Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • **INFO OLIMPIADE RIO 2016** 5 Momen Olimpiade Paling Bersejarah Bagi Indonesia

onmolcomAvatar border
TS
onmolcom
**INFO OLIMPIADE RIO 2016** 5 Momen Olimpiade Paling Bersejarah Bagi Indonesia
Spoiler for I LOVE INDONESIA:


Spoiler for Terlebih Dahulu Gan:


Untuk yang ke 15 kalinya, Indonesia kembali berpartisipasi pada ajang Olimpiade Rio 2016 kali ini. Perhelatan olahraga paling bergengsi didunia ini diselenggarakan tepatnya di Kota Rio De Jenerio, Brazil dan diikuti sekitar 15.000 atlet dari 206 negara yang memperebutkan setidaknya 306 medali emas. Secara khusus, pada Olimpiade Rio 2016 kali ini, Indonesia mengirimkan 28 atlet terbaiknya untuk bertarung di 7 cabang olahraga, yaitu Bulutangkis, Renang, Angkat Besi, Balap Sepeda BMX, Dayung, Atletik dan Panahan.

Nah, selama 15 kali mengikuti ajang Olimpiade, pastinya Indonesia sudah banyak melewati berbagai macam momen bersejarah yang manis, membanggakan sekaligus mengharukan. Mau tahu, apa – apa saja sih momen – momen paling bersejarah yang pernah diukir para atlet Indonesia selama mengikuti ajang Olimpiade dalam beberapa tahun belakangan ini? Berikut ini, kita akan mengulas, 5 Momen Olimpiade Paling Bersejarah Bagi Indonesia, seperti apa ceritanya? Yuk, simak ulasannya disini.

1. Indonesia Pertama Kali Menjadi Peserta Olimpiade di Helsinki Tahun 1952
Spoiler for Olimpiade Helsinki 1952:

Untuk yang pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia ikut berpartisipasi sebagai peserta di ajang olahraga terbesar dan paling bergengsi di dunia ini. Olimpiade paling bersejarah bagi Indonesia itu dilaksanakan di Kota Helsinki, Finlandia pada tahun 1952. Saat itu, Indonesia mengirimkan 3 orang atlet yang berasal dari cabang olahraga atletik, renang dan angkat besi.

Perhelatan olahraga yang diikuti oleh 4.925 atlet dari 69 negara peserta ini setidaknya telah menjadi batu loncatan yang baik bagi dunia olahraga di Indonesia meskipun pada saat itu, Indonesia belum berhasil mendulang medali.

2. Indonesia Meraih Medali Pertamanya di Olimpiade Seoul 1988
Spoiler for 3 Srikandi Indonesia:

Setelah melewati setidaknya 7 kali Olimpiade tanpa membawa satupun medali, akhirnya sejarah peraihan medali untuk pertama kalinya terjadi di Kota Seoul, Korea Selatan, yaitu pada Olimpiade tahun 1988. Sejarah manis tersebut akhirnya terukir oleh semangat juang 3 atlet putri Indonesia yang berasal dari cabang olahraga panahan nomor beregu, yaitu Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani. Mereka berhasil merebut medali perak pada saat itu, dan prestasi tersebut akhirnya berhasil membuka tradisi baru bagi Indonesia, sebagai salah satu Negara pembawa medali di ajang Olimpiade berikutnya.

Kisah perjuangan yang sangat bersejarah ini juga diabadikan kedalam film yang berjudul 3 Srikandi, yang dirilis tak lama sebelum Olimpiade Rio 2016 digelar.

3. Medali Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Barcelona 1992
Spoiler for Emas Pertama Indonesia:

Tradisi peraihan medali Indonesia yang terus bertahan sejak tahun 1988, akhirnya membuahkan medali emas pertamanya di tahun 1992, yaitu pada Olimpiade Barcelona 1992. Salah satu momen paling mengharukan dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di ajang Olimpiade ini berasal dari cabang olahraga Bulutangkis.

Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil membawa pulang 2 medali emas yang disumbangkan oleh atlet bulutangkis tunggal putri Susi Susanti dan atlet bulutangkis tunggal putra Alan Budikusuma, sekaligus berhasil membuat Lagu Indonesia Raya akhirnya bergema pada ajang olahraga paling bergengsi tersebut. Tak lama setelah prestasi tersebut mereka ukir, akhirnya kedua atlet pemboyong medali emas Olimpiade tersebut akhirnya berjodoh dan menikah pada tanggal 9 Februari 1997.

4. Olimpiade Sydney 2000: Awal Tradisi Medali Dari Cabang Angkat Besi
Spoiler for Juara Angkat Besi Indonesia:

Penyelenggaraan Olimpiade Sydney 2000 menjadi awal mula kebangkitan cabang olahraga angkat besi bagi Indonesia. Kebangkitan tersebut ditandai dengan keberhasilan Indonesia saat membawa pulang medali pertamanya di cabang olahraga angkat besi melalui lifter wanita asal Papua, Raema Lisa Rumbewas yang akhirnya berhasil memenangkan medali perak, serta dua perunggu oleh Sri Indriyani dan Winarni Binti Slamet.

Sejak prestasi dari para atlet itulah, cabang olahraga angkat besi menjadi andalan baru bagi Indonesia di ajang Olimpiade pada tahun – tahun berikutnya, setelah Badminton dan Panahan pastinya.

5. Olimpiade Rio 2016: Kontroversi Kostum – Dicibir di Indonesia, Dipuji Dunia Internasional
Spoiler for Kontingen Indonesia di Olimpiade Rio 2016:

Olimpiade Rio 2016 adalah yang ke 15 kalinya Indonesia tampil sebagai peserta. Pergelaran Olimpiade dengan rekor event terbanyak yakni 306 event dari 28 cabang olahraga ini menyisakan cerita unik, khususnya yang berkaitan dengan kostum kontingen Indonesia saat mengikuti Opening Ceremonial Olimpiade Rio 2016 yang sayangnya mendapatkan cibiran dari masyarakat Indonesia sendiri. Beberapa diantaranya bahkan menyamakannya dengan salah satu kostum sales minuman kesehatan dan bungkus permen, meskipun tidak sedikit juga masyarakat yang mendukung dan memuji.

Kendatipun begitu, penilaian dunia Internasional justru lebih positif, tidak sedikit media dan tokoh internasional yang memuji kostum tersebut, salah satunya adalah Ahmed al Omran, koresponden harian Wall Street Journal, yang menyebut kontingen Indonesia pantas memenangkan kategori pakaian paling mengesankan dalam pembukaan Olimpiade 2016.

emoticon-Mewekemoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Nah, itulah 5 Sejarah paling mengesankan bagi Indonesia selama mengikuti pergelaran Olimpiade dalam beberapa tahun belakangan ini. Sebagai warganegara Indonesia yang cinta pada tanah air dan bangga pada negeri sendiri, sudah sepatutnya lah kita ikut mendukung serta mendoakan para atlet – atlet kebanggaan kita supaya berhasil membawa pulang medali sebanyak – banyaknya ke Indonesia.

Bangga Jadi Indonesia, Mari Dukung Atlit Indonesia di Olimpiade Rio 2016!!

..Sumurnya Gan Disini..

Spoiler for BTW Gan.. /:D/:


Spoiler for Jangan Dibuka Gan!!:
Diubah oleh onmolcom 18-10-2016 04:29
0
7.3K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.