Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

homeless.catAvatar border
TS
homeless.cat
OJK Bakal Bebaskan Uang Muka Pembelian Kendaraan Bermotor


Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana membebaskan uang muka (down payment/DP) bagi masyarakat yang ingin membeli kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Namun, fasilitas bebas DP tersebut hanya berlaku bagi nasabah korporasi atau individu yang memiliki rekam jejak kredit yang baik.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (OJK) Firdaus Djaelani mengatakan nasabah yang memiliki profil risiko yang rendah, selalu mendapat prioritas pelayanan dari bank maupun perusahaan pembiayaan.

“Oleh karena itu nasabah korporasi dan individu yang dipercaya perusahaan pembiayaan sudah tidak perlu lagi pakai uang muka," ujar Firdaus di kantor pusat OJK, Jumat (29/7).

Namun, OJK tidak akan sembarangan mengizinkan perusahaan pembiayaan menghapuskan kewajiban DP bagi nasabahnya yang bersih dari masalah kredit macet. Firdaus mengatakan, hanya perusahaan pembiayaan yang memiliki rasio pembiayaan bermasalah (Non Performing Finance/NPF) di bawah 1 persen selama tiga tahun terakhir yang bisa memberikan fasilitas tersebut kepada nasabahnya.

"Iya intinya itu. yang penting dirata-rata harus di bawah 1 persen dalam 3 tahun," kata Firdaus.

Dia mengatakan alasan dibebaskannya uang muka tersebut bertujuan untuk mendongkrak penjualan industri otomotif yang saat ini lesu akibat daya beli menurun. Di samping itu, OJK juga ingin mendongkrak pertumbuhan penyaluran kredit perusahaan pembiayaan khususnya di sektor otomotif.

“Kami ingin dorong pertumbuhan industri otomotif, tapi secara tidak langsung kita juga ingin dorong pertumbuhan industri pembiayaan," jelasnya.

Ia mengatakan pembebasan uang muka tersebut akan dikemas dalam bentuk payung hukum Peraturan OJK (POJK). Ia menargetkan pembentukan POJK akan tuntas pada Agustus mendatang.

"Dari 270 perusahaan mungkin kita bisa mulai dari 10-15 perusahaan yang memang siap tanpa uang muka dan memiliki NPF kecil," jelasnya.

sumur:
http://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20160729150956-78-147928/ojk-bakal-bebaskan-uang-muka-pembelian-kendaraan-bermotor/


buat mereka-mereka
yg nafsunya gede tabungan kurang
atau
yg emang hobi nya nyicil
dipersilahkan manfaatkan kesempatan
emoticon-Big Grin




0
2.7K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.