Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deannugrahaAvatar border
TS
deannugraha
Tips mudah pindah ke rumah baru
Tips mudah pindah ke rumah baru


Hai gan.. Gue mau tanya nih,  disini siapa yang ada rencana untuk pindah rumah? Hehehe.. Jangan2 cuma gue dimari yang berencana pindah rumah dalam waktu deket ini. emoticon-Big GrinAtau mungkin ada yang punya pengalaman waktu pindah rumah dulu?  Pasti ada ya beberapa. emoticon-Big Grin

Disini gue pengen sekedar share aja, gimana tips2 waktu kita pindah rumah baru biar pindah rumah terasa lebih mudah. Mau tau apa aja? Yuk simak dibawah ini :


1. Memberi tanda/label pada setiap dus

Tips mudah pindah ke rumah baru

gak ada yang lebih menjengkelkan dari pada merobek kotak karena kita gak tau apa isi dalam boks bawaan kita. Untuk mempermudah mengenali barang bawaan, saat melakukan pengepakan, beri label pada tiap isi kotak. Hal ini bisa mempermudah pekerjaan kita saat merapikan kembali barang bawaan. Dengan memberi label, kita akan tahu apa isi kotak kemasan yang kita bawa. Memberi label pada kotak pun bisa mempermudah kita untuk melakukan pengecekan kembali terhadap barang yang hendak dibawa.

Cerita sedikit, waktu itu gue pindahan kerumah KPR yang gue ambil dari Bank C*MB Niaga. Alasan gue ambil KPR disini adalah karena mereka produknya punya skema bunga tetap (fixed) yang kompetitif untuk pembelian properti melalui developer.  Malah sekarang bisa bunga 0% juga kalau digabung sama tabungan. Waktu itu juga gue nerapin tips2 ini pas baru pindah kerumah baru. emoticon-Big Grin


2. Mengukur ruangan sebelum memindahkan perabotan

Tips mudah pindah ke rumah baru

Saat ingin mengatur ruangan yang akan diisi perabotan, ada baiknya kita mengukur luas ruangan. Jangan memindahkan perabotan sebelum mengukur area yang akan ditempati. Ada banyak keuntungan jika kita melakukan pengukuran sebelum memindahkan barang. Pertama, dapat mencegah kecelakaan yang mungkin bisa membuat perabotan kita lecet atau tergores. Ini juga sangat membantu ketika kita pergi berbelanja mebel, bisa mengetahui ukuran meja dan kursi yang pas jika ingin diletakkan dalam sebuah ruangan.


3. Ukur Jendela

Tips mudah pindah ke rumah baru


Seiring dengan ruangan, penting untuk diingat dimana posisi jendela, karena mungkin kita tidak ingin memblokir sumber cahaya alami. Dengan mengetahui panjang jendela, juga akan memberikan ide yang lebih baik dimana kita dapat meletakkan meja kursi serta perabotan lain dan juga ornamen dinding mulai dari lukisan dan juga foto keluarga secara proporsional.


4. Minta Bantuan

Tips mudah pindah ke rumah baru


Minta bantuan orang lain untuk merapikan barang dan membawa ke tempat baru. Ini juga tergantung dari berapa banyak perabotan yang kita bawa saat pindah. Jika tak terlalu banyak, bantuan dari keluarga dekat pun mungkin sudah cukup. Karena memiliki lebih banyak orang untuk membantu akan meringankan beban.


5. Tentukan Waktu yang tepat untuk pindah

Tips mudah pindah ke rumah baru


Mulailah bergerak pindah rumah saat kita memiliki waktu luang, misalnya saat akhir pekan. Usahakan bergerak pindah rumah pada pagi hari. Kita bisa memiliki waktu yang panjang untuk membawa barang-barang berat.


6. Siapkan kendaraan

Tips mudah pindah ke rumah baru

Jika kita menyewa truk, lakukan pengecekan harga paling lambat satu minggu sebelum pindah rumah. Agar kita bisa lebih leluasa melakukan tawar menawar harga sewa, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik.


7. Jangan pindahkan semua barang dalam satu kali perjalanan


Tips mudah pindah ke rumah baru

Jika tidak mungkin, jangan paksakan memindahkan semua barang dalam satu perjalanan. Saat pengepakan sebaiknya pisahkan barang elektronik yang akan dibawa seperti TV, laptop, kaca dan barang-barang berat lainnya menjadi perjalanan kedua. Jika memungkinkan bawa barang elektronik dengan mobil. Kecuali jika kita akan menempuh jarak yang sangat panjang, metode ini biasanya bisa bekerja lebih baik, karena barang-barang elektronik dan kaca sangat rentan pecah atau rusak, sehingga harus lebih hati-hati membawanya.


8. Lindungi barang pecah belah

Tips mudah pindah ke rumah baru

Saat pindahan, barang pecah belah seperti piring dan gelas juga butuh perhatian ekstra. Karena membungkus piring dan gelas dengan koran tidak efisien dan memakan waktu. Agar tidak pecah karena goncangan saat berada dalam truk atau mobil, beri alas handuk pada boks sebagai wadahnya. Selanjutnya, tumpuk piring dan gelas dengan hati-hati dalam boks. Pastikan untuk melapisi sisi bawah dan sisi atas dengan handuk tebal. Gunakan handuk sebanyak yang kita butuhkan. Dengan cara ini, dijamin barang pecah belah kita akan selamat dan aman selama di perjalanan. Usahakan mengangkutnya tidak menggunakan truk, karena guncangannya, bisa bisa membuatnya pecah.


9. Jangan memaksakan diri

Tips mudah pindah ke rumah baru

Setelah berhasil mengangkut barang ke rumah baru, kita pasti pusing untuk merapikannya kembali. Jangan terlalu memaksakan diri. Istirahatkan diri sebelum merapihkan semua perabotan. Karena bergerak membutuhkan waktu dan energi. Jika waktu istirahat telah cukup kita bisa membongkar dan mengatur kembali perabotan kita.


10. Jangan terburu2 membeli

Tips mudah pindah ke rumah baru

Ketika berbelanja, kita mungkin melihat barang yang menurut kita akan cocok jika diletakkan dalam rumah baru dan langsung membelinya. Coba tahan godaan itu, karena rumah yang ingin dirancang dengan sempurna pun butuh waktu. Pastikan kita tidak terburu nafsu untuk membeli perabotan tambahan. Coba pertimbangkan dan sesuaikan mana barang yang lebih cocok dan mana yang tidak sesuai untuk rumah kita. Idealnya, kita butuh waktu dua bulan untuk mengganti beberapa item yang dirasa pas untuk setiap ruangan dalam rumah kita.


Begitulah tips dari gue. Kalo agan dan sista punya tips lain boleh loh diposting disini. emoticon-Big Grin

Quote:

Diubah oleh deannugraha 01-08-2016 08:26
0
4.3K
55
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.