Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sukaraja Bogor yang terlupakan, Pangeran Sogiri, P. Sake dan Mbah Haji Abdullah GGBD

qie.tankianAvatar border
TS
qie.tankian
Sukaraja Bogor yang terlupakan, Pangeran Sogiri, P. Sake dan Mbah Haji Abdullah GGBD
eyang H Abdullah mendapatkan ilmu GGBD itu dr G. Gede, hasil tirakat/tapa(hindu). gurunya adalah seorang gaib, katanya sih khodam jin Pangeran Sarean yg berwujud macan (itu dr situs resmi Padjadjaran nasional (skrg domainnya di hapus).. dr sejarah, pangeran sarean (yg manusia) itu masih keturunan dr cirebon dan bersambung ke pajajaran..
ohiya, ane pernah bikin tread ini tp malah di ketawain dan di bilang hoax, di bilang bodoh lah.. (tp sbnnya kan bnr" ada, buktinya ada cerita scra lisan dr tokoh tua sukaraja)

konon org sukaraja dulu ada yg pernah nikah sm jin, kl lebaran suka pada dateng kesini dr G. gede, badannya pada gede-gede. bkin takut warga, makannya lambat laun adat/budaya nyaba mahluk halus itu gk berlanjut.
boleh tanya ama ki sawung, ane pernah cerita ke dia, eh kebetulan dia mengiyakan, soalnya beliau jg pernah nyaba ke sukaraja, dan merasakan ada aura besar, dan beliau melihat penampakan,,
ohiya satu lagi, eyang Abdulah itu dulu punya 2 macan gaib, si kapuk sm si gembol, macan itu di kukut(ambil) dr banten, G Karang tepatnya.. tmpat dmn para jawara menuntut ilmu jajagoan (bahkan ada istilah blm jago kl blm ke G. Karang)

untuk sukaraja sendiri, warga sukaraja yang asli semuanya hampir bersaudara, karna satu keturunan.. menurut sejarah org sukaraja adl keturunan dr Pangeran Sake sedang untuk pangeran sogiri menurunkan warga cimahpar & tanah baru. yg lebih khusus tanah baru. kebetulan ane jg bernasab ke P sogiri dari nenek ane..

dan untuk keberlangsungan silat GGBD padjadjaran nasional di sukaraja sendiri, bisa di bilang sudah punah, di sukaraja gk ada penerusnya, mengingat minatnya pada kurang..
ane aja mau belajar tp gk ada gurunya yg deket, pada berpencar semua..
sukaraja dlu kampungnya para jagoan, skrg mah memble, di gertak sm kampung tetangga yg pada rese aja pada diem, beda sm zaman dulu, kemana-mana sekitaran bogor atau jabodetabek bawa nama sukaraja, org udah pada segen, di hormatin, org cimande aja segen sm org sukaraja, cimahpar tanahbaru bogor.

Diubah oleh qie.tankian 15-01-2013 20:45
provocator3301
provocator3301 memberi reputasi
1
31.7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.