Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zidniiiAvatar border
TS
zidniii
7 Hal yang Perlu Kamu Reshuffle dari Hidupmu Agar Lebih Bahagia
"If you don't think your anxiety, depression, sadness and stress impact your physical health, think again. All of these emotions trigger chemical reactions in your body, which can lead to inflammation and a weakened immune system. Learn how to cope, sweet friend. There will always be dark days." Kris Carr

Apakah akhir-akhir ini kamu sering merasa lelah berkepanjangan padahal beraktivitas secara biasa? Atau kamu merasa cemas dan bersedih terus-menerus, meskipun tidak ada suatu alasan yang jelas. Bisa jadi kamu sedang mengalami gejala awal dari depresi. Secara umum, depresi bisa memperburuk kondisi fisikmu seperti mudah sakit atau memang setiap manusia akan menghadapi berbagai masalah dalam hidup, akan tetapi ada banyak cara agar kamu tetap bisa menjalani hari dengan penuh harapan. Jika kamu merasakan gejala seperti disebutkan di atas, coba cek kembali 7 hal di bawah ini agar kamu bisa lebih bahagia.


Jam Berapa Kamu Bangun pada Pagi Hari?


Photo credit: Uratex

Ketika kamu bangun terlalu siang, kamu akan cenderung merasa lelah seharian. Perasaan ini akan terbawa dan membuatmu stres. Cobalah bangun sedikit lebih pagi atau jangan tidur lagi sesudah beribadah pagi. Waktu setengah hingga satu jam itu akan memberimu waktu yang cukup untuk bersiap-siap, sarapan dengan lebih tenang, bahkan jogging keliling kompleks. Hal pertama yang kamu lakukan pada pagi hari akan memberikan pengaruh yang signifikan bagi dirimu. Maka dari itu, hindari menonton infotainment atau membaca berita yang terlalu berat. Alternatifnya, kamu bisa melakukan meditasi. Memusatkan pikiran pada hal-hal penting yang akan kamu kerjakan hari ini atau menyiapkan ‘hiburan’ di akhir hari. Misalnya kamu bisa merencanakan bertemu dengan sahabat masa kuliah atau makan malam di tempat favoritmu. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di pagi hari dan hal-hal positif ini akan memberimu semangat untuk menjalani hari.


Jam Berapa Kamu Tidur pada Malam Hari?


Photo credit: Inlife Health Care

Untuk menjawab pertanyaan pertama, barangkali kamu akan menghubungkannya dengan waktu istirahat di malam hari. Kamu berasumsi kalau kamu tidak akan mungkin bangun pagi karena hampir selalu tidur larut malam. Sebenarnya orang dewasa membutuhkan sekitar enam hingga tujuh jam tidur di malam hari agar dapat beraktivitas dengan maksimal. Apalagi, menurut para dokter, sebaiknya kamu tidak begadang karena akan mengganggu sistem ekskresi tubuh. Ketika kamu tidak dapat buang air dengan normal, tubuhmu menyimpan racun yang jelas akan membuatmu kurang sehat. Namun begitu, kamu juga harus memastikan bahwa kamu memiliki waktu tidur yang berkualitas. Hindari scrolling timeline media sosial sebelum tidur karena justru akan menyulitkanmu untuk terlelap.


Apakah Kamu Terlalu Banyak Pikiran Hingga Tidak Dapat Tidur?
Sehubungan dengan pertanyaan kedua, mungkin kamu merasa telah cukup tidur. Sayangnya, kamu hampir selalu terbangun di malam hari atau sering mengalami mimpi buruk. Kamu pun merasa tidur tidak banyak membantu dalam menjaga kesehatanmu. Meskipun sulit, ringankan pikiranmu sebelum tidur. Apapun masalah yang sedang kamu hadapi, kamu masih memiliki esok hari untuk menyelesaikannya. Saat ini, kamu membutuhkan istirahat yang optimal agar kamu bisa kembali beraktivitas. Ada sebuah kutipan yang pernah saya dengar bahwa salah satu kunci untuk lebih bahagia adalah memaafkan semua orang yang pernah menyakitimu tepat sebelum tidur di malam hari. Perasaan yang lebih tenang akan membuat tidurmu nyenyak.


Bagaimana Hubunganmu dengan Orang Terdekatmu?


Photo credit: Buzzfeed

Kualitas kebahagiaanmu sedikit banyak akan dipengaruhi oleh orang-orang terdekatmu atau orang-orang yang sering berinteraksi denganmu. Sebagai contoh, sahabat, pacar, atau rekan kerja. Jika kamu kebanyakan bergaul dengan orang-orang yang sering bergosip atau suka mengeluh, tentu saja perasaanmu akan menjadi negatif. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang bekerja keras, positive thinking, dan inspiratif. Dari mereka, kamu akan belajar menghadapi kesulitan hidup dengan elegan. Kamu akan memahami bahwa masalah hidup tidak akan selesai dengan keluhan. Yang harus kamu lakukan adalah mencari solusi dan tetap tersenyum.


Bagaimana Kamu Menampilkan Dirimu di Media Sosial?


Photo credit: Aluratek

Skripsi ditolak pembimbing, kamu curhat lewat status di Facebook. Dicuekin gebetan, kamu membuat ‘pidato’ di Path. Kamu ingin semua orang melihatmu sebagai orang yang paling layak dikasihani. Kamu berpikir, dengan menyampaikan keluh-kesahmu di media sosial, orang-orang akan berempati kepadamu. Sahabat Trivia, semakin banyak orang yang mengetahui masalahmu, tidak akan membuatmu merasa lebih ringan. Justru kamu akan menghadapi kemungkinan orang-orang yang menganggapmu lebay atau ratu drama. Jika kamu benar-benar ingin mencari solusi terbaik, konsultasi dengan psikolog merupakan langkah yang bisa kamu lakukan. Orang-orang yang telah ahli dan berpengalaman lebih mengerti apa yang terjadi padamu dan bisa memberikan jalan keluar yang lebih efektif.


Berapa Kali Kamu Berolahraga dalam Seminggu?


Photo credit: learnenglishteens.britishcouncil.org

Jika kamu lebih sering murung saat bercermin, periksa kembali kapan terakhir kali kamu berolahraga. Olahraga tiga kali seminggu akan sangat baik untuk meningkatkan hormon endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Olahraga juga dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dalam tubuh. Berenang, zumba, atau yoga bisa kamu pertimbangkan karena gerakannya menyenangkan dan tidak membosankan. Ketika kamu berolahraga secara rutin dan menikmatinya, lama kelamaan kamu akan merasa lebih gembira. Selain itu, ketika kamu berolahraga, kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru yang berpotensi menjadi teman dekat karena hobi yang sama.


Apa yang Kamu Lakukan untuk Menghibur Dirimu?

Saat kamu sedang penat, kamu cenderung untuk mencari hiburan. Namun, tidak semua hiburan memberi efek jangka panjang dalam meningkatkan kebahagiaanmu. Misalnya, kamu merasa harus merokok atau minum minuman beralkohol untuk melepaskan ketegangan, kamu harus segera mencari hiburan yang lebih baik. Hal-hal itu hanya memiliki efek sementara dan justru akan merugikan kesehatanmu. Contoh lain, ketika kamu sedih, kamu merasa lapar dan makan lebih banyak. Kamu menjadikan kesedihanmu sebagai penyebab bertambahnya berat badanmu. Sementara, setiap kamu melihat cermin, kamu merasa lebih buruk. Gantikan cemilan penuh gulamu dengan buah-buahan, susu rendah lemak, teh hijau, atau kamomil yang terbukti dapat menggantikan zat kimia sebagai obat pereda stres. Selain itu, kamu bisa mencoba menuliskan perasaanmu di buku harian, membaca buku bertemakan self-help atau menonton film komedi. Simpan dulu koleksi novel roman yang mengingatkanmu akan statusmu sebagai single. Usahakan untuk lebih banyak tertawa yang akan meningkatkan semangatmu untuk beraktivitas.

Selain langkah-langkah di atas, kamu harus selalu ingat bahwa begitu banyak orang di luar sana yang pasti mengalami masalah lebih berat dari dirimu. Kalau mereka masih bisa menjalani hidup dengan penuh kegembiraan, mungkin kamu hanya harus mengubah cara pandangmu terhadap masalah. Belajarlah untuk lebih bersyukur agar kamu bisa lebih bahagia dan menikmati hidup.

Sumber Thread :
Sering Merasa Depresi? Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Reshuffle dari Hidupmu Agar Lebih Bahagia

Artikel yang sudah pernah Hot Thread nih gan :
Berikut Rahasia Menghadapi Pasangan yang Sedang Sensitif Ketika Datang Bulan

Cara unik mengekspresikan cinta dari berbagai belahan dunia

Agan anak pertama , tengah atau terakhir ? Yuk kenali pribadi agan dari urutan lahir

5 foto tragis hewan langka ini akan membuatmu lebih memahami makna hari bumi

Tak Selamanya Kisah Penyair Indonesia Seindah Puisinya

Ini dia Raja Ampatnya Indonesia bagian barat. Yuk Kesiini Gan

Ini Dia 11 Museum di Dunia yang Paling Menakjubkan & Harus Dikunjungi!

11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia Ini Membuat Betah Membaca

10 Saran Untuk Diri Sendiri Ketika Saya Berumur 20an

5 Alasan Anggota Pecinta Alam Harus Menuliskan Kisah Perjalanannya

Tips Aman Bermain Pokemon GO yang Harus Agan Tahu

5 Kenangan pada Hari Pertama Sekolah. Apakah Agan juga Mengalaminya?

Ini Tempat yang Cocok untuk Agan Berlibur Berdasarkan Kepribadian

Jika threadnya menginspirasi agan boleh bagi

0
2K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.