Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sidayuextrim10Avatar border
TS
sidayuextrim10
Kurangi Jumlah Parpol di Parlemen, NasDem Usul Parliamentary Threshold 7%
MedanBisnis - Jakarta. Partai Nasional Demokrat mengusulkan agar ambang batas parpol bisa menempatkan wakilnya di Dewan Perwakilan Rakyat atau Parliamentary Treshold (PT) naik dari 3,5 persen menjadi 7 persen. NasDem akan memperjuangkan usul tersebut dalam pembahasan revisi undang-undang tentang pemilihan umum anggota legislatif di DPR nanti.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, konsekuensi dari kenaikan PT ini akan mengurangi jumlah partai politik di DPR RI. Namun pengurangan jumlah partai di parlemen ini akan berdampak bagus bagi demokrasi karena secara langsung akan menjadi pendidikan politik bagi masyarakat.

"Kita tidak boleh mabuk pada era multipartai ini. Dari sepuluh harus menjadi lima partai. Itulah perjuangan politik gagasannya NasDem," kata Surya Paloh seperti keterangan tertulis yang dikirimkan DPP Partai NasDem ke redaksi detikcom, Rabu (20/7/2016).

Untuk itu Surya Paloh memberikan perintah kepada Ketua Fraksi Nasdem di DPR Viktor Laiskodat dan Ketua Bappilu Enggartiasto Lukita untuk segera menyusun draf revisi UU Pemilu bersama rekan-rekannya di Komisi II.

"Ketua Fraksi setelah acara ini harus memikirkan langsung dan Ketua Bappilu karena sudah masuknya RUU dari eksekutif ke legislatif. Nasdem akan tetap," tegasnya.

Kementerian Dalam Negeri telah merampungkan draf rancangan revisi undang-undang tentang pemilu. Rencananya draf tersebut akan dikirim ke Presiden pekan depan.

"Sekarang sudah selesai draf kami. Mudah-mudahan minggu depan kami serahkan ke Setneg, Setneg yang akan menyerahkan (ke Presiden). Setneg nanti menjadwalkan ratas (rapat terbatas)," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/7/2016) kemarin.

Dalam draf RUU Pemilu yang disusun Kemendagri, Tjahjo memasukkan dua pilihan terkait ambang batas itu. Opsi-opsi tersebut juga berdasarkan masukan sejumlah pihak terkait.

"Hasil pertemuan kami dengan DKPP, Bawaslu, KPU, kita sedang mencari formula yang tepat. Hingga draf kami juga merangkum masukan dari ketiga ini dulu. Kemudian ada opsi I, opsi II," jelas Tjahjo. (dtc)

http://www.medanbisnisdaily.com/m/news/read/2016/07/20/246506/kurangi-jumlah-parpol-di-parlemen-nasdem-usul-parliamentary-threshold-7persen/
0
3.1K
46
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.