Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

worldmilesAvatar border
TS
worldmiles
Cara Cerdas Memilih KPR! (Mau Nyicil Rumah? Boleh ditiru gan!)
Halo Gan!

Pernah mimpi buat punya rumah gak? Ane sih dulu juga mimpinya gitu. Pengen punya rumah sendiri. Pernah ngalamin ngontrak bertahun-tahun sampe ane lulus SMA. Tapi sekarang itu semua bukan mimpi. Banyak masyarakat sekarang membelian rumah dengan cara mengajukan pinjaman kepemilikan rumah. Selain dirasa lebih cepat mendapatkan rumah, kita juga bisa langsung menempati rumah tersebut tanpa melunasinya lebih dulu gan. Tapi belakangan ini, karena melihat prluang untuk memiliki rumah semakin lebar, maka pihak bank pun semakin gencar membuatt iklan peminjaman kepemilikan rumah yang justru membuat kita sebagai calon nasabah jadi bingung.

Terus gimana sih caranya memilih KPR? Based on my experience, ane mau share...
cara cerdas memilih KPR versi ane.
yuk dah!
emoticon-Ngacir2



Bandingkan Angsuran KPR


Kenapa membandingkan angsuran jadi hal yang utama? Karena umumnya DP (Down Payment) adalah sama, yaitu 30% dari harga rumah yang kita beli. Nah, untuk beberapa bank sendiri, kita bisa lihat jelas di angsuran tiap bulannya. Kita bisa lihat mana yang menawarkan cicilan paling rendah dan berdasarkan jangka waktunya juga ya gan. Pilih jumlah peminjaman dan jangka waktu peminjaman yang sesuai dengan kemampuan financial kita. Dari situ, kita bisa membandingkan bank mana yang menawarkan angsuran cicilan KPR yang paling kecil.


Mengenal Jenis Bunga KPR

Karena sebenarnya jumlah angsuran KPR kita ditentukan oleh berapa besar suku bunga, serta jenis bunga yang dipakai. Dalam KPR ada dua jenis suku bunga, yaitu tetap (fixed) dan tidak tetap (floating).
Dengan suku bunga tetap, angsuran kita tidak akan berubah selama masa KPR dan jumlah cicilan relatif kecil.
Dengan suku bunga tidak tetap maka angsuran kita akan berubah menyesuaikan naik-turunnya suku bunga.
Perlu diketahui, Ada yang menggunakan suku bunga tidak tetap, ada bank yang memang menggunakan suku bunga tetap (ane sendiri pake fixed rate KPR CIM* Niaga), dan ada juga bank yang menggabungkan keduanya, yaitu dengan menggunakan fixed rate di beberapa tahun pertama dan floating rate sampai pelunasannya.
Kita bisa pilih bank yang memberikan penawaran bungaterbaik saat mengajukan KPR nantinya gan.



Pelunasan KPR Sebelum Waktunya

Kebebasan melakukan pelunasan sebelum waktunya ini penting gan, karena bukan tidak mungkin kita perlu refinancing KPR atau melakukan take over ke bank lain. Take over dilakukan, misalnya saat mencari bunga yang lebih murah atau saat nasabah ingin menjual rumah tersebut ke orang lain yang ingin sekaligus melanjutkan pinjamannya. Atau bahkan kita mendapatkan rejeki lebih sehingga ingin segera melunasi hutang KPR. Yang perlu dilihat disini adalah berapa biaya penalti yang akan dikenakan jika kita melakukan pelunasan KPR lebih cepat dari waktu yang ditentukan.



Biaya-biaya KPR

Biaya KPR mencakup biaya provisi, biaya administrasi, biaya penilaian, biaya notaris, akta jual beli PPAT, akta perjanjian kredit, biaya asuransi kebakaran, biaya asuransi jiwa kredit dan biaya-biaya lainnya. Biaya KPR ini penting buat kita perhatikan gan, karena meskipun jumlahnya sedikit-sedikit, pasi di hitung di akhir jumlahnya jadi lumayan. Oh iya, sebagai calon nasabah kita diharuskan untuk membayar biaya-biaya ini di awal pembeliaj juga gan, jadi selain DP ada biaya-biaya ini juga. Siapin dana lebih aja kalo gak mau batal ngambil rumah ya gan emoticon-Big Grin



Syarat Kredit dan Dokumen

Persyaratan utama biasanya ada di DP, kebanyakan bank sekarang minta dp sebesar tiga puluh persen dari harga jual beli rumah. kalau untuk dokumen persyaratan, biasanya kita harus mempersiapkan Fotokopi KTP, Fotokopi NPWP, Fotokopi Kartu Keluarga dan Surat Nikah, Fotokopi Rekening Koran/Tabungan 3 bulan terakhir, dan dokumen lainnya sesuai permintaan bank. Tapi umumnya sih itu gan. Syarat disini emang penting untuk dilengkapi gan, kenapa DP 30%? Agar kita gak terlalu berat dicicilan dan bank percaya kalo kita mampu untuk melunasi KPR. Kenapa persyaratan dokumen penting? Ini penting karena menyangkut pembiayaan dan kepemilikan rumah yang akan dibeli gan.



Pada akhirnya ane menyarankan agan-agan melakukan proses diatas sebelum mengajukan KPR.
Selektif dari awal sebelum akhirrnya beberapa tahun kedepan agan mengangsur cicilan yang gak memberatkan.
Itu aja deh gan. Ada yang mau share ceritanya memilih KPR gak?
di komeng ya gan!
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

0
5.1K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.