Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Lospeker Toa: dari masjid sampai bioskop misbar

TOA | Toa adalah lospeker trompret dan sebaliknya. Sebagai istilah dia bisa tak bermasalah, diterima apa adanya.
Pecah amuk di Tanjungbalai, Sumatera Utara, pekan lalu (29/7/2016) bermula dari keberatan seorang warga terhadap lospeker masjid.

Tentang lospeker (loudspeaker, pengeras suara) untuk masjid, kemarin Redaksi sudah menulis panduan (30/7/2016). Sumbernya adalah Instruksi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor Kep/D/101/1978.

Kurang jelas sejak kapan lospeker masjid, yang terlalu keras, dipersoalkan. Tiga puluh empat tahun silam, tokoh Islam Abdurrahman Wahid menulis kritik di Tempo, "Islam Kaset dan Kebisingannya", terhadap penggunaan pengeras suara dan kaset di masjid (Santri Gusdur).

Cerita di luar kerusuhan ada dalam infografik. Ada persoalan kebahasaan di situ, misalnya Toa sebagai jenama akhirnya menjadi nama benda.

Berita, Google, dan cuitan Twitter membuktikan bahwa "toa" dan "lospeker" itu laku.

Tentu berita seputar toa masjid tak hanya berisi gesekan sosial, karena ada juga warta kriminal biasa. Misalnya dari Kota Kotamobagu, Sulewesi Utara: "Toa Masjid pun Jadi Sasaran Maling" (Totabuanews, 23/7/2016).

Selain "toa" dan "lospeker", tentu saja kata "pengeras suara" banyak dipakai. Misalnya dalam warta tentang langkah Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk menata tata suara di masjid (JPNN, 27/7/2015).

Sebagai barang antik, lospeker trompet alias selompret biru tua cap Toa, model TC-25B yang berdiameter 50,9cm, itu ada yang menjajakannya dari Cilegon, Banten. Harga penawaran: Rp350.000.

Ibu Bety Zulfa, si penjual, menyebut lospekernya, "Pada masa lalu banyak dipakai untuk hajatan atau untuk speaker bioskop misbar (gerimis bubar)."
Tulisan lama Gus Dur ttg TOA masjid, masih relevan >> Islam Kaset dan Kebisingannya - [URL="https://S E N S O R3nawHBrq3w"]https://S E N S O R3nawHBrq3w[/URL]
— akhmad sahal (@sahaL_AS) July 31, 2016 Si epul jail banget sih nelpon gue abis itu suara nya di lospeker di toa masjid -_- kena deh di acara cememew
— Fenisa sesaria (@venisasesa) July 18, 2013


Sumber : https://beritagar.id/artikel/infogra...bioskop-misbar

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
15.2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread733Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.