Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aquadingiinAvatar border
TS
aquadingiin
Cara-cara Unik Warga Jakarta Mengakali Peraturan Ganjil Genap
Seminggu sudah uji coba pembatasan pelat mobil ganjil genap dilakukan di Jakarta. Uji coba ini akan berlangsung sampai dengan 26 Agustus 2016 mendatang. Papan pemberitahuan pun tersebar di sejumlah titik sebagai salah satu langkah sosialisasi kepada warga.

Quote:

Peraturannya sih sederhana. Selama pukul 07.00 – 10.00 dan 16.00 – 20.00, Jl. Sisimangaraja, Jl. Sudirman, Jl. MH. Thamrin, Jl. Medan Merdeka Barat, dan sebagian Jl. Gatot Subrotohanya boleh dilintasi oleh kendaraan bernomor polisi ganjil pada tanggal ganjil dan kendaraan bernomor polisi genap pada tanggal genap. So, Agan harus selalu cek kalender sebelum meninggalkan rumah.

Peraturan ini berlaku untuk seluruh kendaraan dari Jakarta maupun luar kota, kecuali mobil dinas kenegaraan, kendaraan dinas pemerintah, mobil pemadam kebakaran, ambulans, angkutan barang dan sepeda motor, serta angkutan umum plat kuning.

Efeknya memang sedikit terlihat, Gan. Tapiii kita belum bisa menyimpulkan apa-apa sampai aturan ini benar-benar diterapkan selama beberapa waktu. Alasannya tentu aja karena lama kelamaan para warga bisa menemukan berbagai macam cara untuk mengakali aturan ini. Berikut di antaranya:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Sebenarnya peraturan ganjil genap ini gak baru berlaku di Jakarta kok. Sebelumnya ibu kota negara Kolombia, yaitu Bogota udah mengimplementasikan sistem ganjil genap ini sejak tahun 2000. Bedanya sistem mereka lebih kompleks namun cerdik, Gan, di mana digit terakhir nomor polisi kendaraan di sana diacak setiap tahunnya, sehingga warga pun kesulitan untuk mengakalinya. Tapiii penerapannya juga diimbangi dengan sistem Bus Rapid Transit atau busway. Bukan cuma di Bogota, sistem ini juga dinilai berhasil di kota lain, seperti Beijing.

(sumur: http://smartcity.jakarta.go.id/blog/...ap-di-jakarta)

Apabila segala dampak dari aturan ganjil genap ini diatasi dengan maksimal, pemerintah pasti bisa menyukseskan sistem ini kok. Tentu aja didukung sama kesadaran dari masing-masing warga, Gan. Udah saatnya deh kita beralih ke transportasi umum. Ataaau Agan juga bisa cari-cari di situs iniperusahaan-perusahaan yang menyediakan bus antar jemput karyawan. Jadi buat yang masih kurang nyaman naik kendaraan umum, bisa dimudahkan dengan fasilitas tersebut. Gratis pula!

Nah, menurut Agan apa lagi sih cara unik yang bisa dilakukan warga untuk mengakali peraturan ganjil genap? Dan kira-kira tindakan apa yang perlu diambil pemerintah untuk mengatasinya? Langsung komen di bawah ya, Gan!


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh aquadingiin 22-11-2016 02:01
0
15.5K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.