya pun didatangkan langsung dari China.

Kabar gembira itu pun diungkapkan dalam rilis Taman Safari Indonesia (TSI) pada detikTravel, Selasa (9/8/2016). Direktur Utama Taman Safari Indonesia, Frans Manangsang berkata, pihaknya pada 1 Agustus 2016 lalu baru kembali dari China bersama Menko PMK Puan Maharani dan Dirjen Kehutanan. Pemerintah RI dan TSI menandatangani MoU dengan pemerintah China untuk mendatangkan sepasang panda.

Pernyataan tersebut disampaikan Frans di acara konsolidasi Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) di Hotel Lodge Safari, Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (8/8). Di lokasi hadir Ketua Umum DPP PUTRI Bambang Soetanto, Ketua III Putu Supadma Rudana, para pengurus DPP PUTRI dan Muspida setempat.

Proses mendatangkan Panda ini menurut Frans cukup panjang. Pada tahun 2013, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta Presiden China mendatangkan panda ke Indonesia. TSI ditunjuk untuk merawat kedua panda tersebut.

"Sejarahnya panjang dari tahun 2013. Banyak sekali prosedurnya, karena jangan sampai nanti (panda) dikirim ke Indonesia enggak bisa dirawat mati. Karena itu satwa langka, bukan hanya milik negara tapi milik dunia," kata Frans.

Akhirnya, Sepasang Panda Akan Hadir di Taman Safari Indonesia

Sejak tahun 2013, pihak China telah melakukan inspeksi langsung ke TSI. Pihak TSI menurut Frans juga telah menyiapkan berbagai infrastruktur untuk sepasang panda tersebut. Menurutnya China merasa puas sehingga keinginan mendatangkan panda tersebut bakal segera terwujud.

"Panda ini datangnya bulan depan, September, sepasang usianya sekitar 45 tahun. Statusnya pinjam tidak dikasih, sementara 10 tahun (dipinjamkan)," ucap Frans.

Namun tidak hanya menyiapkan kandang yang layak, pihak TSI juga akan menyertakan berbagai fasilitas menarik bagi traveler yang ingin melihat panda. Contohnya seperti theater hingga tempat edukasi untuk pengunjung yang dibuat megah.

Akhirnya, Sepasang Panda Akan Hadir di Taman Safari Indonesia

"Di kami juga proses dan persiapannya panjang, kandang-kandang, fasilitas segala macam baik indoor dan outdor, makanan, semua diatur dengan baik. Ada theater, tempat edukasi untuk pengunjung, dan lain-lain. Luasnya hampir 5.000 meter persegi, tiga lantai, jadi cukup besar, kayak istana untuk sepasang panda. Sudah beres semua. Waktu pihak China melihat gambarnya, mereka bilang 'sudah bagus sekali tempatnya, ini yang tercantik di dunia," papar Frans antusias.

Jadi apabila semua berjalan lancar, sepasang panda raksasa dari China akan segera tiba di Taman Safari Indonesia Cisarua pada September bulan depan. Ditunggu saja ya!

Akhirnya, Sepasang Panda Akan Hadir di Taman Safari Indonesia

terimakasih agan dan sista sudah menyiapkan waktu untuk membaca thread saya yang jauh dari sempurna ini
jika threadnya bermanfaat , bagi cendolnya yah agana dan sista

sumber :http://travel.detik.com/read/2016/08/09/125022/3271502/1382/akhirnya-sepasang-panda-akan-hadir-di-taman-safari-indonesia?v9922021381
Diubah oleh williamis2812 09-08-2016 07:27
0
3.6K
48
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.