saintwarriorAvatar border
TS
saintwarrior
Netizen Cina Serukan Boikot Makanan Produk Filipina
TEMPO.CO, Beijing - Buntut keputusan Mahkamah Arbitrase Internasional (PCA) di Den Haag, Belanda, yang menyatakan Cina tidak punya hak di kawasan Laut Cina Selatan, beredar seruan pemboikotan produk Filipina di Negeri Tirai Bambu. Salah satunya adalah buah mangga.

Di dunia maya ramai beredar seruan yang menyatakan untuk berhenti makan buah itu yang diimpor dari Filipina. Slogan-slogan seperti "Jika Anda ingin makan mangga, belilah yang berasal dari Thailand" dan "Filipina mati kelaparan" telah banyak beredar di situs microblogging milik Cina, Weibo.

"Jika Anda menyukai Cina, jangan membeli barang impor Filipina," kata seseorang di situs Weibo.

"Aku akan makan mangga kering Guangxi, minum kopi Yunnan, dan makan durian dari Hainan. Intinya adalah, saya memastikan uang saya tetap di Cina," kata komentar lain.

Bahkan beberapa vendor di Taobao, platform e-shopping terbesar di Cina, berjanji untuk memboikot camilan Filipina.

"Toko online kami tidak akan menjual Cebu mangga dari Filipina dan tidak akan menjual makanan ringan yang diimpor dari negara itu lagi," kata satu vendor Taobao yang berbasis di Shanghai, seperti yang dilansir BBC pada 13 Juli 2016.

Protes warga Cina tersebut disertai dengan gambar kemasan camilan mangga yang diimpor dari Filipina dan bertuliskan boikot. Gambar tersebut sejauh ini telah dibagikan 400 ribu kali di Weibo dan mendapat 50 ribu komentar yang berisi dukungan agar pemerintah Cina memboikot produk Filipina.

Beberapa meme lainnya juga menjadi viral di dunia maya Cina terkait dengan kecaman terhadap keputusan Permanent Court of Arbitration (PCA) dan penghinaan terhadap Filipina.

Dunia Tempo
Diubah oleh saintwarrior 14-07-2016 10:05
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.7K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.