KhienvinzAvatar border
TS
Khienvinz
Pentingnya Menetapkan Prioritas Aktivitas Bagi Setiap Orang
Pentingnya menetapkan prioritas aktivitas haruslah diketahui oleh semua orang mulai dari seorang siswa hingga seorang karyawan. Setiap orang wajib untuk belajar menetapkan prioritas saat akan memulai aktivitas.

Jika kalian ingin menjadi seorang siswa yang berprestasi akan lebih baik jika kalian tahu bagaimana cara menetapkan prioritas. Pasti kalian selalu bingung saat akan menjelang ujian yang diadakan keesokan hari. Kalian akan bingung mana pelajaran yang harus dipelajari terlebih dahulu. Hal tersebut bisa kalian hindari jika kalian sudah menetapkan skala prioritas pelajaran mana yang lebih penting menurut kalian.

Menetapkan prioritas terbukti sangatlah tidak mudah untuk dilakukan. Setiap hal pasti kita rasa penting untuk dikerjakan dan tidak ada hal yang bisa ditunda dulu. Hal itulah yang sering membuat orang malas untuk membuat skala prioritas dari aktivitas mereka.

Agar kalian tidak selalu kebingungan saat akan melakukan sesuatu, ada baiknya kalian mencoba dari sekarang untuk menetapkan prioritas aktivitas apa saja yang akan dikerjakan. Awalnya memang tidak mudah, namun jika kalian sudah terbiasa bisa memprioritaskan hal yang kalian anggap penting lebih dahulu, maka dijamin kalian akan menjadi siswa yang berprestasi.

Coba Cara Ini Untuk Menetapkan Prioritas dari Aktivitas Kalian dengan Sticky Note

  1. Tuliskan Semua Aktivitasmu

    Pentingnya menetapkan prioritas aktivitas dapat dilakukan dengan cara pertama yaitu dengan menuliskan seluruh aktivitasmu. Sebelum bisa membuat skala prioritas, kalian harus tahu kan apa saja aktivitas yang akan kalian lakukan mulai hari ini hingga seminggu ke depan.

  2. Tentukan Tujuan Utamamu dari Aktivitas Seminggu Tersebut.

    Setelah menuliskan segala aktivitasmu selama seminggu. Mulai pikirkan tujuan utama apa saja yang ingin kalian lakukan. Kalian bisa memutuskan tujuan utamamu dengan mempertimbangkan deadline dari tugasmu.

  3. Bagi Aktivitasmu dalam Beberapa Kategori

    Setelah kalian menuliskan segala aktivitasmu dan sudah menentukan tujuan utama selama seminggu. Sekarang bagilah aktivitasmu dengan kategori penting atau pun mendesak.

    Contohnya saja jika minggu ini kalian mendapatkan tugas untuk membuat karya ilmiah, maka kalian haru mendahulukan tugas ini dan memasukkannya ke dalam kategori mendesak karena deadline adalah minggu ini.

    Jika dalam minggu ini kalian juga akan mendapatkan tes matematika, maka kalian bisa memasukannya ke dalam kategori penting. Hal itu karena membuat karya ilmiah memiliki deadline yang harus kalian selesaikan. Sedangkan tes matematika bisa kalian pelajari 2-3 hari sebelum hari H bukan?

  4. Buatlah Jadwal Pekerjaan

    Membuat jadwal pekerjaan yang juga dilengkapi dengan deadline kapan selesainya akan sangat berguna bagi kalian. Membuat jadwal pekerjaan akan membuat kalian selalu ingat setiap pekerjaan yang harus diselesaikan sesuai dengan deadlinenya. Saat kalian sudah membuat jadwal pekerjaan seperti ini, bisa juga membuat pekerjaan yang kalian lakukan lebih terarah dan lebih teratur.

  5. Disiplin Mengikuti Daftar Aktivitas

    Hal terakhir adalah kalian harus selalu disiplin untuk melakukan hal yang sudah kalian buat daftar prioritasnya. Aktivitas yang termasuk mendesak, penting dan tidak terlalu penting bisa kalian lakukan sesuai jadwal yang sudah kalian buat. Selalu disiplin melakukan hal sesuai daftar tentu akan mempermudah kalian dalam menjalani aktivitas kalian dan akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.


Kesalahan Saat Mendahulukan Prioritas
Saat kalian sudah menetapkan skala prioritas untuk aktivitas kalian, maka tidak bisa dipungkiri jika kalian juga akan melakukan kesalahan dalam mengerjakan daftar tersebut. Berikut beberapa kesalahan yang harus kalian hindari.

  1. Gagal Mengikuti Daftar yang sudah Dibuat

    Jika kalian gagal untuk melakukan hal yang sudah kalian buat pada daftar prioritas maka kalian belum bisa membedakan hal yang harus diprioritaskan. Jika kalian tidak mengikuti daftar prioritas kalian, maka kalian bisa mengalami kebingungan lagi saat melakukan aktivitas.

  2. Tidak Bisa Menghadapi Gangguan

    Saat kalian mulai melakukan hal sesuai daftar piroritas yang telah dibuat, maka gangguan juga akan banyak sekali bermunculan. Bisa saja saat kalian fokus mengerjakan tugas dengan deadline besok tapi kalian malah ikut pergi ke mall saat diajak teman.

  3. Melakukan Penundaan

    Semua hal yang ditunda pengerjaannya tentu akan membuat pekerjaan yang sudah kalian buat daftar prioritasnya menjadi tidak efektif. Hal itu akan membuat kalian gagal dalam membuat suatu prioritas dan juga gagal dalam memanajemen waktu. Hal-hal tersebut haruslah kalian hindari agar kalian bisa mengerti pentingnya menetapkan prioritas aktivitas.



Cheers,
Kevin Jonathan
Sumbernya nulis sendiri


Quote:
Diubah oleh Khienvinz 27-07-2016 14:28
0
20.1K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.