butuhberasAvatar border
TS
butuhberas
Lanjutan "Heboh Fenomena FLAT EARTH" - Alat Pembuktian

Oke gan ini lanjutannya, maklum thread ane diclosed momod (tapi agan bisa lihat lagi di sini - utamanya buat yg anggap kalau Al Quran sebut bumi itu bulat)

Jangan lupa liat update-an di bawah..,
(21 Agustus'16 - perspektif no 5 & sunrise/sunset no 6).

sorry kl ane gak rutin update, ane lebih sering pake FB kl buat diskusi, soalnya di kaskus banner iklan dah kebangeten, bikin boros kuota. kalem gan, moga aja update-an ane bikin agan haus es cendol beneran.


ini isi threadnya, gak perlu pake gagal fokus.
Masalah alat bukti agan-agan sudah lihat semua baik yg ada di situs2 atau forum2 yang lain, cuma kali ini ane buat satu alat pembuktian YANG MUNGKIN bisa agan lakukan. Sebelumnya agan lihat dulu skema di bawah ini (ane pake corel biar presisi):



Agan bisa praktekin sendiri pake corel agan...;
yang warna jingga itu lingkaran dengan diameter 8" maksudnya skala 8000 mile (diameter bumi)...
sedang di atasnya ada garis sepanjang 0,5" skala 500 mile (buat "barometer" melihat lengkungan).

Naah..., ane lagi butuh bantuan agan (utamanya yg anak IPA)... berapa tinggi yang dibutuhin PENGAMAT agar bisa melihat sepanjang 500 mile (800 km) seperti pada gambar. Ane rasa memang butuh modal gedhe buat pengamatan di atas.

Tapi ane rasa ini jauh "lebih murah" untuk membuktikan flat tidaknya... dibanding harus berantem sama kumpulan "mbau rekso" di kutub selatan sana.

tolong jangan debat lagi... di sini butuh masukan, biar gak diclosed momod. emoticon-Hammer2










UPDATE
Sementara ane beri bukti yang belum dibahas di bahasan FLAT EARTH sebelumnya, biar gak terlihat mengulang-ulang lah:

1) alat bukti yang ada di thread butuh biaya (mahal) jadi sementara belum bisa ditampilin, cuma sudah ada yang itung2

Quote:


perhitungannya butuh 7,8 mil (41.184 kaki) dari permukaan bumi, padahal yg 121.000 kaki saja masih tetep flat, kayaknya hitungannya gak segitu kali ya.

Masukan terbaru ( 8 Agustus'16 ):
ada video di group FB, dijelasin di sana kalau lengkungan bumi ada di mil 50, nyatanya ada yg buktiin kalau lewat dari itu bumi masih tetep datar gan (ada videonya cuma 1 menitan - https://www. youtube. com/watch?v=X5gFM8qRWm0 ).

ada yg bantah kalau video tadi adalah fenomena MIRAGE, padahal mirage citranya tidak seperti itu, mirage itu akan terlihat 2 wujud yg asli dan yg terbalik di mana ada yg menempel atau saling tembus, misal: tower gedung saling tembus.
contoh fenomena mirage :


nyatanya pada video tadi adalah hanya wujud tunggal tidak ganda, membuktikan video di https://www. youtube. com/watch?v=X5gFM8qRWm0bukan fenomena mirage tapi nyata sebagai bukti bahwa bumi tidak melengkung.
Kalau mirage tanpa bayangan terbalik, itu suka ada celahnya, jadi kayak ngambang


2) Coba agan lihat malem ini/nanti (15 Juli'16) itu bulan sudah >50%, itu bayangan bumi masuk akal nggak?? ane kasih ilustrasinya nih;



faktanyaseperti sebelah kiri alias bayangan bumi jadi CEKUNG,
padahal kalau bumi itu bulat logikanya CEMBUNG bayangannya kayak di sebelah kanan.

oke ada jawaban langsung TKP : http://www.kaskus.co.id/show_post/57...7a8b4570/190/-

kenapa mesti malu yaa...??
jawaban argumentatif... karena dianggap bayang2 bulan itu sendiri, cuma itu menurut wiki adalah LAMA ROTASI yang sampai 27 hari ke atas lah. Naah ada pertanyaan kenapa rotasi bulan kok selama revolusi bulan...?? apa mungkin tuh dicocok2in. mungkin aja kan, bumi yang lebih besar aja rotasinya 24 jam, padahal paling berat.??


3) Ada sebagian laporan kalau kompas di daerah kisaran KUTUB SELATAN itu tidak berfungsi... beda dengan di KUTUB UTARA, tapi karena baru sebatas sebagian laporan, sementara belum bisa dijadikan pembantah teori bumi bulat.

Cuma ada komentar dari yang ahli di geologi, susah jelaskan bagaimana keadaan kompas di KUTUB SELATAN, padahal kita sama2 tahu, namanya magnet... di kutub selatannya sama kuat gaya tolaknya dengan kutub utara (ane gak pake gaya tarik dulu biar gak dibantah begini "kan pake kutub utara magnet"). emoticon-Bingung

Kalau KUTUB SELATAN ada... harusnya kompas tidak alami masalah, karena kutub selatan pada magnet (red: salah kaprah, tapi biar gampang dibaca) tertuju pada kutub selatan bumi. ya nggak? emoticon-Cool


4) Buat yang anggap kalau Al Quran sebut bahwa bumi bulat baiknya ke sini aja dulu.


5) Ada yang klaim kalau pergerakan bintang2 di selatan menunjukkan bahwa kutub selatan itu ada. Oke klaim itu sah2 aja namanya juga teori, lagian klaimnya juga argumentatif, cuma ada hal yang terlupakan yaitu ttg PERSPEKTIF atau SUDUT PANDANG, skr agan cermati dulu gambar di bawah ini:


ada gambar 4 awan (kiri atas) yang ukuran dan jarak antaranya SAMA, tapi begitu terlihat oleh mata manusia maka akan terjadi penyusutan ukuran juga jaraknya hingga nampak seperti gambar di kiri bawah, dan sudah umum terlihat begitu (gambar tengah).

dalam Teori Flat Earth / FE (ane anggap teori gan, tapi Globe Earth / GE juga Teori, sorry gan)... ada anggapan bahwa posisi bintang-bintang itu sejajar dan di atas HAMPARAN buminya, jadi tidak seperti klaim GE yang posisinya menyelubungi bumi.

Kenapa kok pemandangan bintang2nya kayak yang selubungi bumi??
itu tak lain karena perspektif juga gan, jadi logika gambar 4 awan tadi (gambar kiri atas) bisa diterapkan pada bintang2 (gambar kanan).

Terus kenapa kok yang di utara geraknya berlawanan dgn arah jarum jam sedang di selatan searah jarum jam??

dalam Teori Flat Earth, posisi bintang itu memutar berlawanan arah jarum jam (kalau dilihat dari hamparan bumi - sedang hamparan bumi tidak bergerak)..., jadi ibarat ada dua piringan CD/DVD atas dan bawah...,


yang bawah itu hamparan bumi, yg atas posisi bintang2nya, nah yg piringan atas geraknya berlawanan arah jarum jam kl dilihat dari piringan CD/DVD yg bawah (red: dianalogikan hamparan bumi).

yang di sisi utara (dekat pusat piringan) jika lihat ke langit utara akan terlihat memutar berlawanan jarum jam, jika berbalik badan lalu lihat ke langit selatan akan terlihat memutar searah jarum jam... itu dari segi pergerakan bintang2 gan.

Naah yg terkait perspektif adalah... yang membuat posisi bintang2 tadi akan seperti logika gambar 4 awan tadi, cuma karena lebih tinggi dan juga banyak maka terkesan MELENGKUNG seolah membentuk bola langit.

Jika posisi agan ada di dekat PINGGIR piringan tadi dan melihat ke arah tepian juga maka pergerakan bintang di tepi selatan seolah memutar dan terkunci.. ini yang diklaim kalangan GE sebagai kutub selatan.


6) untuk masalah terpotongnya sebagian matahari saat sunset / sunrise (kok gak mengecil / membesar), itu juga terkait perspektif ditambah horizon. Ini bisa agan test sendiri (modal: kamera video, meja datar, dan uang logam),
caranya posisikan kamera video lurus dengan meja datar (meja tidak boleh miring - gunakan waterpass kl mau), posisi kamera juga tidak boleh agak meninggi sampai2 membuat penampakkan... tepi belakang meja jadi lebih tinggi dari tepi depan meja.
Kemudian lakukan perekaman terhadap pergerakkan uang logam dari tepi belakang ke tepi depan, nanti agan akan liat sebagian lingkaran uang logam terpotong.

Naah itu aja bermodal meja datar yang jaraknya lebih pendek, bandingkan dengan HAMPARAN bumi yang jauh dan juga berbukit-bukit belum lagi berawan di belakangnya..., bisa saja terpotongnya karena tertutup awan dan atau bukit di seberang sana yang sudah tak terlihat jelas bentuknya (sudah seperti sebuah garis yang menyatu dengan horizon).



INI LINK BUAT LANJUTAN UPDATE kalau pejwan kena "over editing" >> http://www.kaskus.co.id/show_post/57...148b4567/201/-emoticon-Hammer2






Diubah oleh butuhberas 21-08-2016 09:06
0
70.9K
604
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.