Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bearbrickAvatar border
TS
bearbrick
5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah KPR

Punya rumah menggunakan KPR emang keliatannya lebih mudah jika dibanding dengan kita nabung bertahun-tahun dan belum tentu bisa terkumpul seharaga rumah. Sebelum kita mengajukan KPR, sebaiknya memang mengtahui beberapa hal yang perlu di persiapkan. Agar bisa memperhitungkan dengan matang supaya kita gak terjerat utang kpr nantinya gan. Terus kalo ada hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum ngambil KPR, apa aja sih? Cekidot gan! emoticon-Cool


1. Memiliki Pendapatan Tetap.
5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah KPR
Ini penting banget buat dipersiapkan. Ya iyalah, gimana mau bayar cicilan kalo gak punya pendapatan tetap. Tapi, pendapatan tetap bukan berarti kita harus jadi karyawan kayak yang ada dipikiran orang kebanyakan ya gan. temen ane wirausaha pendapatannya gak tetap juga ada tuh yang bisa ngambil KPR, karena dia punya pemasukan yang cukup tiap bulannya.emoticon-Peace
Nah, kalo udah punya pendapatan yang tetap, kita jadi bisa mulai merencanakan dan mengatur keuangan kaaan?! Jadi buat gan/sist yang mau ambil KPR, coba persiapkan dulu. Nyari pekerjaan yang tetap dan menyenangkan untuk digeluti, karena nyicil KPR kan invesstasi jangka panjang.

2. Gaya Hidup
5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah KPR
Ketika kita memutuskan untuk ngambil KPR, hal ini pasti akan berdampak pada gaya hidup kita. Karena kita jadi memiliki kewajiban berupa cicilan yang harus dibayar setiap bulannya kan?! Kita gak boleh melewatkan kewajiban pembayaran cicilan kalo gak mau kena denda.
Nah, ini artinya kita harus siap buat merubah gaya hidup. ngurangin jajan-jajan gak penting. Berhematlah pokoknya. Karena, kalo kita gak hemat, nanti kita sendiri yang akan kesulitan untuk memenuhi kewajiban membayar cicilan KPR. Perlu di ingat, di gaya hidup gak bisa langsung hemat dengan cepat. Makanya jauh-jauh hari sebelum ambil KPR, kita memang sudah perlu mengubah gaya hidup kita jadi lebih hemat.

3. Mempersiapkan Uang Muka
5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah KPR
Ini jadi salah satu hal yang utama kalau kita mau mengajukan KPR. Iya dong, kita kan perlu uang muka/down payment(DP) kalau mau mulai cicilan. Kalau pakai KPR, biasanya DP sekitar 30persen dari harga rumah yang akan kita beli gan. Setelah kita punya pekerjaan tetap dan mulai mengubah gaya hidup, selanjutnya kita emang perlu banget nabung buat DP rumah. Tapiii, kita harus punya lebih dari 30% gan, karena biasanya DP rumah itu belum termasuk biaya admin dan biaya-biaya lainnya.
Saat kita mulai nabung buat DP, kita juga perlu mempertimbangkan rumh seperti apa. berapa harganya. dan yang pasti harus sesuai dengan kondisi pendapatan tetap kita.


4. Memilih Bank untuk KPR
5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah KPR
Milih bank buat KPR juga susah-susah gampang. Kalo kita asal-asalan milih bank bisa-bisa nantinnya malah bikin kita susah sendiri. Banyak bank saat ini sedang berlomba-lomba menyediakan KPR Bunga Rendah, KPR Approval Mudah, KPR proses cepat, dan berbagai kemudahan lainnya. Tapi promo itu bener gak sih? Promo itu bener-gak bener gan, iya kadang bener, kadang gak bener juga. Karena sering kali ada S&K yang berlaku tapi kita gak tau. Tapi klo ditanya ane pake bank apa buat beli rumah kpr sekarang, ane ambil di KPR CIM* Niaga. karena ada bunga fix, dan terbukti kok approvalnya mudah, terus prosesnya juga cepat. Ane pernah nyoba bank lain gak? nggap pernah, tapi kalo membandingkan beberapa bank, ya iya dong. karena ane pengen yang gak memberatkan ane akhirnya.

5. Mempersiapkan Cicilan
5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membeli Rumah KPR
Ini yang terakhir. Karena ketika kita ngambil KPR, pasti akan ada cicilan dibelakangnya. Liat lagi di nomor 1. kenapa harus ada penghasilan tetap? tau semua dong, karena kita harus membayar cicilan sampe beberapa tahun berikutnya. Kalo gak punya penghasilan tetap, bisa jadi ada penunggakan nantinya. Nah, kalo ane bilang, jangan sampe deh kita nunggak cicilan karena nanti bakal memberatkan kita juga akhirnya gan.


Gitu deh yang perlu di persiapkan sebelum ngajuin kpr buat punya rumah.
ada yang punya rencana buat beli rumah dan ngajuin kpr?
apa lagi yang perlu disiapin gan? kalo ada yang kuran, tambahin lagi dong gan.
makasih!
emoticon-I Love Kaskus

0
2.6K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.