Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
42
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57a0c0b4582b2ed2648b4568/ask-penting-pajak--progresif-mobil-baru
Gan mau tanya. Alhamdulillah ane beli mobil baru (Suzuki). Ini mobil kedua ane. Ada masalah sama pajak nih gan. Jadi selisih perhitungan pajak progresif mobil kedua ane, kata Sales nya di tanggung customer. Ane bingung gan, ane udh males keluar biaya lagi. Ato emng kebijakan Suzuki seperti itu ya gan?
Lapor Hansip
02-08-2016 22:48

(ask penting) Pajak progresif mobil baru

Gan mau tanya.
Alhamdulillah ane beli mobil baru (Suzuki). Ini mobil kedua ane.
Ada masalah sama pajak nih gan. Jadi selisih perhitungan pajak progresif mobil kedua ane, kata Sales nya di tanggung customer.
Ane bingung gan, ane udh males keluar biaya lagi.

Ato emng kebijakan Suzuki seperti itu ya gan?
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 00:29
Quote:Original Posted By taufiq.fahira


Enggak gan ane toyota juga sama aja ko gan tahun kemaren ambil fortuner kena progresif tetep bayar selisihnya gan. Pihak dealer mana mau rugi gan. Kecuali udah deal2an sebelumnya gan. Itung2 bonus gt gan. Klo blum deal2an sih ditanggung sampe pajak kendaraan pertama aja gan.


Terimakasih agan taufik atas pencerahannya
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 00:31
Quote:Original Posted By pete.jengkol
Pajak progresif bukan cuman dimobil doang, agan klo punya motor lebih dari 1 jg bakal kena pajak progresif emoticon-army:















Punya mobil 2 kq polos bener emoticon-Traveller


Iya nih gan. Kebetulan ane cuma punya motor 1 doang gan.. itu pun tahun 2008.
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 00:36
Quote:Original Posted By aloha1234
Ga bisa gan, bawah ane lagi mungkin.

Edit : Jadi pajak progresif maksudnya adalah pajak tambahan kendaraan, dimana kalau agan misalkan punya mobil agya pas awal beli dgn pajak katakanlah 1 juta, lalu mau beli kedua kalinya, agya dgn tipe yg sama, pajaknya? bakal nambah, bisa jadi 5 juta.(Semakin banyak ente beli mobil pajak mobil berikutnya juga makin nohok emoticon-Hammer (S))

Kenapa beda? dan lebih mahal? biar org kek agan ga memenuhi jalanan dgn berbagai macam mobil yg bikin sumpek jalanan kota besar emoticon-Malu (S)

Karena pajak makin gede bikin orang mikir buat beli kendaraan emoticon-Traveller

Udah itu aja, monggo nikmati pajaknya emoticon-Angkat Beer


Trimakasih gan. Masalah nya ane suruh bayar selisih nya. Lumayan gede pula. Kalo beli krupuk bisa buat semua RT.. hehehee

Salah sejak awal gan, g ada di perjanjian nya, selisih progresif tanggung jawab siapa..

Terimakasih agan aloha
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 00:42
Quote:Original Posted By NOVA ANDRI WIJA
Trimakasih gan. Masalah nya ane suruh bayar selisih nya. Lumayan gede pula. Kalo beli krupuk bisa buat semua RT.. hehehee

Salah sejak awal gan, g ada di perjanjian nya, selisih progresif tanggung jawab siapa..

Terimakasih agan aloha


Emang gitu gan, udah efektif dari beberapa bulan yg lalu, padahal lumayan rame pembahasannya.

Moga tercerahkan emoticon-Traveller
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 01:10
ane belum kebeli mobil sendiri gan, jadi gatau emoticon-Sorry
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 01:14
hhmmm...anu..ane ga tau
maapemoticon-Sorry
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 05:44
Ane nggak tau, boro2 mobil mkn aja gak tiap hari
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 07:39
semua kendaraan gitu kok bleh, berlaku juga buat motor cmiiw
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 07:44
setahu ane cm auto200* yg bayar progresif customer, tp cm pemilikan smpai mobil k3.
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 07:50
Quote:Original Posted By NOVA ANDRI WIJA


Bukan masalah bayar pajak nya gan, cuma yg tanggung jawab selisih progresif siapa nih.. dealer ato customer..

Toyota itu yg bayar dealer. Masih Suzuki siapa tuh? Biar g d tipu2 sama Sales.


ane kena progresif di toyota juga
yang bayar konsumen, bukan dealer
pnya mobil itu utk di nikmati, bukan utk memusingkan soal pajak nya
lagipula pajak nya kan cuma setahun sekali, merem aja kalo ane mah
prcuma pnya duit kalo gak di nikmatin
keep baik gan
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 08:00
Yah elah beli mobil kok ga mau bayar pajak
Biasa kan di price list ditulis otr utk mobil pertama
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 08:39
Quote:Original Posted By NOVA ANDRI WIJA
Gan mau tanya.
Alhamdulillah ane beli mobil baru (Suzuki). Ini mobil kedua ane.
Ada masalah sama pajak nih gan. Jadi selisih perhitungan pajak progresif mobil kedua ane, kata Sales nya di tanggung customer.
Ane bingung gan, ane udh males keluar biaya lagi.

Ato emng kebijakan Suzuki seperti itu ya gan?


Bukan kebijakan suzuki gan, tapi pemerintah provinsi. Progresif (kepemilikan kendaraan roda 4 lebih dari 1) dibebankan pada wajib pajak.
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 13:07
Quote:Original Posted By Documents
ane belum kebeli mobil sendiri gan, jadi gatau emoticon-Sorry


semoga agan Document bisa beli mobil yang impikan
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 13:08
Quote:Original Posted By jual.ket4mine


ane kena progresif di toyota juga
yang bayar konsumen, bukan dealer
pnya mobil itu utk di nikmati, bukan utk memusingkan soal pajak nya
lagipula pajak nya kan cuma setahun sekali, merem aja kalo ane mah
prcuma pnya duit kalo gak di nikmatin
keep baik gan


sippppp... udh g pusing lagi gan heheeheee
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 13:09
Quote:Original Posted By NOVA ANDRI WIJA


semoga agan Document bisa beli mobil yang impikan


amin gan, makasih banget yah emoticon-Kiss
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 13:11
Quote:Original Posted By ants696
Yah elah beli mobil kok ga mau bayar pajak
Biasa kan di price list ditulis otr utk mobil pertama


sudah terbayarkan gan, sipppp
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 13:15
Quote:Original Posted By jual.ket4mine
ane kena progresif di toyota juga
yang bayar konsumen, bukan dealer
pnya mobil itu utk di nikmati, bukan utk memusingkan soal pajak nya
lagipula pajak nya kan cuma setahun sekali, merem aja kalo ane mah
prcuma pnya duit kalo gak di nikmatin
keep baik gan

Salam ndlosor

0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 13:16
nyimak aja ya gan
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 13:21
Quote:Original Posted By aloha1234
Ga bisa gan, bawah ane lagi mungkin.

Edit : Jadi pajak progresif maksudnya adalah pajak tambahan kendaraan, dimana kalau agan misalkan punya mobil agya pas awal beli dgn pajak katakanlah 1 juta, lalu mau beli kedua kalinya, agya dgn tipe yg sama, pajaknya? bakal nambah, bisa jadi 5 juta.(Semakin banyak ente beli mobil pajak mobil berikutnya juga makin nohok emoticon-Hammer (S))

Kenapa beda? dan lebih mahal? biar org kek agan ga memenuhi jalanan dgn berbagai macam mobil yg bikin sumpek jalanan kota besar emoticon-Malu (S)

Karena pajak makin gede bikin orang mikir buat beli kendaraan emoticon-Traveller

Udah itu aja, monggo nikmati pajaknya emoticon-Angkat Beer


meskipun type dan mereknya beda, jika itu adalah pembelian kedua selama mobil yang pertama tidak dijual dan dibalik nama ya tetep kena pajak progresif gan
Quote:Pajak Progresif Mobil: Ketahui Cara Menghitungnya

oleh Reza Karunia 28 November 2015 Pajak

Tahukah Anda pengertian Pajak Progresif? Pajak progresif adalah tarif pemungutan pajak dengan persentase yang didasarkan pada jumlah atau kuantitas objek pajak dan berdasarkan pula harga atau nilai objek pajak. Hal tersebut menyebabkan tarif pemungutan pajak akan semakin meningkat apabila jumlah atau kuantitas objek pajak semakin banyak dan jika nilai objek pajak mengalami kenaikan. Ada dua jenis pajak progresif, yakni Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Lalu apa itu pajak progresif mobil? Tentu saja pajak progresif mobil adalah pajak yang dikenakan bagi pemilik mobil dengan perhitungan ketentuan tarif pajak sesuai dengan yang telah disebutkan di atas. Pajak progresif mobil yaitu termasuk dalam Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Tidak hanya mobil yang termasuk dalam PKB, namun juga kendaraan roda dua, kendaraan angkutan umum, dan kendaraan dinas pemerintah. Pajak progresif akan diterapkan pada kendaraan yang memiliki kesamaan nama pemilik dengan alamat tempat tinggal pemilik. Jadi misalnya saja Anda menjual mobil ke orang lain, namun Anda tidak melakukan balik nama kepemilikan mobil tersebut, maka pajak progresif akan ditanggungkan pada pemilik mobil yang lama karena nama dan alamat tempat tinggal pemilik mobil tersebut masih sama.

Jadi, jika Anda menjual mobil ke orang lain atau pun kendaraan lainnya, sebaiknya segera melakukan proses balik nama sehingga Anda tidak lagi membayar pajak progresif bagi mobil tersebut. Selain itu, pemilik mobil yang baru juga harus segera melaporkan kepemilikan mobil ke SAMSAT provinsi dimana kendaraan tersebut dialihkan. Laporan atas kepemilikan kendaraan hendaklah sekurang-kurangnya 30 hari setelah pergantian kepemilikan.
Besaran Pajak Progresif Mobil

Besarnya Pajak Progresif Bergantung Jumlah Mobil yang Dimiliki

Besarnya Pajak Progresif Bergantung Jumlah Mobil yang Dimiliki via autoevolution.com



Lalu Anda pun bertanya-tanya, sebenarnya berapa tarif pajak progresif mobil itu? Nah berikut akan dijabarkan persentase tarif pajak progresif mobil:

No.


Urutan Kepemilikan Kendaraan


Persentase Tarif Pajak

1.


Mobil Pertama


1,5%

2.


Mobil Kedua


2%

3.


Mobil Ketiga


2,5%

4.


Mobil Keempat dan seterusnya


4%

Kemudian setelah tahu persentase tarif pajak progresif mobil, mari kita lakukan perhitungan pajaknya. Bagaimana perhitungan pajak progresif mobil? Mari kita simak cara menghitungnya berikut ini.
Baca Juga: Tips Agar Kredit Mobil Anda Disetujui
Rumus Perhitungan Pajak Progresif Mobil

Ketahui Cara Menghitung Pajak Progresif Mobil Anda

Ketahui Cara Menghitung Pajak Progresif Mobil Anda via bajajallianz.com



Seperti yang telah dijelaskan di atas, pengenaan pajak didasarkan pada hal-hal tertentu berkaitan dengan objek pajak, dalam hal ini objek pajaknya ialah mobil. Sebelum melakukan perhitungan pajak progresif mobil, ada baiknya kita tahu dua unsur yang menjadi dasar pengenaan pajak karena nantinya juga berpengaruh pada perhitungan pajak. Adapun dua hal mendasar yang menjadi dasar pengenaan pajak progresif mobil, antara lain:

Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), nah NJKB ini bukanlah harga pasaran umum melainkan harga atau nilai yang sudah ditetapkan oleh Dispenda yang sebelumnya sudah mendapatkan data dari Agen Pemegang Merek (APM).
Bobot ataupun efek negatif atas penggunaan kendaraan dan bisa merefleksikan tingkat kerusakan jalan yang dinyatakan di dalam koefisien yang nilainya satu atau lebih.

Nah, secara garis besar perhitungan pajak progresif mobil dimulai dari menghitung NKJB. Bagaimana menghitung NKJB? Caranya mudah, rumus perhitungannya adalah (PKB/2) x 100.

Untuk melihat nilat PKB mobil Anda, Anda cukup melihatnya di balik STNK. Di sana tertera nilai PKB kendaraan Anda. Kemudian setelah diketahui hasil NKJB mobil Anda, kalikanlah dengan persentase tarif pajak progresif mobil, sesuai dengan urutan kepemilikan kendaraan Anda. Setelah mendapatkan hasil pajak progresif mobil Anda, lanjut dengan menambahkan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Untuk kendaraan kedua, ketiga, dan seterusnya, Anda tinggal mengalikan sesuai persentase urutan kepemilikan kendaraan Anda. Bagaimana? Masih bingung? Mari kita coba hitung pajak progresif mobil Pak Ahmad berikut ini:

Pak Ahmad memiliki 4 buah mobil. 4 mobil tersebut memiliki tipe dan tahun yang sama (di sini memang sengaja disamakan, agar lebih mudah melihat kenaikan pajaknya).

Diketahui bahwa:
PKB: 1.500.000
SWDKLLJ: 150.000

Kemudian berapakah pajak progresif mobil tiap mobilnya? Seperti yang telah diterangkan di atas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghitung NJKB, caranya sebagai berikut:

NJKB: (PKB/2) x 100
(1.500.000/2) x 100
75.000.000

Setelah mengetahui NJKB nya, mari kita hitung pajak progresif tiap mobilnya, dimulai dari mobil pertama:

Mobil Pertama:
PKB: 75.000.000 x 1,5% = 1.125.000
SWDKLLJ: 150.000
Total: Rp1.275.000
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mobil Kedua:
PKB: 75.000.000 x 2% = 1.500.000 (Terjadi Kenaikan)
SWDKLLJ: 150.000
Total: Rp1.650.000
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mobil Ketiga:
PKB: 75.000.000 x 2,5% = 1.875.000 (Terjadi Kenaikan)
SWDKLLJ: 150.000
Total: Rp2.025.000
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mobil Keempat:
PKB: 75.000.000 x 4% = 3.000.000 (Terjadi Kenaikan)
SWDKLLJ: 150.000
Total: Rp3.150.000

Nah begitulah contoh perhitungan pajak mobil dari mobil pertama sampai mobil keempat. Terlihat bukan perbedaan pajak progresif diantara masing-masing mobil sesuai urutan kepemilikannya? Sekarang, Anda bisa mencoba mempraktekkan perhitungan pajak progresif mobil tersebut di rumah.
Baca Juga: Kredit Mobil Bekas, Ini Tahapan yang Mesti Dilewati
Pajak Progresif Mobil di Jakarta

Pajak Progresif Mobil di Jakarta

Pajak Progresif Mobil di Jakarta via ytimg.com



Berbeda dengan daerah lainnya, Jakarta memiliki aturan baru mengenai pajak progresif kendaraan bermotor, dalam hal ini pajak progresif mobil juga ikut aturan baru ini. Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2015, per tanggal 1 Juni 2015 tarif pajak progresif kendaraan bermotor untuk wilayah Jakarta mengalami kenaikan. Kenaikan tarif pajak tersebut diberlakukan sebagai upaya menekan laju pembelian kendaraan pribadi agar dapat mengatasi kemacetan jalan di Jakarta. Apalagi rata-rata kecepatan berkendara di Jakarta saat weekdays tercatat hanya 21km/jam saja. Selain itu, melalui pemberlakuan tarif pajak progresif yang baru ini, Pemda Jakarta menargetkan pendapatan pajak wilayah Jakarta mencapai Rp6,65 triliun per tahun. Lalu berapa persen kenaikan tarif pajak progresif untuk kendaraan bermotor di Jakarta? Berikut tarif pajak progresif untuk wilayah DKI Jakarta berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 tahun 2015:

No.


Urutan Kepemilikan Kendaraan


Persentase Tarif Pajak

1.


Kendaraan Pertama


2%

2.


Kendaraan Kedua


2,5%

3.


Kendaraan Ketiga


3%

4.


Kendaraan Keempat


3,5%

5.


Kendaraan Kelima


4%

6.


Kendaraan Keenam


4,5%

7.


Kendaraan Ketujuh


5%

8


Kendaraan Kedelapan


5,5%

9.


Kendaraan Kesembilan


6%

10.


Kendaraan Kesepuluh


6,5%

11.


Kendaraan Kesebelas


7%

12.


Kendaraan Kedau Belas


7,5%

13.


Kendaraan Ketiga Belas


8%

14.


Kendaraan Keempat Belas


8,5%

15.


Kendaraan Kelima Belas


9%

16.


Kendaraan Keenam Belas


9,5%

17.


Kendaraan Ketujuh Belas


10%

Selain mengatur tentang kenaikan pajak progresif kendaraan bermotor, Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2015 juga memiliki aturan baru mengenai pengenaan pajak pada pemilik kendaraan. Pada peraturan tersebut disebutkan bahwasannya pajak progresif tidak lagi diberlakukan berdasarkan nama dan alamat di KTP saja, namun dilihat pula nama dan alamat di Kartu Keluarga (KK). Jadi misalnya saja, ada seorang anak yang mempunyai kendaraan pribadi dan masih terdaftar dalam satu KK dengan orang tuanya, maka akan dikenakan pula pajak progresif tersebut kepada si anak. Lain lagi jika anak tersebut sudah memiliki alamat yang berbeda dengan orang tuanya, maka pajak progresif tidak akan diberlakukan pada anak tersebut. Lagi-lagi penerapan peraturan baru tersebut bertujuan untuk menahan laju pembelian kendaraan pribadi sehingga harapannya kemacetan di Jakarta bisa teratasi. Tak lupa selain adanya kenaikan pajak progresif ini, tentu kesadaran masyarakat Jakarta untuk mau menggunakan angkutan umum juga mempengaruhi kemacetan yang ada di wilayah Jakarta.
Ketahui Pajak Progresif Mobil Anda

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai pajak progresif mobil dari mulai pengertian sampai dengan perhitungan pajak progresif mobil yang bisa Anda coba hitung sendiri di rumah serta ulasan mengenai penerapan pajak progresif mobil di Jakarta. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan wawasan mengenai pajak progresif mobil bagi Anda sekalian.
0 0
0
(ask penting) Pajak progresif mobil baru
03-08-2016 15:09
lah pajak progresif itu kan pajak pertambahan, besaran nilainya tiap orang gak sama..
kalo ada pembeli yang udah punya mobil 10 biji bisa bangkrut tuh dealer nanggung pajak progresif nya
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia