• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pernah Denger Penyakit Laringitis? Kenali Sebab, Gejala, dan Solusinya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pernah Denger Penyakit Laringitis? Kenali Sebab, Gejala, dan Solusinya!
Pernah Denger Penyakit Laringitis?
Kenali Sebab, Gejala, dan Solusinya!





[ HT#011 ]


Jumpa lagi dan salam hangat selalu man-temans, gan and sista..ISKRIM is back.
Sekarang ane mau bahas soal kesehatan ney, yakni mengenai persoalan perolehan suara, eh maaf maksudnya soal suaraemoticon-Big Grin. Suara, suara apaan sih, Krim? Iya persoalan suara yang keluar dari mulut kita, alias suara yang dihasilkan melalui pita suara. Melalui mulut, kita jadi bisa saling komunikasi lewat suara, bernyanyi, berdoa, dan menggerutu emoticon-Big Grin.

Nah persoalannya adalah, bagaimana jika tiba-tiba kita kehilangan suara? wew, bakal gaswat dah. Mereka yang berprofesi sebagai penyiar atau penyanyi misalnya, akan mengalami kiamat kecil kalau tiba-tiba suara mereka hilang, atau ente yang orang biasa-biasa aja, namun suatu ketika ingin menyatakan "I Love You.." kepada pasangan tiba-tiba nggak keluar suara dari mulut ente, tentu kita nggak ingin hal ini terjadi kan?
emoticon-Takut (S)

Supaya nggak penasaran apa itu Laringitis, nyok kita bahas disini.
Semoga trit ini bisa menambah pengetahuan dan jadi lebih peduli untuk menjaga kesehatan terutama organ vital pita suara kita ini. Lanjuuut...,




APA ITU LARINGITIS?
Quote:






Pentingnya kesadaran merawat dan menyadari betapa vitalnya pita suara kita sangatlah perlu di jaga mulai saat ini yah gan.

Menurut beberapa sumber yang ane kumpulkan, Laringitis atau peradangan pada pita suara ditimbulkan oleh beberapa sebab. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang bekerja dengan banyak bicara, menyanyi, orang yang rutin terpapar asap rokok, mengkonsumsi alkohol berlebih, infeksi virus pada saluran udara bagian atas (biasanya virus yang menyebabkan pilek), cedera vokal (misalnya akibat berteriak dan penggunaan suara yang berlebihan), infeksi virus pada saluran udara sebelah atas (biasanya virus yang menyebabkan pilek), peradangan atau infeksi sinus.





TANDA-TANDA & GEJALA LARINGITIS



GEJALA UTAMA LARINGITIS
Suara jadi lebih berat, Serak, Atau hilang, Demam, Batuk Kering, Sakit Tenggorokan, Leher Mendongak, Hidung Tersumbat, Pembesaran Kelenjar Getah Bening atau Kelenjar di Leher.
GEJALA LAINNYA
Akibat Reaksi Alergi, Infeksi, Bronkitis, Gastroesophageal Reflux Disese (GERD), Trauma, Bahan Kimia dan Stimulator, Pneumonia, Infeksi Saluran Pernapasan Atas Akut.

LARINGITIS TINGKAT RENDAH BISA KITA OBATI DENGAN CARA
Isitirahat, mengurangi porsi berbicara dan perbanyak minum air dan makan buah segar yang mengandung banyak air, seperti semangka, melon dll. Jika penyebab Laringitis adalah infeksi bakteri, dokter ente akan memberikan antibiotik. Jika penyebab Laringitis adalah tumor, dokter dapat melakukan pengangkatan tumor. Meski begitu diusahakan tetap dalam pengawasan dokter.

LARINGITIS TINGKAT AKUT atau KRONIS
Tentu saja perlu pengawasan dokter spesialis. Kondisi terparah pada tingkat ini dapat menyebabkan kehilangan suara total atau kematian emoticon-Takut (S). Dan jika, gejala lanjutan ini ente alami dengan tanda seperti : Suara Makin Serak , Batuk Darah, Demam Tidak Membaik, Sakit Tenggorokan Semakin Parah, Sulit Menelan maka segeralah konsultasikan ke dokter spesialis ente gan.




BAHAYANYA LARINGITIS BAGI ANAK



Beberapa bentuk Laringitis pada anak dapat menyebabkan obtruksi (penyumbatan) saluran pernapasan yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, seperti penyakit Croup dan Epiglotitis emoticon-Takut (S)



PERBEDAAN LARINGITIS dengan RADANG TENGGOROKAN



Penyakit Laringitis lebih dominan disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur, akibat dari penggunaan suara yang berlebihan, bronkitis, dan pneumonia. Sedangkan radang tenggorokan sendiri lebih disebabkan oleh gejala dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti penyakit flu, bersifat noninfeksi yaitu sleep apnea. sumur



LANGKAH PENGOBATAN LARINGITIS



Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah penyebab suara serak adalah infeksi saluran napas atau bukan. Pasien dengan suara serak lebih dari 1 bulan (khususnya perokok nih!) membutuhkan pemeriksaan telinga, hidung, dan tenggorokan untuk memeriksa tenggorokan dan saluran napas atas. Dokter Anda dapat melakukan laringoskopi atau biopsi untuk memastikan diagnosis. sumur

Untuk pengobatan dirumah, jadwalkan kontrol untuk melihat perkembangan gejala dan kesehatan ente ya gan, jangan sembarang meminum obat, tidak semena-mena berhenti mengonsumsi obat yang diresepkan, gunakan penghangat atau uap hangat pada seputar leher, banyak minum air, sup hangat seperti sup ayam baik dikonsumsi, diharamkan memakan gorengan, hubungi dokter jika ente demam atau sulit bernapas, atau gejala lebih dari 2 minggu, istirahatkan suara ente sebanyak mungkin, hindari pemaparan terhadap bahan penyebab iritasi seperti asap rokok, mengobati penyebab dasarnya seperti pilek, sinusitis atau refluks asam mampu meringankan penyakit ini.




BEBERAPA ARTIS YANG PERNAH MERASAKAN PENYAKIT LARINGITIS
Spoiler for :


Yoyoi...demikianlah man-temans, gan and sista. Begitu pentingnya menjaga keberadaan organ vital pita suara kita ini, jangan sampai penyakit Laringitis menjumpai kita atau salah satu keluarga kita ya gan..aamiin. Mungkin ada Kaskuser yang pernah mengalami penyakit ini? Ane mengharapkan masukkan dan informasi lainnya yang mungkin bisa ane lengkapi di thread ini. Kurang lebih ane mohon maaf, kesempurnaan hanyalah milih Tuhan YME. Sebelum dan sesudahnya ane ucapkan terimakasih... SALAM ISKRIM! emoticon-Peace





sumur:
diolah dari berbagai sumur diatas
tukang poto:
gogel

Diubah oleh iskrim 18-07-2016 00:30
0
43.1K
209
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.