moraikoAvatar border
TS
moraiko
Luhut Menjabat, Nelayan Ketakutan
RMOL. Para nelayan yang sehari-hari mencari ikan di Pantai Utara Jakarta mengaku khawatir setelah Rizal Ramli lengser dari kursi Menko Kemaritiman.

Ditakutkan, Menko Kemaritiman yang baru, Luhut Panjaitan, akan menganulir kebijakan Rizal Ramli bersama Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Lingkungan Hidup tentang penghentian pembangunan Pulau G serta pulau-pulau buatan lainnya di pantai utara Jakarta.

"Nelayan sangat terkejut (Rizal Ramli diganti), nelayan ketakutan, khawatir Luhut tidak mendukung nelayan. Mudah-mudahan dia mendukung nelayan soal reklamasi," kata Ketua Komite Nelayan Tradisional (KNT), Iwan, kepada Kantor Berita Politik RMOL di kantor LBH Jakarta, Menteng, Jumat (29/7).

Iwan mengakui para nelayan selama ini sangat mengapresiasi kebijakan Rizal Ramli selama menjabat Menko Kemaritiman yang pro nelayan kecil.

"Kebijakan Rizal Ramli itu sangat mendukung nelayan, dan sangat mengerti posisi nelayan," kata dia.

Dalam pemantauannya, sampai sekarang pembangunan di Pulau G masih terhenti sesuai arahan Rizal Ramli. Namun Pulau G dijaga ketat oleh aparat keamanan, dan nelayan dilarang mendekat.

"Belum jadi saja menyiksa nelayan, apalagi sudah jadi. Belum jadi saja enggak boleh mendekat, apalagi sudah jadi," kata dia.

Kalau pembangunan Pulau G dan pulau buatan lainnya dilanjutkan, aktivitas nelayan tangkap dan budidaya kerang di Pantai Utara Jakarta akan dirugikan. Nelayan Jakarta yang masih menangkap ikan di sekitar pulau-pulau buatan mendapat jumlah tangkapan lebih sedikit dari sebelum ada proyek reklamasi.

Jika sebelum adanya kegiatan reklamasi budidaya kerang para nelayan bisa menghasilkan 5 ton kerang, saat ini hanya 1,5 ton.

Ia juga mengingatkan Presiden Jokowi agar tidak mengkhianati masyarakat kecil dan kaum nelayan yang menjadi pendukungnya ketika mencalonkan diri di Pilpres 2014.

"Jokowi bisa ke Istana digiring oleh wong cilik, masyarakat jelata. Jokowi harus mengingat itu. Dia berdiri di Istana karena masyarakat kecil, maka jangan menindas masyarakat kecil dan jelata," pungkas Iwan. [ald]

http://m.rmol.co/read/2016/07/29/255019/Luhut-Menjabat,-Nelayan-Ketakutan-

Yah emang harus takut, wong luhut anak emas benny moerdani si jagal petrus sampe kerusuhan mei itu kok
0
3.2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.