Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mata007hatiAvatar border
TS
mata007hati
Ketika Menhan Ryamizard Bicara Pokemon Go
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu angkat bicara soal permainan yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat, Pokemon Go.
Menurut dia, ada kemungkinan permainan tersebut digunakan oleh intelijen asing untuk memetakan objek vital di Indonesia.
Ryamizard menjelaskan, teknologi intelijen yang ada di dunia saat ini sudah sangat canggih.

Perdebatan Pokemon Go di dunia maya belum juga berakhir. Masih banyak yang meragukan keamanan dari game besutan Nintendo dan Niantic tersebut. Apalagi sempat terekspos lubang keamanan di versi iOS, walau kini sudah diperbaiki. Bahkan muncul kabar Pokemon Go bisa membahayakan keamanan negara.

Bahwa kekhawatiran Pokemon Go membahayakan keamanan negara memang harus perlu. Namun untuk ancaman pada keamanan informasi negara bisa datang dari mana saja.

Bahkan, kata Ryamizard, banyak negara sudah mampu menugaskan intelijennya untuk menyusup ke seluruh objek vital menggunakan kecanggihan teknologi, termasuk melalui game.

"Masalahnya saat ini intelijen bisa masuk melalui semua lini, melalui media apa pun. Makanya kita harus hati-hati. Lewat game Pokemon ini bisa saja (memetakan objek vital)," ujar Ryamizard saat ditemui di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2016).
Sebelumnya, Badan Intelijen Negara (BIN) tengah mengkaji isu keamanan dalam permainan Pokemon Go.

Game berbasis augmented reality yang pemainnya bisa mencari Pokemon di dunia nyata ini kerap dipertanyakan dalam hal keamanan.
Sebab, game itu meminta akses terhadap lokasi dan kamera sehingga dianggap bisa memata-matai wilayah tertentu. Dugaan tersebut beredar di media sosial.

Kekhawatiran beberapa pihak terutama karena Pokemon Go menandai beberapa titik lokasi strategis sebagai Pokestop dan Gym. Muncul anggapan Pokemon Go bisa memetakan lokasi-lokasi strategis yang dapat membahayakan negara. Menurut Pengamat IT Pratama D. Pershada data-data game tersebut dikirim ke server pengembangnya, bukan pihak-pihak yang mencurigakan.

Bagi institusi atau pihak yang merasa khawatir game pokemon bisa melanggar privasi atau wilayah keamanan sensitif , maka bisa membuat aturan khusus tersendiri. Misalnya himbauan tertulis di depan area lokasi untuk tidak bermain Pokemon Go di dalam area tersebut, misalnya wilayah militer tertutup.

Pasca diluncurkan secara resmi di AS, Australia dan Selandia Baru, Pokemon Go juga resmi dirilis di 27 negara Eropa. Indonesia dan Jepang sampai saat ini belum diketahui kapan akan mendapat rilis resminya. Namun seperti diketahui, penggila game di Indonesia sudah banyak yang melakukan instal Pokemon Go di smartphone mereka.

Linknya : http://www.merdeka.com/peristiwa/men...engganggu.html
Diubah oleh mata007hati 22-07-2016 12:13
0
1.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.