zidniiiAvatar border
TS
zidniii
Tips Aman Bermain Pokemon GO yang Harus Agan Tahu
Catch 'Em All!

Beberapa waktu yang lalu, Niantic meluncurkan game Pokemon GO. Mungkin buatmu game ini adalah wadah untuk bernostalgia dengan kartun Pokemon. Kartun yang populer di era 90an sampai awal 2000an ini bercerita tentang perjalanan Ash, seorang Pokemon Trainer. Kamu bisa kembali melihat Pikachu, Rattata, Pidgeot, dan jenis-jenis pokemon lainnya. Game ini juga menawarkan permainan yang berbeda dari kebanyakan game lainnya.


Dalam game ini, kamu akan diposisikan sebagai Pokemon Trainer yang bertugas menangkap Pokemon, merawat, dan bertarung dengan Pokemon yang kamu dapat. Ketika memainkan game ini, kamu harus pergi ke luar rumah untuk mendapatkan Pokemon. Kamu juga bisa melihat secara langsung (real life) saat Pokemon berada di sekitarmu (tentu saja melalui layar handphonemu). Saat kamu berada di depan sebuah mobil, seekor Rattata muncul di atasnya dan kamu harus segera menangkapnya. Lemparkan Pokeball ke arah Rattata lalu ia akan menjadi milikmu. Seru bukan?


Game ini sedang populer di pelbagai negara. Meskipun baru saja diluncurkan, game Pokemon GO ini langsung digandrungi bukan hanya oleh para remaja, tapi juga orang-orang dewasa. Dengan banyaknya pemain game ini, beberapa pihak yang memanfaatkannya untuk berbuat jahat. Beberapa waktu lalu diberitakan seorang pemain dirampok ketika mengunjungi sebuah PokeStop. Modusnya, si penjahat menebar item di sekitar Pokemon Point untuk memancing pemain lain. Lalu, para penjahat ini merampok pemain yang datang. Kalau kamu mulai memainkannya juga, sebaiknya kamu simak beberapa tips ini agar kamu bisa bermain dengan aman.


1. Siapkan Minuman dan Makanan Kecil


Photo credit: vemale.com

Untuk mendapatkan Pokemon kamu tentu perlu pergi ke luar rumah. Semakin jauh jarak yang kamu tempuh, semakin banyak poin yang kamu dapat. Bila kamu keluar rumah, pastikan kamu membawa minuman agar kamu terhindar dari dehidrasi selama menangkap pokemon. Jangan lupa juga untuk membawa makanan kecil yang bisa kamu nikmati sambil bersantai di PokeStops. Dengan membawa minuman dan makanan, kamu dapat menikmati perjalananmu tanpa takut kelaparan maupun kehausan.


2. Perhatikan Jalan yang Kamu Lalui


Photo credit: pinterest

Ketika ada seekor pokemon yang berada di sekitarmu, akan ada pemberitahuan yang masuk ke dalam handphonemu. Kamu mungkin bersemangat ketika mengetahui ada pokemon di dekatmu. Lalu kamu bergegas keluar rumah untuk menemukan pokemon ini. Kamu mengikuti GPS yang tertera di layar. Jika kamu tidak memperhatikan jalan yang kamu lalui, kamu mungkin akan tersandung atau bahkan tersesat. Sebaiknya selain melihat arah dari GPS di dalam aplikasi, kamu juga memperhatikan jalan yang kamu lalui.

Hal ini juga berlaku bila kamu bermain sambil menyetir. Ada kemungkinan seekor Pikachu muncul di dashboard mobilmu. Bila kamu terlalu asyik bermain dan tidak memperhatikan jalan, kemungkinan besar kamu akan mengalami kecelakaan lalu lintas. Bila kamu ingin bermain game ini, sebaiknya kamu berhenti terlebih dahulu atau meminta temanmu untuk menggantikanmu menyetir. Selain sebagai hiburan, game ini juga memiliki tujuan bagi para pemainnya agar keluar dari rumah dan menikmati lingkungan, bukan hanya fokus untuk menangkap pokemon melalui layar.


3. Pastikan Kamu Mengetahui Letak PokeStops


Photo credit: pinterest

Kamu melihat ada beberapa PokeStops ketika kamu sedang bermain. Kamu berniat mengunjungi salah satunya. Sebelum menuju PokeStops, sebaiknya kamu memastikan bahwa kamu mengetahui tempat yang akan dituju. Bila kamu belum tahu benar lokasi yang akan kamu datangi, sebaiknya berhati-hati agar tidak tersesat atau lebih buruk lagi bertemu dengan orang jahat. Mengingat banyaknya kasus kriminal terkait game ini, sebaiknya kamu ekstra hati-hati jika berada di tempat baru. Memang tidak ada salahnya mendatangi tempat baru, tapi pastikan tempat ini aman dan dekat dengan keramaian sehingga kamu bisa bermain dengan tenang.


4. Ingat Waktu


Photo credit: Pinerest

Ada beberapa feature di dalam game ini yang mengharuskan kamu menunggu selama beberapa menit. Menunggu feature tersebut sampai selesai tidak akan terasa membosankan bila kamu menunggu di PokeStops atau saat ada Party. Di kedua tempat itu, kemungkinan besar kamu akan bertemu pemain lain. Selagi menunggu, kamu bisa bertarung atau sekedar mengobrol dengan pemain lain. Akan tetapi, kamu tetap harus ingat waktu. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu terlalu banyak untuk bermain game ini hingga lupa untuk mengerjakan tugas atau bahkan melewatkan salat. Kamu juga harus memberi kabar pada orang tuamu agar mereka tidak khawatir.


5. Bijak dalam Membeli Item


Photo credit: pinterest

Layaknya game lain, Pokemon GO juga menawarkan beberapa item berbayar. Jika Pokeball-mu habis, maka kamu harus membelinya di menu Shop. Kamu juga bisa membeli ‘ransel‘ agar bisa membawa lebih dari 50 Pokeballs. Tapi tunggu, untuk membeli item dalam game ini, kamu juga harus mempertimbangkan uang yang akan kamu keluarkan. Jangan sampai kamu menghabiskan banyak sekali uang untuk membeli banyak item dalam game ini. Hobi bermain game memang tidak salah, tapi kamu juga harus mempertimbangkan kebutuhanmu yang lainnya.


6. Kembali ke Dunia Nyata



Bermain game memang mengasyikkan. Apalagi Pokemon GO menawarkan permainan yang berbeda dari game lain. Dengan Pokemon GO kamu bisa bermain sambil berada di luar ruangan. Kamu juga bisa merasakan sensasi menangkap Pikachu atau Meowth menggunakan Pokeball. Rasanya seperti bernostalgia dengan kartun masa kecil. Akan tetapi, perlu diingat bahwa Pokemon GO ini hanya permainan. Pokemon sendiri hanya karakter fiktif. Permainan ini hanya sekedar hiburan yang menyenangkan. Jangan sampai permainan ini mengambil banyak sekali waktumu atau bahkan membuatmu lupa bersosialisasi. Seperti video yang dibuat oleh Pewdiepie ini.


Selain dapat membuatmu terhibur, bermain game memang terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak. Akan tetapi, kamu perlu ingat untuk tidak berlebihan dalam bermain game. Kamu memiliki tugas yang harus kamu kerjakan. Jangan sampai bermain game mengambil porsi lebih besar daripada bersosialisasi dengan lingkungan sekitarmu. Semoga tips di atas membantumu untuk bermain Pokemon GO dengan aman dan nyaman. Selamat menangkap Pokemon!

Sumber Thread :
Tips Aman Bermain Pokemon GO

Artikel yang sudah pernah Hot Thread nih gan :
Mari duduk sejenak dan kembali mengenang masa 90an

Cara unik mengekspresikan cinta dari berbagai belahan dunia

Agan anak pertama , tengah atau terakhir ? Yuk kenali pribadi agan dari urutan lahir

5 foto tragis hewan langka ini akan membuatmu lebih memahami makna hari bumi

Tak Selamanya Kisah Penyair Indonesia Seindah Puisinya

Ini dia Raja Ampatnya Indonesia bagian barat. Yuk Kesiini Gan

Ini Dia 11 Museum di Dunia yang Paling Menakjubkan & Harus Dikunjungi!

11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia Ini Membuat Betah Membaca

10 Saran Untuk Diri Sendiri Ketika Saya Berumur 20an

5 Alasan Anggota Pecinta Alam Harus Menuliskan Kisah Perjalanannya

Jika threadnya menginspirasi agan boleh bagi
0
49.1K
268
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.