Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Rehat sejenak para menteri yang dicopot Jokowi
Rehat sejenak para menteri yang dicopot Jokowi
Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan berjabat tangan dengan Rizal Ramli ketika mengikuti serah terima jabatan Menko Bidang Kemaritiman di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (28/7).

Perombakan kabinet pimpinan Presiden Joko Widodo, Rabu (27/7/2016) menyisakan kisah haru bagi menteri yang dicopot dari jabatannya. Setelah menyerahkan jabatannya dan berpamitan, ke mana para mantan menteri itu akan melanjutkan karirnya? Istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan karirnya di berbagai bidang menjadi pilihan sebagian besar para mantan menteri itu.

Igantius Jonan yang dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Perhubungan mengatakan belum tertarik mengambil tawaran pekerjaan. Ia pun mengatakan belum kepikiran masuk partai politik. "Saya kepingin jalan-jalan dulu," kata Jonan melalui Antaranews.

Posisi Jonan diganti oleh Budi Karya Sumadi yang merupakan Direktur Utama Angkasa Pura II. Jonan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla karena sudah memberikan kesempatan untuk mengabdi di bidang transportasi selama 21 bulan sejak dilantik.

Beristirahat sejenak dari urusan negara juga menjadi pilihan Sudirman Said. Usai diumumkan menjadi salah satu menteri yang dirombak, Said mengungkapkan akan segera pulang ke kampung halaman setelah menyerahkan jabatannya.

Sudirman Said resmi digantikan oleh Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. "Habis ini kegiatan ya pulang kampung. Ke Brebes, lewat Brexit. Ingin berjualan telur," ujarnya dikutip Tribunnews.

Istirahat sejenak dan berkumpul bersama keluarga juga menjadi pilihan Anies Baswedan yang dicopot sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan diganti Muhadjir Effendy.

Anies menyatakan tetap berkomitmen di dunia pendidikan meski dicopot dari jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Anies akan aktif kembali di gerakan Indonesia Mengajar yang telah lama ia geluti. "Saya pergi tidak akan jauh-jauh dari dunia pendidikan. Saya akan terus," ujar Anies kepada Kompas.com.

Sedangkan Rizal Ramli hanya memberikan puisi karya WS Rendra ketika ditanya rencana setelah tak lagi menjadi menteri. Rizal dicopot dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan digantikan oleh Luhut Binsar Padjaitan.

Rizal Ramli mengatakan walaupun tidak lagi menjabat sebagai menteri, dirinya akan tetap berkontribusi untuk mengubah Indonesia ke arah yang lebih baik. "Saya bacakan puisinya Rendra ya, dia katakan kemarin dan esok adalah hari ini, bencana dan keberuntungan sama aja, langit di luar, langit di badan bersatu dalam jiwa," kata Rizal.

Menteri lain yang dicopot adalah Yuddy Chrisnandi. Politisi Partai Hanura ini mengaku mendapatkan tawaran dari Jokowi untuk tetap membantu pemerintah selepas menanggalkan jabatannya sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang kini dijabat Asman Abnur.

Tawaran itu disampaikan ketika Presiden Jokowi memanggil sejumlah menteri ke Istana Negara, sehari sebelum pengumuman. Kepada Jokowi, Yuddy mengatakan keinginannya menjadi duta besar. Dikutip Okezone, Yuddy mengatakan menjadi duta besar membuatnya memiliki kesempatan menulis dan waktu mengajar.

Sedangkan bagi Ferry Mursyidan Baldan, jabatan menteri lepas akan mengembalikan posisinya sebagai politisi. Ferry diganti Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang . "Saya kembali menjadi politisi sepenuhnya," kata politisi Partai NasDem ini.
(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6&appId=1643543942554049"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));Rehat sejenak para menteri yang dicopot Jokowi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...dicopot-jokowi

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
5.1K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread743Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.