Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

act.idAvatar border
TS
act.id
Beli atau Berjalan Kaki ke Mata Air, Pilihan Warga Kertasari

KARAWANG - Blusukan lagi, distribusi air lagi. Mengantar air bersih ke wilayah-wilayah kekeringan dan krisis air masih berlanjut. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Bandung meneruskan aksi distribusi ke wilayah Karawang, tepatnya di Desa Kertasari, Tegalwaru, Karawang, Senin (24/8). Di sini warganya harus membeli air atau mengantri ke sumber air yang harus dituju dengan berjalan kaki.

Desa yang berada di pegunungan wilayah selatan Kabupaten Karawang itu sudah beberapa bulan terakhir mengalami krisis air bersih. Ketua RT 004 RW 05 Herman (35) membenarkan kondisi teresbut, selama ini warga harus membeli air ke pengecer air atau memuju sumber mata air bekilometer jauhnya.

Hidup di wilayah pegunungan ternyata tak menjamin bisa menikmati air melimpah. Buktinya, ratusan kepala keluarga di Kecamatan Tegalwaru terpaksa membeli air bersih, karena sumber air yang mereka miliki kering. Bagi keluarga yang memiliki uang tentu hal itu tak jadi soal. Mereka tinggal memesan air dari penjual air bersih keliling seharga Rp 5 ribu per jerigen. Tapi, bagi warga miskin yang serba kekurangan, pilihannya hanya satu; berjalan kaki kiloanmeter ke sumber air yang belum kering. “Itupun belum cukup, mereka harus antri dengan warga lainnya yang bernasib serupa,” jelas Herman.

"Dalam satu hari cuma dua jerigen air aja yang bisa saya beli,” tegas Salamah (25) warga RT 04, Desa Kertasari. Bagi warga berekonomi pas-pasan seperti dirinya, mendapatkan dua jerigen air merupakan anugerah yang luar biasa. "Kalau ada uang sih mungkin enggak begitu bingung. Karena suami saya kerja serabutan, saya harus mutar otak agar seluruh kebutuhan rumah tangga terpenuhi, termasuk untuk kebutuhan air," ujarnya.

Ibu dua anak ini juga mengapresiasi bantuan air bersih ACT, semua warga gembira menerima bantuan air dari ACT Bandung. "Hatur nuhun, semoga besok besok kesini lagi, " kata salamah bersama rekan-rekannya sambil mengantri air bersih.

Sementara di tempat terpisah, Kusmayadi Komandan Manajer Disaster Emergency & Response Management/DERM menyatakan ACT bersama cabang-cabangnya akan menyiapkan program sumur dan pendistribusian paket sembako ke wilayah-wilayah yang mengalami kekeringan akut

sumber
0
1.7K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.