Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

membarraaAvatar border
TS
membarraa
Archandra Tahar Gantikan Sudirman Said sebagai Menteri ESDM


Jakarta, EnergiToday-- Terkait dengan isu resuffle kabinet Jokowi semakin kencang berhembus. Berbagai media telah memberitakan, Presiden Jokowi melarang para menterinya untuk keluar kota. Pasalnya, hingga Selasa (26/7) malam beberapa menteri sudah dipanggil ke Istana Negara. Sebut saja Menteri Perdagangan (Thomas Lembong), MenPAN RB (Yuddy Chrisnandi), Menteri Perindustrian (Saleh Husin), Menteri PPN (Sofyan Djalil) hingga Menteri ESDM Sudirman Said.

Dari berbagai sumber yang layak dipercaya, Sudirman Said akan digantikan oleh Dr Arcandra Tahar nama yang dikalangan publik mungkin belum banyak dikenal namun di dunia internasional sudah cukup disegani. Arcandra saat ini Presiden di Petroneering Houston di Texas. Perusahaan ini bergerak dibidang energi dan minyak. Setidaknya sudah 2 tahun 10 bulan menjabat sebagai Presiden sejak Oktober 2013. Sebelum menjabat sebagai Presiden di Petroneering, Arcandra memiliki posisi sebagai Principal Horton Wison Deepwater Inc sejak Oktober 2009 hingga Oktober 2013. Juga pernah bekerja di AGR Deepwater Development System Inc, di Hydrodynamics Lead Floa TEC LLC dan berbagai perusahaan internasional lainnya.

Menyelesaikan S1 di Teknik Mesin ITB dan kemudian bekerja di Andersen Consulting demi memiliki uang agar dapat melanjutkan kualiahnya ke S2 nya di Amerika. Arcandra melihat ada peluang sebab waktu itu PT Timah membuka beasiswa S2 dan pria ini sangat yakin bisa lolos seleksi.

Kuliah S2 di texas A&M University Amerika diselesaikan dengan baik hingga kembali ke Indonesia malah berniat membenahi PT Timah yang waktu itu kondisinya sekarat. Dengan mempertimbangkan banyak hal, akhirnya dirinya malah melanjutkan S3 di Amerika juga dengan beasiswa. Sejak saat itulah Arcandra melanglang buana di Amerika dan bekerja di berbagai perusahaan internasional.

Meski tinggal di Amerika, kepeduliannya atas tanah kelahirannya sangat tinggi. Dia lah yang berada dibalik negosiasi dan keberhasilan Presiden Joko Widodo menarik kembali dikuasai Indonesia. Artinya eksplorasi harus dilakukan onshore bukan offshore. Pria dengan 2 anak ini memiliki karya fenomenal berupa hak paten tentang desain Offshore di Amerika. Berbagai kalangan bakal terkejut dengan pergantian ini namun yang jelas, salah satu kandidat pengganti menteri ini memiliki prestasi internasional bukan level nasional.

Presiden sendiri menurut orang terdekatnya memberi sanjungan atas masukan Arcandra soal blok Masela. Bahkan pria berpenampilan sederhana ini menjadi teman berbincang presiden terkait sumber daya alam di Indonesia bila sedang berada di Tanah Air.

Biodata Dr Archandra Tahar

Nama Lengkap: Dr Arcandra Tahar

Pendidikan :

ITB Teknik Mesin : 1989 -1994

Texas A&M University Ocean Engineering : 1996 – 1998

Texas A& M Univeristy Ocean Engineering (Doctor of Philosophy) : 1998 – 2001


Riwayat Pekerjaan:

Presiden Petroneering :2013-2016

Principal Horton Wison Deepwater : 2009 – 2013

Principal dan Presiden Asia Pasific AGR Deepwater Development System : 2007-2009

Hydronynamics Lead FloaTec LLC 2006 – 2007

Peneliti Technip Offshore : 2001 – 2006

Asisten Peneliti Offshore Technology Research Center : 1997 – 2001

Technical Advisor Noble Denton : 2000


Skill: Product Development, Wave Basin Model Testing, Offshore Field Measurement, Deepwater Platform Design and Analysis (Spar, TLP and Semisubmersible), FPSO Analysis, Shallow Water Platform Design and Analysis (Buoyant Tower), Mooring Design andAnalysis, Riser Design and Analysis, Naval Architecture, Hydrodynamics, Software Development, Asset Integrity Management, Wave Energy, Offshore Drilling. [us]

http://energitoday.com/2016/07/archa...-menteri-esdm/
0
1.7K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.