Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Siapapun Boleh Membaca Alqur'an Membaca Terjemahannya dan Menafsirkannya

annadhirAvatar border
TS
annadhir
Siapapun Boleh Membaca Alqur'an Membaca Terjemahannya dan Menafsirkannya
Siapapun Boleh Membaca Alqur'an Membaca Terjemahannya dan Menafsirkannya

Siapapun Boleh Membaca Alqur'an Membaca Terjemahannya dan Menafsirkannya

Siapapun Boleh Membaca Alqur'an Membaca Terjemahannya dan Menafsirkannya

Teman-teman dan sahabat sekalian, disini saya ingin mengutarakan "hal yang tabu" di masyarakat kita namun hal tersebut senyatanya adalah menegerdilkan kita sebagai manusia dan menjauhkan kita dari Al-qur'an dari isinya Al-qur'an dan dari maksud untuk apa Al-qur'an diturunkan kepada kita, untuk kita.

Hal yang tabu tersebut adalah "kita sangat boleh membaca terjemahan Al-qur'an beserta memaknainya dengan hati kita dan insting kita yang memang sudah tertanam fitrah kebaikan ada di dalam hati kita"

Di masyarakat kita sekarang sudah sangat mengakar dan tersebar bahwa "kita tidak boleh membaca terjemahan Al-qur'an dan menafsirkannya klo kita belum hafal sekian ribu hadis klo kita belum bisa bahasa arab!!!". Dan finally we accepted that "DOKTRIN", seakan akan kita manusia ini bodoh tidak diberikan kebaikan dalam hati kita, seakan-akan Al-qur'an itu diturunkan hanya untuk para kaum "pinterer"!

SALAH!!!! Itu hanya doktrin yang menjauhkan kita dari Kitab yang Allah berikan kepada setiap diri kita, setiap masing masing kita!!!
Al-qur'an itu untuk saya dan kamu, Allah berikan itu untuk setiap kita sebagai panduan menjalani hidup ini untuk setiap pribadi kita BUKAN untuk si orang arab atau si orang yang pinter bahasa arab bukan untuk si yang hafal hadits 1000 hadits!!! Al-qur'an untuk setiap diri kita!!!

SILAKAN BACA AL-QUR'AN AGAN AGAN DENGAN TERJEMAHANNYA, JANGAN PERNAH SUNGKAN LAGI MEMBACA TERJEMAHANNYA. JANGAN PERNAH TERMAKAN DOKTRIN YANG MENJAUHKAN KITA DARI BUKU PANDUAN KITA LAGI. SILAKAN RASAKAN SEMAKIN DEKATNYA AGAN DENGAN ALLAH DAN AKHIRNYA KITAPUN MERASA BAHWA MEMANG ALLAH TIDAK MENINGGALKAN KITA BEGITU SAJA DI BUMI INI DI DUNIA INI, ALLAH MEMBEKALI KITA BUKU UNTUK KITA BAHAGIA HIDUP DI BUMI DAN DI AKHIRAT NANTI.

Al-Maidah ayat 3:

Siapapun Boleh Membaca Alqur'an Membaca Terjemahannya dan Menafsirkannya

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

semua ini untukmu, iya kamu!!! bukan untuk kalian tapi kamu! individu bukan jamak. kitab ini untuk masing masing kita.
Telah sempurnalah Agama Islam ini untukmu dan untukku, maka iqra!!! bacalah!!!

Klo memang kitab ini hanya harus dibaca terjemah dan maksudnya oleh orang-orang "pinterer", lalu mengapa Allah menurunkan Al-qur'an ini kepada Nabi kita yang ummi (buta huruf/tidak mengenal kitab-kitab sebelumnya taurat dan injil)???

Itu artinya mengisyaratkan bahwa Al-quran ini Allah mudahkan untuk bisa dicerna oleh setiap manusia, bahkan orang yang ummi pun, karena ada mukjizat di dalamnya.

Setiap kita sudah diberikan insting dan fitrah yang baik, jangan pungkiri sejahat apapun diri kita sebenarnya kita menginginkan kebaikan dalam hidup kita bukan, BUKAN?!!!! Itulah yang dinamakan fitrah, ada istilah "kembali ke fitrah" karena memang pada akhirnya setiap kita setiap diri kita menginginkan kembali berada dalam kebaikan setelah seberapapun kejahatan dan dosa yang kita perbuat. Jangan pungkiri itu dan memang tidak bisa dipungkiri.

Maka akhirul kata, "silakan membaca Al-quran dengan merdu (karena Allah suka keindahan) dan bacalah artinya dan silakan memaknainya dengan fitrah kita, insyaAllah."

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Agan-agan maksud saya disini untuk dan agar kita semua disini tidak phobia terhadap Al-qur'an atau takut sama Al-qur'an (takut salah mengartikan atau takut ini takut itu! was was itu berasal dari syetan! rasa takut untuk mendekati kebenaran apalagi ya itu pastilah was was ketakutan yang syetan hembuskan kepada kita agar kita jauh dari buku pribadi kita, Al-qur'an)

BACA SAJA BACA JUGA TERJEMAHANNYA DAN SILAKAN DIHAYATI DAN PELAJARI, TAFSIRKAN! !!!DAN APABILA KITA MENDAPATI ADA PEMBAHASAN DI AL-QUR'AN YANG MEMBUAT KITA BERTANYA-TANYA, MAKA TANYAKANLAH KEPADA ORANG YANG MEMPUNYAI PENGETAHUAN. DARI MEMPELAJARI AL-QUR'AN KITA AKAN MENDAPATI BERBAGAI PERTANYAAN YANG BELUM TERSINGKAP, DARI PERTANYAAN-PERTANYAAN ITU LAHIRLAH ILMUWAN ILMUWAN MUSLIM AHLI ASTRONOMI MATEMATIKA KEDOKTERAN DLL, "DARI PERTANYAAN YANG TIMBUL SETELAH KITA MEMPELAJARI AL-QUR'AN". KITA SEMUA BODOH PADA AWALNYA, DAN AL-QUR'AN LAH YANG MEMBUKA CAKRAWALA KITA MEMINTARKAN KITA! MAKA BACALAH.


An-Nahl ayat 43:

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ إِلا رِجَالًا نُوحِي إِلَيْهِمْ ۚ فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,

Oleh karena itu baca dulu agar banyak pertanyaan yang bermunculan di diri dan otak kita, setelah itu carilah kebenaran dan ilmu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu melalui penelitian dan atau bertanya kepada yang kita percayai berkompeten terhadap apa yang ingin kita tanyakan agar kita sejatinya menjadi pintar dan tahu siapa diri kita dan apa dunia ini dan dari situ kita akan mendapatkan ilmu-ilmu yang menakjubkan seperti ilmu-ilmu yang telah dihasilkan oleh zaman kejayaan Islam dulu. Karena dulu setiap individu berlomba-lomba dalam mempelajari Alqur'an/ilmu sehingga banyak bermunculan ilmuwan-ilmuwan Islam yang tidak terkenal dan yang terkenal hingga sekarang.

Be Smart!

Monggo disimak video berikut teman-teman kita yang sedang berdakwah dengan apa yang mereka punya, kita pun bisa berdakwah dengan sekecil apapun yang kita bisa kok,

Q.s. Al-Zalzalah: 7

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرةٍ خَيْرًا يَرَهُ
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.





Siapapun Boleh Membaca Alqur'an Membaca Terjemahannya dan Menafsirkannya
Diubah oleh annadhir 15-08-2016 08:46
0
8.7K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.