Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

squadmijoAvatar border
TS
squadmijo
Lamaran kerja dan segala modus penipuan nya...
Lulus Sekolah (kuliah), terus cari Kerja, nyari duit, nikah.. gitu aja gan umumnya di isi kepala kita. Kliatan nya sih simple, tapi jalanin nya ga ky gt.lamar kerja juga ga seminggu langsung dapet,. Ada keringet yang perlu dibayar, ada rasa malu yang perlu diadu, dan rasa pantang menyerah yg terus diasah.
Penduduk makin banyak , saingan makin banyak.kalo pgn kerjaan dg gaji tinggi , ya perlu sekolah lebih tinggi atau skill yg lbh tinggi. Duit pas pasan boro boro kuliah gan, buat makan aja susah. Ada yg bilang kerja aja dulu, ditabung terus bayar kuliah. Idealnya sih gitu. Tapi kenyataan nya begitu udah dpt kerja, banyak yg terlena.dengan banyak alas an, akhirnya impian kuliah terbang ketiup angin hilang kemana.
Bukan maksud ane men generalisir kondisi agan agan bakal sama ky gitu, tapi yang ane share berdasarakan pengalaman lingkungan temen temen ane yang dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah, begitu lulus SMA, langsung berpikiran untuk cari kerja,cari duit. Entah ngikut kerja ma sodara nya, temen nya, atau yg otodidak kayak ane gan,cari info sendiri dengan beli Koran, buka situs lowongan kerja kyk jobstreet,jobsdb,olx, ampe ikutan jobfair yg bayar itu.
Tapi karena butanya ane ama teknologi, jadi ga nyampe mikir kalo hal tersebut bakal dijadiin modus penipuan ama oknum yang sebenernya pinter tapi gunain kepinteran nya buat bodohin org lain. Ane mulai lah jadi korban berbagai jenis penipuan. Istilah booming nya itu Fake job. Kedengeran nya ky judul blue pilem yah ky fake fake yang lain :’) .
Tapi tunggu dulu fake job disini bukan kategori blue filem, tapi penipuan yang dikemas dengan alibi lowongan kerja.. Berikut beberapa contohnya:
1. Fake Job MLM. MLM yang dikemas sedemikian rupa seolah olah seperti perusahaan asli. Mereka biasanya pasang iklan lowongan kerja di Koran dan olx ( yang biaya iklan nya murah gan…hehe ) . kolom yg dipasang tentunya dgn bahasa menarik , posisi perkerjaan sebagai pekerjaan admin, staf akunting dan sebagainya. Mereka juga menyebutkan persyaratan yang sangat mudah yakni lulusan SMA, dengan iming iming gaji tinggi. Alhasil banyak lah pelamar yg berbondong bondong lamar itu job. Dengan bermodalkan sms panggilan interview, mereka menarik calon korbannya gan. Sebagai calon pelamar, sapa sih yang tidak gembira gan dpt panggilan interview.. Pagi pagi banget ontime, kita dandan, bawa CV dan siapin jurus jurus buat lolos test. joss lah.emoticon-I Love Indonesia
Eh ternyata jauh api dari panggang, kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Mereka menawarkan syarat bayar sejumlah uang agar diterima. Beberapa ada yg kejebak, ada juga yang gak. Yang kejebak itu baru sadar, setelah diterima kerja. Kerjaan mereka tidak jelas, jual barang juga tidak. Ternyata yang kejebak itu bakal digaji jika bisa merekrut karyawan baru yg bayarkan sejumlah uang. Begitu terus seperti money game, beberapa produknya jelas. Namun ga sedikit yang tidak jelas apa yang perusahaan itu jual. Gokil kan? Biasanya mereka menyewa ruko kecil dan selalu berpindah pindah tempat.
2. Fake Job Travel Agen
Yang ini Bukan temen nya fake taxi atau fae agent yah gan…emoticon-Ngakak
Ini juga modus baru.Main nya lebih halus, ga sedikit juga yang jadi korban. Penipuan ini berawal dari email panggilan interview. Entah bagaimana ceritanya mereka tau email kita dan tau jika kita sedang apply lamaran di perusahaan tertentu. Mereka mengatasnamakan diri dari sebuah perusahaan besar yang sedang kita apply. Mereka pun tidak segan melampirkan posisi, rincian salary/gaji , jadwal test , lokasi dan jam nya secara detail. Mereka membuat kita yakin dengan membuat domain email yang mirip dengan aslinya.
Yang unik, disini mereka menentukan lokasi interview di luar pulau yang mengharuskan kita menggunakan akomodasi pesawat.Di email tersebut juga disebutkan, Mereka juga sudah menunjuk biro travel X yang harus digunakan. Nanti uang agan di reimburse/diganti oleh pihak perusahaan di tempat interview. Misalnya agan tinggal di Jakarta, lokasi interview pasti mereka tentukan diluar Jawa agar agan mau tidak mau pesan tiket pesawat dari biro travel X yg ditunjuk penipu itu. Ketika kita bingung cari uang buat booking tiket itu, mereka bakal sms nomor hp agan agar segera booking kalo tidak agan dianggap gugur. Beberapa temen ane ada yang jd korban. Udah pesen tiket mahal mahal, ketika udah sampe lokasi yang ditentukan, ternyata fiktif belaka. Alhasil zonk . emoticon-Sorry
Buat yg lagi lamar kerja, teliti kembali perusahaan yg akan kita apply. Dan jangan langsung percaya gitu aja dengan segala bentuk panggilan interview.
Semoga kita gak jadi korban yah gan.faktanya Lebih enak lamar perawan daripada lamar kerjaan. emoticon-Salam Kenal
sekilas thread pertama newbie, mohon komen dan emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya gan. Semoga ber manfaat 
Polling
0 suara
Bermanfaat gak gan?
0
3K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.