Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Neoprint105Avatar border
TS
Neoprint105
Pontifical Swiss Guard - Kepausan Garda Swiss
Assalamu Alaikum WR WB. Shalom, Om Swastiastu, salam sejahtera buat kita semua



Kalo Agan/wati pernah mengunjungi Vatikan, pasti melihat pengawal tegap yang memakai baju model pada jaman Renaissance. mereka adalah satuan militer khusus yang terdiri dari bekas anggota militer Swiss pilihan. Dan jangan diremehkan mata tombak panjang di tangan mereka, Tombak-tombak (halberd) tersebut bukan hanya hiasan pawai, tetapi mereka dapat dapat menggunakan tombak-tombak panjang tersebut sebagai senjata mematikan jika di perlukan, mereka pun memiliki salah koleksi senjata api terbaik dan termodern untuk melaksanakan tugas mereka.


Kepausan Garda Swiss berusia lebih dari 500 tahun, menjadikannya salah satu unit militer tertua berdiri di dunia. Didirikan secara resmi pada 22 Januari 1506 oleh Paus Julius II, pada saat Garda Swiss benar-benar kekuatan tentara bayaran terbaik saat itu. Kisah-kisah kehebatan tentara bayaran swiss ini dapat di telusuri dari abad ke-14, Prajurit prajurit Swiss terkenal sebagain satuan satuan terbaik saat itu, mereka terkenal karena kemampuan mereka untuk menghadapi tentara yang jauh lebih besar dan menang.

Pengabilan Sumpah setia

Keterlibatan besar pertama Garda Swiss, dan salah satu bukti dedikasi dan kemampuan pasukan itu , terjadi pada 6 Mei 1527. tentara Kaisar Charles V yang dalam proses pemisahan dari Roma ketika mereka berusaha untuk menyerang Basilika Santo Petrus . Ada kekuatan kecil Garda Swiss menahan serangan cukup lama hingga Paus Clement VII bisa melarikan diri melalui jalan rahasia panjang dalam Passetto di Borgo. Dan dari 189 total Garda yang ada, 150 diantara tewas dalam pertikaian tsb. Dan hal ini yg menjadi mitos dan etos keberadaan Garda Swiss untuk mengawal KePausan sampai darah penghabisan.


Anggota Garda Swiss ini ber anggota kan antara 100-125 personil, pilihan dari anggota militer Swiss terbaik. untuk menjadi anggota kesatuan ini, harus merupakan warga negara Swiss, usia dibawah 30 tahun, Katolik, tinggi minimal 174cm, pendidikan miminal diploma dan pernah menjalani militer di Swiss minimal dua tahun dengan jejak tugas yg baik.


Kepausan Garda Swiss memiliki empat tugas utama :
untuk melindungi Paus pada perjalanannya
untuk melindungi Kardinal selama transisi kepausan
untuk menjaga pintu masuk ke Kota Vatikan
untuk melakukan layanan keamanan dan kehormatan lainnya


Ketika bepergian ke luar negeri , Garda Swiss dan Polisi Vatikan bekerja sama dengan polisi setempat dan unit militer untuk datang dengan rencana dan tugas keamanan selama kunjungan Paus secara rinci. Seperti halnya satuan keamanan kepala negara lainnya, Garda Swiss memakai stelan suit sebagai seragam mereka dengan membawa senjata modern dibalik jas mereka.



Lone Guard


Sumber2:
http://www.vatican.va/roman_curia/sw...uard/index.htm
http://foxtrotalpha.jalopnik.com/the...ors-1733268646

UPDATE:
Salah satu sejarah kehebatan Garda Swiss
Pada saat revolusi perancis, pasukan Garda swiss juga ikut mengawal kerajaan Perancis saat itu. Mereka ikut melindungi Raja berikut keluarga nya di Istana Tuileries pada tanggal 10 Agustus 1792. Dari sekitar 900 jumlah anggota pengawal Swiss tersebut, sekitar 600 anggotanya tewas., dan satu kontingen garda Swiss sejumlah 160 orang yang akhirnya menyerah, mereka di bantai oleh massa atau karena luka pada bulan berikutnya. Sementara sisanya yang berjumlah sekitar seratus orang melarikan diri, secara sendiri sendiri dan di lindungi oleh warga Paris yang bersimpati pada mereka. Komandan satuan Garda Swiss itu, Mayor Josef von Bachmann, tewas di hukum Guillotine pada bulan september itu juga.


Dari satu resimen Pengawal Swiss ini, yg selamat utuh adalah kelompok 300 pengawal yang di kirim ke normandy untuk mengawal perbekalan Istana, mereka di perintahkan melakukan pengawalan sebelum tanggal 10 Agustus 1792. ( jumlah personil resimen pengawal kehormatan mulai dari 800-1300 personil, berbeda dengan resimen resimen satuan tempur lapangan)
Kepahlawanan dari Satuan Garda Swiss ini di abadikan oleh peseni Barthel Thorvaldsen dengan membuat Monumen 'Singa' di kota Luzern pada tahun 1821, patung Singa tersebut merupakan seekor singa yg di ambang mautnya dengan beberapa luka perang dan runtuhnya simbol simbol kerajaan Perancis. Pada monumen itu tertera nama nama perwira dan 760 anggota garda swiss yang tewas saat itu.

Diubah oleh Neoprint105 20-07-2016 15:25
0
37.8K
215
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.