Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Saat Perjuangan Keras Berbuah Manis, Ini 5 Cara Menunjukkan Rasa Syukur

zidniiiAvatar border
TS
zidniii
Saat Perjuangan Keras Berbuah Manis, Ini 5 Cara Menunjukkan Rasa Syukur
Akhirnya Piala Eropa 2016 mencapai puncaknya saat Portugal berhasil menundukkan Prancis 1-0. Perjuangan Portugal untuk memenangkan gelar Piala Eropa untuk yang pertama kali tersebut bukannya tanpa drama. Sang kapten, Cristiano Ronaldo, harus menyerah pada menit ke-25 karena cedera. Dia pun harus puas menonton pertandingan dan mendukung timnya dari pinggir lapangan.

Buat kamu yang bukan penggemar sepakbola, kemenangan Portugal tidak berarti apa-apa. Akan tetapi, jika kamu memberi sedikit perhatian, kamu pasti akan ikut terharu. Saat Ronaldo harus ditandu keluar lapangan karena cedera membuatnya tidak dapat berdiri, dia terlihat menangis dan kesal. Namun, air mata tersebut berganti menjadi air mata bahagia saat akhirnya Portugal memenangkan pertandingan.

Kamu pasti pernah merasakannya. Ketika kamu telah berjuang keras dan tiba-tiba harus menyerah karena keadaan, kamu tidak bisa menyembunyikan kekesalanmu. Tetapi, saat ‘kekalahan’ tersebut berbalik menjadi keberhasilan, kamu pun tidak dapat membendung kebahagiaanmu. Just like Ronaldo.

Untuk kamu yang sudah mencapai suatu tingkatan tertentu yang kamu anggap sebagai keberhasilanmu, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan rasa syukurmu.


Prioritaskan Berterimakasih kepada Tuhan

Saat Perjuangan Keras Berbuah Manis, Ini 5 Cara Menunjukkan Rasa Syukur
Photo credit: crosswalk.com

Mungkin kamu berpikir kamu sudah bekerja keras dan kamu pantas mendapatkannya. Ingat bahwa pada awal dan akhirnya, hanya Tuhan yang bisa memberikan ini untukmu. Tanpa campur tanganNya, apapun yang kamu miliki kurang terberkati. Maka tidak heran kalau sekolah-sekolah mengadakan doa bersama menjelang ujian nasional. Kamu pun salat lebih sering atau lebih rajin menghadiri kebaktian. Kamu tahu bahwa hanya kekuatan Tuhan yang mampu membantumu meraih sesuatu. Maka dari itu, luangkan beberapa waktu untuk beribadah dengan penuh konsentrasi. Buat kamu yang muslim, bisa menyelesaikan nadzar puasa Senin-Kamis dan salat tahajjud selama sebulan. Meski demikian, bukan berarti sesudah berterimakasih kepadaNya, kamu boleh meninggalkan ibadah tambahan tersebut. Pertahankan, agar semakin banyak berkat Tuhan datang ke kehidupanmu.


Siapkan Hadiah untuk Keluarga Terdekat dan Orang-orang yang Kurang Beruntung

Saat Perjuangan Keras Berbuah Manis, Ini 5 Cara Menunjukkan Rasa Syukur
Photo Credit: Berita Kompas

Setelah melalui serangkaian proses seleksi, kamu diterima di perusahaan impianmu. Bagaimana kamu memanfaatkan gaji pertamamu? Belanja sepuasnya? Boleh saja jika kamu berbelanja barang-barang yang akan kamu berikan kepada mama, papa, atau adik-kakak. Kamu pun menyisihkan sebagian gajimu untuk membeli makanan atau buku-buku bacaan dan memberikannya kepada anak-anak di panti asuhan. Barangkali kamu sedikit khawatir apakah gajimu cukup hingga bulan depan. Akan tetapi, kalau kamu ikhlas, percayalah bahwa apa yang kamu berikan akan kembali kepada dirimu sendiri. Keluargamu sudah mendukungmu sepanjang jalan dan kamu harus membahagiakan mereka. Adik saya yang diterima di sekolah kedinasan telah berjanji untuk mentraktir keluarga saat menerima gaji pertama nanti. Dia mengerti bahwa selama ini, kami turut mendoakan dan membantunya untuk mempersiapkan sekolahnya. Bukannya kami mengharap balasan, tetapi apa yang dia lakukan menunjukkan bahwa dia menghargai dukungan kami.


Tahan Diri untuk Berbagi Kebahagiaan melalui Media Sosial

Saat Perjuangan Keras Berbuah Manis, Ini 5 Cara Menunjukkan Rasa Syukur
Photo credit: dontpayfull.com

Saat kamu berhasil mendapatkan beasiswa sekolah di luar negeri, kamu ingin membagikan hal ini melalui Instagram atau Facebook. Sejak persiapan berangkat, hingga kamu tiba dan mulai sekolah, kamu membanjiri timeline dengan postinganmu. Kamu berdalih bahwa kamu ingin memotivasi teman-temanmu. Namun, jika kamu melakukannya setiap waktu, kamu akan terkesan pamer. Jangan lupa bahwa ada banyak sekali temanmu yang juga sedang berjuang, namun belum seberuntung kamu. Tahun lalu, saya akhirnya berhasil mendapat beasiswa di UGM setelah tiga kali gagal. Saat itu, ada seseorang bercerita bahwa dia belum pernah mendapat beasiswa meski sudah mendaftar sebanyak dua belas kali. Saya pun menahan diri dan tidak membicarakan tentang beasiswa saya lebih lanjut. Jika kamu ingin berbagi inspirasi, lebih baik tuangkan proses perjuanganmu melalui blog post atau tulislah artikel di Trivia. Dengan demikian, pembaca pun akan mendapatkan manfaat dari keberhasilanmu.


Menyimpan Cerita Buruk dan Fokus pada Hal-hal Baik

Saat Perjuangan Keras Berbuah Manis, Ini 5 Cara Menunjukkan Rasa Syukur
Photo credit: drinkprotein2o.com

Pada laga Portugal vs Prancis, memang Ronaldo tidak bermain hingga akhir waktu pertandingan. Namun, ketika Portugal menang, dia tidak mengumbar kesedihannya dan fokus pada keberhasilan timnya. Semua orang tahu bagaimana peran Ronaldo sangat krusial sebagai kapten tim dan kamu tentu bisa merasakan kekesalannya karena tidak bisa berkontribusi maksimal pada kemenangan tersebut. Akan tetapi, dia memilih untuk ikut bahagia dan sikapnya tersebut membuat semua pemain merasa nyaman. Pada proses perjuanganmu, kamu bertemu dengan orang-orang yang membuatmu kesal, hingga kamu ingin sekali berkata, “Lihat saja nanti kalau saya sukses!” Rasanya kamu ingin membalas mereka dan menunjukkan keberhasilanmu. Sebagaimana Ronaldo, lebih baik fokus pada hal-hal baik. Be happy and you’ll look great with the success.


Terus Bekerja Keras untuk Mencapai Tingkat Kesuksesan Selanjutnya

Saat Perjuangan Keras Berbuah Manis, Ini 5 Cara Menunjukkan Rasa Syukur
Photo credit: loddonbrewery.com

Sementara kamu merasa sudah ‘di atas awan’, kamu jadi malas-malasan dan membiarkan semuanya berjalan begitu saja. Mengambil istirahat sejenak saat telah berjuang keras sangat dianjurkan. Namun, kelamaan istirahat akan membuatmu lupa tujuan awalmu. Kamu sudah berhasil masuk jurusan kedokteran yang terkenal sulit, tetapi ingatlah bahwa perjalananmu untuk menjadi dokter masih panjang. Kamu harus membuktikan bahwa kamu pantas menjadi mahasiswa kedokteran. Selanjutnya, kamu harus memaksimalkan kesempatan ini untuk menjadi dokter terbaik yang tulus dan cekatan. Dengan begitu, kamu tidak menyia-nyiakan apa yang sudah diberikan oleh Tuhan dan menunjukkan rasa syukurmu kepadaNya.


Saya tidak pernah menduga bahwa adik-adik saya akan diterima di universitas yang bergengsi. Dulu, saya juga tidak pernah mengira bahwa saya akan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Yang kami tahu adalah berjuang dan berjuang. Kapan Tuhan akan memberikan apa yang kami butuhkan, tergantung Dia. Oleh karena itu, ketika pada akhirnya Dia berkenan memberikan suatu keberhasilan kepadamu, idealnya kamu ‘mengembalikannya’ dalam bentuk manfaat untuk lingkungan sekitarmu. Selamat berjuang!

Sumber Thread :

Saat Perjuangan Keras Berbuah Manis, Ini 5 Cara Menunjukkan Rasa Syukur


Artikel yang sudah pernah Hot Thread nih gan :
Mari duduk sejenak dan kembali mengenang masa 90an

Cara unik mengekspresikan cinta dari berbagai belahan dunia

Agan anak pertama , tengah atau terakhir ? Yuk kenali pribadi agan dari urutan lahir

5 foto tragis hewan langka ini akan membuatmu lebih memahami makna hari bumi

Tak Selamanya Kisah Penyair Indonesia Seindah Puisinya

Ini dia Raja Ampatnya Indonesia bagian barat. Yuk Kesiini Gan

Ini Dia 11 Museum di Dunia yang Paling Menakjubkan & Harus Dikunjungi!

11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia Ini Membuat Betah Membaca

10 Saran Untuk Diri Sendiri Ketika Saya Berumur 20an

5 Alasan Anggota Pecinta Alam Harus Menuliskan Kisah Perjalanannya

Jika threadnya menginspirasi agan boleh bagi Saat Perjuangan Keras Berbuah Manis, Ini 5 Cara Menunjukkan Rasa Syukur
Diubah oleh zidniii 13-07-2016 04:39
0
1.6K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.