Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

victim.playingAvatar border
TS
victim.playing
PLN Komplain Buruknya Reklamasi, Jakarta 70% Terancam Mati Lampu.
Pemerintah melalui Kemenko Maritim dan Sumber Daya mengungkapkan bahwa Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengirim surat ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Surat ini berisi komplain soal reklamasi Pulau G yang berdampak buruk pada pembangkit listrik di Muara Karang. Kemenko Maritim dan Sumber Daya kemudian mendapat tembusan surat itu dan akan menindaklanjuti. Surat dari PLN itu akan memperkuat alasan Komite Gabungan menghentikan secara permanen pembangunan Pulau G itu.

“Surat itu sebenarnya disampaikan ke KKP, dan itu baru kami ketahui setelah Rapat Komite Gabungan Bersama yang membahas masalah reklamasi Pulau G. Jadi intinya disebutkan bahwa PLN sangat terganggu dengan reklamasi Pulau G,” kata Staf Ahli Bidang Kebijakan Publik Kemenko Maritim dan Sumber Daya, Gede Sandra di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (18/7).

PLN mengirim surat bahwa aktivitas reklamasi Pulau G berpotensi untuk merusak sistem operasi pembangkit listrik. Secara teknis, air laut diperlukan sebagai pendingin. Air laut yang dingin akan masuk ke kompresor, dan keluar menjadi air hangat.

“Nah, ketika ada Pulau G dan aktivitas di atasnya, air laut tersebut menjadi tidak lagi dingin, sementara kompresor itu perlu air dingin bukan air hangat. Begitu kompresor tidak dapat air dingin, itu akan merusak sistem secara keseluruhan. Dan akhirnya mengganggu suplai listrik kepada penduduk DKI Jakarta,” jelasnya.

PLTU Muara Karang selama ini mensuplai sekitar 5.700 mega watt. Sementara beban puncak Jakarta itu 7.200. Artinya 70 persen ‘black out’ jika PLTU itu terganggu karena aktivitas pembangunan pulau yang lokasinya tidak benar.

http://pojoksatu.id/news/berita-nasi...jakarta-utara/
0
4.2K
66
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.