Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Benda yang ane abaikan, ternyata bisa nyelamatin nyawa ane. Agan juga ngalamin?

King.CaiAvatar border
TS
King.Cai
Benda yang ane abaikan, ternyata bisa nyelamatin nyawa ane. Agan juga ngalamin?
Ini barang nya gan gan

Spoiler for Barang:


Ane dari dulu paling males urusan sama lembaga yang berkaitan dengan pemerintahan kita. Karena udah kebayang ribet nya, lama proses nya, dan juga “angpau”2 tersembunyi yang biasa berada di belakang proses itu. Sampai kemudian ane menggunakan fasilitas kesehatan punya pemerintah setelah sekian lama yaitu Puskesmas. Tritnya pernah ane bikin dulu dan jadi HT. Dulu prasangka buruk ane tergusur dengan fakta di lapangan yang ane rasakan sendiri. Ternyata, Puskesmas ga terlalu buruk.

Berikutnya ane kembali menjajal program punya pemerintah. Masih berkaitan dengan fasilitas kesehatan, ane menjajal program BPJS. Ok to the point, sekitar awal taun ini ane menderita anemia parah. Hemoglobin ane turun drastic dari normalnya pria dewasa minimum adalah 130rb (kalau ga salah inget), ane waktu cek ke lab RS, diketahui cuma punya 50rb-an aja. Berarti darah ane minus 80rb-an hemoglobin. emoticon-Hammer (S)

Awalnya ane sering merasa lemas saat beraktifitas. Baru jalan sedikit, kok ya kepala langsung pusing. Padahal udah sarapan, apalagi kalau kena panas dikit, hawa nya langsung gak bisa berdiri. Kalau dipaksain, ane bisa sampai ngerasa mual dan pengen muntah, tapi ga bisa muntahin apapun. Kemudian karena sudah ngerasa ada yang ga beres dengan badan ane, ane berniat cek ke dokter. Tapi waktu itu pas kebetulan ane lagi bokek2 banget. Abis ngeluarain banyak biaya buat renov rumah, dan ane ga punya asuransi kesehatan. Duit bokek, kondisi sakit, bikin ane tambah stress. emoticon-Frown

Akhirnya pas ane lagi buka2 dompet, disitu ane ngeliat sesuatu yang “ajaib”. Bisa dikatakan ajaib, karena sesuatu itu bisa dibilang menyelamatkan ane secara tidak langsung. Ya,itu adalah kartu BPJS Kesehatan punya ane, yang ane dapet dari PT tempat ane kerja. Ane punya kartu itu udah lama banget, tapi terus terang tidak pernah ane pakai. Waktu itu, langsung kepikiran buat pake tu kartu buat berobat. Ane pun langsung bertanya ke HRD, gimana prosedur penggunaan BPJS, dan dia ngasih tau ane detailnya. Katanya pertama datang ke klinik dulu. Kalau klinik kasih rujukan buat rawat inap atau cek ke RS, nanti akan diberikan surat rujukan. Dan dari mulai cek ke klinik hingga dirawat di RS, tidak akan dikenai biaya sama sekali alias gratis. Ane rasa ga percaya, apalagi yang namanya “Gratis” buat program pemerintah. Tapi itu ternyata hanya asumsi ane belaka. Setelah dijalani, prosesnya ternyata memang gratis. emoticon-Big Grin

Jadi setelah dapat arahan dari HRD, ane langsung meluncur ke klinik. Di Klinik yang sudah ditunjuk di kartu BPJS ane, ane dicek sama dokter dan dikasih obat. Kata dokternya, kalau 3 hari ane ga baikan, nanti balik lagi kesana buat dikasih surat rujukan ke RS. Ok, ane lakukan cara itu dan ane coba dulu konsumsi obat dari dokter. Setelah 3 hari berlalu, ternyata ane masih belum baikan dan ane kembali lagi ke klinik tadi. Kemudian dokter yang sama ga ba bi bu langsung menyarankan ane berobat ke Rumah Sakit. Surat rujukan disiapkan dari klinik, dan RS nya ane yang pilih sendiri mau di RS mana, tapi hanya yang bekerja sama dengan BPJS. Ane pilih RS yang lumayan deket dari rumah, dan klinik bikin surat rujukan ke sana. Karena waktu itu udah sore, ane disarankan mampir ke RS besok aja untuk menemui dokter spesialis.

Yowes, ane ngikut aja dah. Besok pagi sekitar jam 9 ane nyampe RS yang ditunjuk. Pas disana, ane clingak clinguk bingung mau kemana dulu. Ane nanya ke resepsionis, dan ane dikasi tau kalau untuk peserta BPJS, harus pertama mendaftar dulu di tempat yang sudah disediakan. Jadi ada area khusus untuk melayani peserta BPJS. Ane pun meluncur ke tempat yang dimaksud, dan disana ane ngeliat ada 3 orang yang sedang menunggu antrian buat daftar untuk diproses.

Oh ya, sebelumnya ane udah nyiapin fotocopy kartu BPJS, Kartu Keluarga, dan KTP masing2 satu. Karena HRD bilang kalau udah nyampe RS, harus nyiapin fotocopy2 itu, nanti dimintain. Dan bener ternyata pas ane daftar, dimintain sama petugas BPJS nya. Ada yang ane liat waktu itu belum nyiapin fotocopy-an dokumen, dia keluar RS dulu buat nyari tukang fotocopy. Ane karena udah tau dan ane siapin, jadinya tinggal sodorin aja. Kelar ngisi formulir di pendaftaran, ane kemudian dikasih nomor antrian buat ke dokter spesialis. emoticon-Big Grin

Proses setelah itu, kurang lebih sama dan tidak ada bedanya antara ane pasien BPJS dengan pasien umum. Ketika ketemu dokter spesialis penyakit dalam, ane diminta cek ke Lab. Abis cek dari lab dan hasilnya keluar, balik lagi ke dokter tadi, masih di hari yang sama. Pas dokter liat kadar hemoglobin ane jauh dibawah standar minimal, dia keliatan kaget banget. Abis itu dia langsung minta ane buat dirawat. emoticon-Belo. Ane tanya sama dokternya, prosesnya gimana buat dirawat kalau ane peserta BPJS?dokter bilang ga perlu pusing, tunggu dulu di luar, nanti ada suster yang mandu. Ane nanya lagi, apa ane perlu bayar, buat DP mungkin?dokter bilang ga usah, karena kan pake BPJS. Ane dalam hati bersyukur pisan, karena ane yang lagi bokek disuruh dirawat, ternyata ga perlu bayar emoticon-Big Grin

Selepas dari dokter, ane kemudian nunggu di ruang tunggu, menunggu instruksi selanjutnya. Nunggu nya ini memang ane akui cukup lama. Dari jam 11 ane kelar di dokter, sekira jam 2 siang suster baru manggil nama ane dan ngasih kertas (ane lupa kertas apa itu), buat ditujukan ke pendaftaran rawat inap. Meski ane bête, tapi ane cukup sabar dan ikuti prosesnya karena sudah sejauh itu. Di ruang pendaftaran rawat inap, ane nunggu lagi sekitar 1 jam. Jadi kondisinya waktu itu memang ane liat cukup penuh dan petugas nya cuma 1 doank. Dan ane juga perhatiin, pasien yang ditangani waktu itu ga cuma pasien BPJS, tapi juga pasien umum atau jaminan perusahaan. Dan sekali lagi ane tegaskan, ga ada perbedaan perlakuan buat pasien2 itu. Semuanya diproses berdasarkan urutan yang sudah ada. Lama nya proses pendaftaran rawat inap waktu itu juga karena sepertinya hanya sedikit kamar kosong tersedia. Jadi petugas pendaftaran harus berkoordinasi dengan bagian2 lain untuk memastikan kamar rawat tersedia. Ane perhatiin dari telpon2 nan mereka membicarakan hal itu.

Ok, pas tiba giliran ane di meja pendaftaran rawat inap, setelah cek ini dan itu, petugas pendaftaran kemudian ngasih ane beberapa formulir buat diisi, dan kemudian ngasih tau nomor kamar. Sebelumnya, petugas pendaftaran bilang minta maaf ke ane, karena kamar kelas 1 yang seharusnya ane pakai sesuai dengan kartu BPJS yang ane punya sudah penuh. Dia bilang ada nya kamar kelas 2, dan dia nanya apa ane masih mau pakai kamar itu?setelah ane pertimbangkan, karena udah makan waktu seharian dan sejauh ini, ditambah lagi ane memang sakit, ane mengiya kan tawaran itu. Setelah deal, ane disuruh tunggu lagi suster datang buat nganterin ke kamar yang dimaksud.

Ga begitu lama selesai daftar, datanglah suster dengan kursi roda. Dia kemudian nganter ane ke kamar perawatan. Dan mulai lah perawatan ane di RS selama 4 hari 3 malam. Dari yang ane pelajari dan alami sendiri, untuk RS tempat ane dirawat, di kamar itu sudah ada keterangan “Diperuntukkan untuk pasien BPJS”. Tapi dalam kenyataanya, ada pasien lain yang dirawat di kamar itu, ternyata bukan pasien BPJS melainkan pasien umum dan pasien yang dijamin perusahaan. Mungkin memang betul, kamar rawat sedang penuh, jadi pengaturan kamar nya menjadi diprioritaskan untuk semua, tanpa memandang status pasien itu. Untuk perlakuan ke ane, sekali lagi tidak ada perbedaan dengan pasien lain. Karena kebetulan di kamar itu ada 2 orang pasien selain BPJS, ane bisa menilai sendiri perlakuan sama saja. Ane dapat obat untuk diminum, makan 3x sehari, snack, dan visit dokter 2x sehari. Lalu saat ada kebutuhan manggil suster/perawat, datang dan direspon cepat. Semuanya tidak ada perbedaan sama sekali.

Selama dirawat, ane menghabiskan 4 kantong darah untuk di infus, dan masuk ke lab 2x. Dan setelah dinyatakan lebih sehat, dengan ciri2 hemoglobin ane sudah naik mendekati 130 rb. Ane diijinkan pulang. Pas pulang, ane dikasih kertas buat dikasih ke kasir. Ane khawatir diminta bayaran, tapi ternyata pas di kasir, kertas itu Cuma di stempel doank emoticon-Ngakak (S). Kelar dari kasir, ane disuruh ke farmasi buat ngambil obat. Nunggu bersama pasien lain sekitar 30 menit-an, ane dapat obat buat diminum dirumah. Selain itu, ane juga dapat surat rekomendasi untuk control kembali ke dokter spesialis 3 hari setelah ane pulang.

Begitulah gan pengalaman ane menggunakan BPJS. Ternyata memang benar bisa digunakan BPJS itu. Prosesnya tidak ribet, memang agak lama karena banyak antrian dan banyak yang pakai. Tapi itu harus dimaklumi, karena yang sakit bukan cuma ane gan. Harapan ane ke pemerintah, kalau bisa RS yang bekerja sama dengan BPJS ditambah lagi agar lebih banyak. Karena sepertinya, RS yang ada saat ini sudah kewalahan menampung begitu banyak pasien yang membludak. Apalagi di musim Pancaroba. Ga cuma pasien BPJS, pasien umum juga banyak. Kalau jumlah RS nya ditambah, setidaknya bisa ada sebaran yang lebih merata.

Itu aja dari ane gan, moga trit ini bisa bermanfaat buat yang lain. Kalau ada pertanyaan, sebisa mungkin ane jawab emoticon-Smilie
Diubah oleh King.Cai 03-08-2016 10:20
0
4.3K
47
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.