danielantoniusAvatar border
TS
danielantonius
Waspada Netizen ! Kisah Nyata Tertipu Penjual di OLX a/n : Banu Iskandar
Saya sedang mencari beberapa peralatan kantor untuk keperluan ruang kerja baru saya di Jakarta Timur, salah satu yang saya butuhkan adalah beberapa komputer mini PC. Saya telah melakukan beberapa transaksi di beberapa e-commerce dan marketplace, seperti BL dan OLX, dari beberapa seller di OLX dan BL saya tidak banyak mengalami banyak masalah, namun dari sekian transaksi yang saya lakukan dalam 1 minggu, akhirnya ada salah satu seller di OLX yang bermasalah dengan layanan dan produk yang di jualnya. Dimana pada akhirnya saya melihat kejadian tersebut terindikasi penipuan atau mungkin saja secara jelas merupakan bentuk penipuan.

emoticon-Bingung emoticon-Rate 5 Star
Dengan adanya thread ini, harapan utama saya adalah :

  1. Agar para Netizen lebih berhati hati dalam proses pembelian secara online maupun transaksi baik itu transfer langsung, COD, atau apapun bentuknya" dan "menjadi pengalaman dan informasi berharga bagi para Netizen agar dapat menghindari modus modus penipuan baru yang terus berkembang". Berusahalah mencari informasi yang dapat lebih dipercaya demi menjaga kenyamanan anda berbelanja. Biarlah pengalaman ini cukup saya saja yang mengalami. Mudah mudahan setelah anda membaca semua kronologis ini, anda menjadi lebih memahami dan lebih cerdas dari pada saya yang cukup bodoh ini.

    Karena jika disadari masih banyak orang yang mungkin kehidupan ekonominya tidak lebih baik dari masyarakat kita rata rata, andaikan saja mereka yang hanya dapat bertahan hidup dengan keadaan ekonomi pas pas-an tertipu mungkin bisa saja mereka tidak dapat makan berhari hari atau tidak mampu memberikan makan kepada anak anak / keluarga mereka, atau membayar listrik / tagihan sekolah anak anak mereka, tidak dapat membeli susu bagi bayi bayi mereka yang pada akhirnya akan membuat hidup mereka akan lebih sulit.

  2. Agar pelaku segera menyadari kesalahannya dan tidak melakukan kembali kepada netizen yang lainnya. Karena dari hasil investigasi saya, pelaku sudah berkeluarga dan memiliki 2 (dua) anak.

    Sungguh ironis sebenarnya saya melihat keadaan ini, bagaimana jadinya sebuah keluarga dan anak yang hidup dan makan dari hasil yang tidak baik dan jujur (misalkan saja menipu). Bagaimana jika kelak anak anak mereka (pelaku & istrinya) tahu bahwa mereka (anak anak tersebut) dibesarkan dengan cara yang anggap saja mereka sendiri tidak menyukai perbuatan itu. Bukankah hukum "tabur tuai / karma" akan berlaku ? Tetapi biarlah, itu menjadi urusan pribadi pelaku dengan Tuhan YME. Dan saya tidak ingin bertindak lebih pintar dalam hal kerohanian, karena saya bukanlah seorang ahli agama. Namun seorang yang sedang terus menyempurnakan kehidupan saya sesuai dengan teladan yang saya yakini yaitu Tuhan YME.

  3. Pelaku membuat pernyataan permohonan maaf terbuka atas tindakkannya yang telah menyebabkan kenyamanan belanja saya terganggu dan terbuangnya waktu, tenaga, pikiran, dan biaya untuk menghadapi maupun berusaha mengatasi masalah yang telah disebabkan oleh pelaku. Serta mengganti biaya biaya yang telah keluar demi memperbaiki dan menyelesaikan masalah yang timbul akibat perbuatan pelaku.

  4. Membuat surat pernyataan permohonan maaf terbuka kepada penjual online di Indonesia secara sadar karena dengan kejadian tersebut mungkin saja dapat merusak citra penjual lainnya yang benar benar mencari nafkah secara online dan jujur. Yang masih mengutamakan kesederhanaan dan kejujuran sebagai kredibilitas utama mereka di media online.

    Jika saja calon pembeli membaca tulisan ini, mungkin akhirnya mereka jadi takut untuk berbelanja kembali di beberapa platform yang pada akhirnya akan mengurangi pemasukan para penjual online. Dan mempersulit penjual untuk mendapatkan kepercayaan dari para pembeli online.


emoticon-Matabelo emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Mewek
Dalam thread ini akan saya paparkan kronologis kejadian,berikut foto informasi penjual dan pemilik rekening setelah dilakukan investigasi oleh saya.

emoticon-No Hope emoticon-Turut Berduka
KRONOLOGIS KEJADIAN :

16 Maret 2016

Pada tanggal 16 Maret 2016, saya mencari iklan di OLX.co.id untuk mencari beberapa komputer untuk keperluan pekerjaan saya. Dan saya melihat sebuah iklan di OLX.co.id pada tanggal 16 Maret 2016 yang telah di tayangkan mulai tanggal 13 Maret 2016 dengan gambar dibawah ini :

Berikut adalah lapak penjual di OLX a/n : bahrucomindo
Spoiler for LAPAK OLX:


Kemudian saya mencoba menghubungi penjual melalui sms dengan menggunakan nomor telepon 0856 XXXX XXXX untuk menghubungi penjual tersebut.

Transcribe - SMS Penjual di NO HP IM3 saya :
Spoiler for TRANSCRIBE SMS - IM3:


Namun pada tanggal 16 Maret 2016 tersebut saya tidak dapat melakukan transaksi. Berhubungan rumah yang saat ini saya tempati (Jakarta Timur) berlokasi cukup jauh dari penjual (Tangerang Selatan) dan kesibukan saya, maka saya berusaha menggunakan layanan gojek dengan fasilitas go-shop (dimana pembayaran dapat ditangani langsung / ditalangi dahulu oleh driver go-jek, setelah sampai ketempat saya baru saya bayar kembali driver gojek tersebut) untuk mengambil paket tersebut. Namun karena saya tidak dapat mendapatkan alamat penjual, akhirnya saya tidak dapat melakukan transaksi, dikarenakan saya tidak dapat mengetahui besarnya biaya yang perlu saya keluarkan untuk mengambil paket tersebut dan apakah layanan go-jek dapat menjangkau wilayah tersebut hingga ke tempat saya).

17 Maret 2016

Kemudian, pada tanggal 17 Maret 2016, saya menghubungi kembali pihak penjual untuk menanyakan apakah jadi dijual dan apakah bersedia untuk segera melakukan transaksi, mengingat saya sedang merapikan ruang kerja baru saya dan ingin setiap keperluan saya dapat saya persiapkan sebelum tanggal 22 Maret 2016.

Namun pada tanggal 17 Maret 2016 dari sore saya sudah menghubungi penjual kembali, untuk menanyakan apakah jadi bertransaksi atau tidak, dan saya sudah meminta alamat lengkap penjual untuk mengkakulasi / memperkirakan pengeluaran saya untuk mengambil paket tersebut dan apakah layanan jasa go-jek dapat menjangkau wilayah tersebut. Saya terus menunggu penjual menginformasikan alamat rumahnya. Hingga akhirnya penjual menginformasikan alamat beliau. Namun setelah saya cek, anggaran yang harus saya keluarkan sebesar kurang lebih Rp. 80.000,- untuk mengambil paket tersebut dan ternyata go-jek tidak dapat menjangkau karena perjalanan lebih dari 25 Km (sedangkan batas perjalanan go-jek untuk satu kali pemesanan adalah 25 Km), maka saya mengakalinya dengan mengirimkan dari Jl. KH Dewantoro, Ciputat, Tangerang Selatan terlebih dahulu, yaitu rumah saudara saya.

Akhirnya saya memutuskan agar paket tersebut dikirimkan ke rumah sepupuh saya di Jl. KH Dewantoro, Ciputat, Tangerang Selatan. Agar malam tersebut atau besok pagi (18 Maret 2016) dapat langsung segera saya ambil paket tersebut menggunakan go-jek.

Transcribe - SMS Penjual di NO HP IM3 saya :
Spoiler for TRANSCRIBE SMS - IM3:


Transcribe - ( Percakapan saya dengan penjual melalui WhatsApp ) :
Spoiler for TRANSCRIBE WhatsApp:


Bukti transaksi & transfer saya ke penjual :
Spoiler for BUKTI BCA:


CATATAN

Karena lokasi dari Jl. KH Dewantoro tidak sampai ke tempat saya di Jakarta Timur menggunakan layanan jasa go-jek yang maksimal perjalanan setiap pemesanan adalah maksimal 25 Km, maka saya mengakalinya dengan mengirimkan dari Jl. KH Dewantoro, Ciputat, Tangerang Selatan menuju Jl. Cikini Kramat, Jakarta Pusat dengan posisi saya menunggu di Jl. Cikini, Jakarta Pusat.

18 Maret 2016

Pengambilan paket oleh Go-Jek :
Spoiler for 1 Monitor LCD & 2 Mini PC:


Transcribe - SMS saya dengan penjual di NO HP XL saya :
Spoiler for TRANSCRIBE SMS - XL:


19 Maret 2016

Transcribe - SMS saya dengan penjual di NO HP XL saya :
Spoiler for TRANSCRIBE SMS - XL:


20 Maret 2016

Pengambilan paket oleh Go-Jek :
Spoiler for Garansi yang diberikan Penjual:


Transcribe - ( Percakapan saya dengan penjual melalui WhatsApp ) :
Spoiler for TRANSCRIBE WhatsApp:


22 Maret 2016
Transcribe - ( Percakapan saya dengan penjual melalui WhatsApp ) :
Spoiler for TRANSCRIBE WhatsApp:


emoticon-Hot Newsemoticon-Motret
BUKTI TAMBAHAN :

Bukti Terima Barang :
Spoiler for Bukti Terima Barang:


Bukti Rusak Mini PC :
Spoiler for Bukti Mini PC Rusak:

  1. 2 Mini PC yang saya terima pada pengiriman pertama. 1 Mini PC Rusak,
    Jenis Kerusakan : Power Hidup untuk pertama kali tapi tidak sampai 2 detik mati, dan dinyalakan kembali tetap tidak nyala lagi. Begitu seterusnya. Sudah saya coba dengan mengganti dengan adaptor dari mini pc lainnya yang saya punya secara pribadi (bukan dari penjual)
  2. 1 Mini PC yang saya terima pada pengiriman kedua yang kata penjual sebagai garansi untuk penukaran atas 1 Mini PC dalam pengiriman utama yang rusak (namun ternyata rusak juga)
    Jenis Kerusakan : Saat di tekan tombol ON, lampu power tidak nyala namun kipas menyala, namun saat dihubungkan ke monitor tidak tampil apa apa. Sudah saya coba usahakan dengan mengganti memory, adaptor, dan kabel vga yang berbeda milik saya pribadi bukan penjual, masing masing sebanyak 3 kali. Namun tetap saya masalahnya sama.


emoticon-Coolemoticon-cystg
INVESTIGASI :

Siapa Banu - Hasil Investigasi Sementara
Spoiler for Sejarah Banu:


Investigasi alamat rumah yang di SMS dan yang ada di profile facebook :
Spoiler for ALAMAT RUMAH:


Verifikasi No Telp di OLX - Profile Pribadi FB - SMS - WA
Spoiler for Verifikasi Kepemilikan No HP:


Berikut adalah foto penjual di OLX yang melakukan komunikasi dan transaksi dengan saya :
Spoiler for Foto Banu Iskandar:

Nama : Banu
HP & WA : 0877 7448 8444
Pin BB : 5E8B7E70


emoticon-Matabeloemoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Mewek
PROSES PENYELESAIAN KASUS & UCAPAN TERIMA KASIH & PERMOHONAN MAAF.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
PENGALAMAN PRIBADI DALAM PROSES & ALUR PENYELESAIAN MASALAH - UPDATE : 27 Maret 2016, 1:48 AM
20 s/d 22 Maret 2016 - Pengumpulan bukti bukti & mencari informasi pelaku dan keluarga pelaku.
23 Maret 2016 - Mencari dan menghubungi individu individu yang dapat membantu agar dapat mengawasi pelaku dan keluarga pelaku.
24 Maret 2016 - Konsultasi untuk proses pelaporan secara hukum untuk antisipasi jika proses penyelesaikan masalah tidak dapat ditempuh secara kekeluargaan. Agar pihak berwajib sekiranya mengetahui permasalahan yang sedang saya hadapi.
25 Maret 2016 - PAGI - Membuat laporan dan meminta pihak bank sebagai mediator agar masalah ini dapat segera di selesaikan oleh pemilik rekening dengan menghubungi pemilik rekening oleh divisi terkait yang dimiliki oleh pihak bank.
25 Maret 2016 - MALAM - Entah jam berapa pihak bank menghubungi keluarga pelaku untuk segera menyelesaikan masalah ini antara pemilik rekening dengan saya, tapi pada hari itu pula keluarga pelaku menghubungi saya dan ingin segera menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan dan akan segera mengganti kerugian yang saya alami.
26 Maret 2016 - Keluarga pelaku menginginkan adanya pertemuan untuk mengganti kerugian secara langsung dan memberikan surat permohonan maaf kepada saya.
27 Maret 2016 - Penutupan laporan ke pihak pihak institusi terkait yang berhubungan langsung dengan penyelesaian masalah ini.
28 Maret 2016 - ( RENCANA ) Menghubungi individu individu lainnya, bahwa masalah telah diselesaikan oleh keluarga pelaku secara kekeluargaan dan tidak memperpanjang masalah ini dengan inisiatif mereka sendiri tanpa sepengetahuan saya pribadi.

emoticon-Shakehand2
TERIMA KASIH KEPADA : - UPDATE : 27 Maret 2016, 1:48 AM
*** Ibu Fifi (istri pelaku / pemilik rekening) karena telah menghubungi saya dan menyelesaikan masalah ini secara cepat dan dalam suasana kekeluargaan, dan memberikan permohonan maaf secara tertulis. Besar harapan saya agar ibu lebih berhati hati kembali agar no. Rekening ibu tidak disalahgunakan oleh siapapun juga termasuk oleh keluarga sendiri ***
*** PT. Bank Cental Asia, Tbk karena telah membantu mediasi diantara saya dan ibu Fifi (istri pelaku / pemilik rekening) agar masalah ini cepat terselesaikan dengan baik ***
*** Konsultan Hukum PolRes Jakarta Timur, karena telah memandu saya dalam proses pelaporan jika saya akan membuat laporan, dan mau menahan laporan sementara saya dan memberikan waktu kepada saya untuk mengambil inisiatif dan bertindak secara positif sesuai harapan saya, dalam arti menunggu itikad baik serta komunikasi dari keluarga pelaku dan mau menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan ***
*** Kepada tim saya, karena telah membantu mengumpulkan dan menyusun bukti bukti yang ada, dan mencari informasi mengenai keluarga pelaku dan referensi proses penyelesaikannya, dan dalam proses menghubungi pihak pihak lain yang sekiranya dapat membantu dalam proses penyelesaian ini ***
*** Kepada individu individu yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, khususnya mereka yang berlokasi di Parung, Ciputat, Pondok Aren, dan Cengkareng yang telah membantu untuk mengawasi penyelesaian akan masalah ini. ***

emoticon-2 Jempol
Permohonan maaf oleh keluarga pelaku - UPDATE : 27 Maret 2016, 2:24 AM
Spoiler for Screenshot Permohonan Maaf:


emoticon-Cek PM
Transcribe - ( Isi SMS Penyelesaian Masalah ) : - UPDATE : 27 Maret 2016, 2:24 AM
Spoiler for Transcribe SMS Penyelesaian Masalah oleh Keluarga Pelaku:


emoticon-Cape d... emoticon-Hammer2
Quote:


Quote:


emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganwati emoticon-Angkat Beer emoticon-Maaf Aganwati emoticon-Maaf Agan
Diubah oleh danielantonius 26-03-2016 22:49
0
12.4K
34
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.