BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Netizen sindir kostum Indonesia di pembukaan Olimpiade

Kostum defile Tim Indonesia saat diperkenalkan di FX Plaza, Jakarta (15 Juli 2016).
Kata kunci "Olimpiade Indonesia" nongol di Tren Twitter Indonesia. Kata kunci itu mencuat jelang upacara pembukaan Olimpiade 2016 di Stadion Maracana, Rio de Janerio, Brasil, Jumat (5/8/2016) waktu setempat.

Namun, alih-alih sentimen positif yang muncul dalam tren itu, kritik dan sindiran justru lebih mendominasi. Sindiran itu tertuju kepada kostum kontingen merah-putih dalam defile pembukaan Olimpiade.

Sebenarnya, kostum itu telah diperkenalkan pada 15 Juli 2016. Konon, kostum tersebut memadukan antara jas dan batik. Kostum dengan kombinasi merah-putih itu memuat simbol burung garuda nan besar, serta motif batik parang. Untuk atlet putra, tampilan mereka akan dilengkapi dengan udeng (ikat kepala khas Bali).

Seragam itu didesain Prima Suci Ariani. Seperti dilansir detikcom (18 Juli 2016), Prima mengaku dirinya bukan seorang perancang busana, pun tak punya latar belakang bidang fashion. Ia lebih suka menyebut dirinya sebagai pecinta budaya, terutama batik.

Prima menjelaskan, gambar garuda nan besar itu mewakili lambang negara. Adapun batik parang yang gulung-menggulung berkesinambungan, menggambarkan semangat dan kerja keras tanpa henti demi pencapaian prestasi dalam pesta olah raga sedunia itu.

Ketua Kontingen Indonesia di Olimpiade 2016, Raja Sapta Oktohari juga mengklaim seragam itu mewakili identitas Indonesia sebagai negara besar dan kaya. "Seragam ini memperlihatkan bahwa Indonesia datang ke Rio de Janeiro, bukan cuma sekadar berpartisipasi, tapi untuk merebut medali emas," ujar Okto, dikutip Berita Satu (16 Juli 2016).

Mereka boleh punya pandangan atau bahkan filosofi. Namun, mayoritas netizen juga punya penilaian sendiri. Sejak diperkenalkan kepada publik, kostum itu sudah menuai beberapa komentar miring di linimasa Twitter.

Jumat (5/8), kritik kembali mengemuka, utamanya setelah sejumlah akun berpengaruh turut buang kicauan, misalnya @Rene_CC (149 ribu pengikut), @jokoanwar (991 ribu pengikut), dan @gm_gm (655 ribu pengikut).
Selamat Indonesia! Sudah sukses menjadikan desain sampul buku gunung agung jadi kostum defile olimpiade ???? [URL="https://tetepzxc6akdmq"]pic.twitter.com/Pzxc6akdmq[/URL]
— Rene Suhardono (@ReneCC) August 5, 2016Seragam tim olimpiade Indonesia. Desainer kita bukannya banyak yg bagus-bagus ya? Ini bungkus permen atau apa sik? [URL="https://S E N S O R7f1IxqoJYS"]pic.twitter.com/7f1IxqoJYS[/URL]
— Joko Anwar (@jokoanwar) August 5, 2016Itu seragam tim olimpiade Indonesia kalo dari jauh keliatan kayak pake baju terus perutnya berdarah-darah gitu. [URL="https://S E N S O RewhJC9bJty"]pic.twitter.com/ewhJC9bJty[/URL]
— Joko Anwar (@jokoanwar) August 5, 2016Kecewa dengan kostum Olimpiade Indonesia emoticon-Frown ini penting lho sbg identitas bangsa di Olimpiade [URL="https://S E N S O RjO7Wottwq4"]pic.twitter.com/jO7Wottwq4[/URL]
— VerenaLisa Kusnandar (@veelka) August 5, 2016Lah kok baru pada ribut sekarang sama Defile Seragam Olimpiade Indonesia-,- dari dulu pada kemana? ????
— Rahmiko Setyo Utomo (@ichoo123) August 5, 2016Kali aja seragam olimpiade Indonesia sangat bagus kalo dilihat dari segi Feng Shui
— ( )( Ԅ(ˆ⌣ˆԅ) (@tukangcolong) August 5, 2016Inilah kostum Indonesia utk Olympiade. Siapa yg mendesain? Desainer? Keputusan siapa? [URL="https://S E N S O RGAZX3s6RRd"]pic.twitter.com/GAZX3s6RRd[/URL]
— goenawan mohamad (@gm_gm) August 5, 2016
Situs gaya hidup Wolipop (via detikcom) bahkan membandingkan kostum defile Indonesia dengan kepunyaan negara lain. Beberapa negara memang mengandeng sejumlah jenama kesohor untuk urusan ini, misalnya: Lacoste (Prancis), H&M (Swedia), Ralph Lauren (Amerika Serikat), dan Giorgio Armani (Italia).

Sekadar catatan, kritik terhadap kostum defile Olimpiade tak hanya menimpa kontingen Indonesia.

Kontingen Georgia dan Iran juga ditimpa masalah serupa. Di Georgia, sempat muncul petisi daring yang mendesak menteri olahraga mereka untuk mengganti kostum defile, karena dinilai tak mencerminkan Georgia sebagai negara modern. Dari jagat media sosial Iran, muncul meme yang menyebut desain kostum defile Iran mirip penghapus.
. آرزوى صبر و بردبارى مى كنم براى كاروانهاى المپيكمون. يعنى واقعا ماشاالله به مسئولين با اين انتخاب طراحشون. ورزشكارا اين همه تلاش و زحمت و افتخار.... اونوقت اعزامشون به المپيك اين شكلى. #المپيك #خلاقيت #طراحي_خاص
A photo posted by Rambod javan رامبد جوان (@rambodjavan1) on Jul 23, 2016 at 11:05pm PDT

Kritik nan riuh itu tak mengherankan. Pasalnya, diperkirakan satu miliar orang akan melihat acara pembukaan Olimpiade 2016. Hal wajar bila banyak orang ingin negaranya tampil memikat di hadapan miliaran pasang mata.

Adapun Indonesia hanya diwakili tujuh orang atlet dalam upacara pembukaan itu. Dua atlet atletik: Maria Londa dan Sudirman Hadi. Dua atlet renang: Glenn Victor dan Yessy Yosaputra. Tiga atlet angkat besi: Deni, I Ketut Ariana, dan Triyatno.

Meski hanya diwakili tujuh atlet, Okto optimistis Indonesia akan mencuri perhatian pada upacara pembukaan itu. Selain kostum yang unik, kata Okto, kontingen Indonesia dilengkapi dengan penampilan dua orang perwakilan.

"Mereka (dua perwakilan) bakal memakai pakaian tradisional Indonesia, salah satunya Papua. Keduanya tak cuma berjalan tapi juga akan membuat gerakan-gerakan menarik," kata Okto.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...kaan-olimpiade

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
58.5K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread731Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.