bearbrickAvatar border
TS
bearbrick
Hal2 yg harus diperhatikan saat akan membeli rumah
Hal2 yg harus diperhatikan saat akan membeli rumah




Memiliki rumah adalah impian semua orang. Rumah termasuk kebutuhan tersier dalam hidup kita. Kalo kita punya uang banyak, kita pasti pengen banget kan beli rumah?

Nah, disini TS pengen coba berbagi tips tentang hal2 yang harus diperhatikan saat kita akan membeli rumah. Diantaranya adalah :


1. Perhatikan Lokasinya




Waktu beli rumah, jangan asal pilih aja gan! Jangan mentang2 harganya murah terus kita langsung deal aja. Gimana kalo ternyata lokasinya ga strategis? Jauh dari keramaian, akses kendaraan pun sulit. Pastinya buat kalian yg sering pergi, ini akan jadi masalah bukan?

So, sebelum kalian memutuskan untuk membeli rumah, ada baiknya kalian survei lokasinya terlebih dahulu, cari yg lokasinya strategis dan mudah diakses oleh kendaraan.


2. Harga



Harga rumah yang ingin kita beli, harus sesuai sama isi kantong kita. Kenapa ane bilang gini? Karna ada kebutuhan primer lain lagi yg harus dan penting untuk kita penuhi, yaitu makan. Beli rumah yg sederhana aja, yg penting kan bisa buat berlindung dari panas, hujan, badai dan dingin. emoticon-Big Grin

Jangan sampe ya gan, kita beli rumah mewah dan elit, tapi makan cuma pake kecap, karna uang habis buat beli rumah. emoticon-Ngakak (S)Kalo ane sih punya rumah di KPR C*MB Niaga, waktu itu ane sengaja DP 35%, supaya cicilannya bisa lebih ringan, malah cicilannya gak jauh beda sama kalo kita ngontrak. Jadi penghasilan ane ga abis buat rumah doank tiap bulannya. Kebutuhan primer yg lain seperti sandang dan papan masih bisa terpenuhi dengan baik.


3. Lingkungan



Rumah adalah termasuk kebutuhan primer ya kan gan? Kita pasti pengen punya rumah yg kalo bisa satu untuk selamanya, ga pake pindah2. Untuk itu sebelum membeli rumah, cek dulu lingkungannya baik atau tidak. Kita bisa nanya2 sama warga sekitar langsung kok buat tau lingkungan disana gimana, apa lingkungan itu termasuk aman atau nggak, itu juga perlu diperhatikan. Dengan tanya2 langsung sama warga, kita bakal dapet informasi yg lebih detail dan terperinci.

Untuk infrastrukturnya juga perlu diperhatiin gan. Apakah saluran airnya lancar sampai ke kamar mandi terus untuk sanitasinya juga jangan lupa buat dicari tau.


4. Perhatikan kelengkapan suratnya




Ada beberapa jeni surat kepemilikan tanah di Indonesia. Tapi ada tiga jenis yang disarankan kelengkapannya ketika akan membeli rumah, yakni: sertifikat hak milik (SHM), sertifikat hak guna bangunan (SHGB), sertifikat hak pakai (SHP).

Kalau bisa, belilah rumah yang sudah memiliki SHM. Sebab SHM adalah sertifikat kepemilikan tertinggi yang memiliki kekuatan hukum dan tidak dapat kadaluwarsa.

****

Membeli rumah itu beda sama beli kacang, jadi kita ga bisa sembarangan beli. Hal2 diatas jangan lupa untuk diperhatikan saat kita membeli rumah, supaya kita tidak menyesal nantinya. emoticon-Smilie

Segitu aja yg bisa ane sampein gan. Kurang lebihnya ane mohon maaf. Semoga isi thread ini bermanfaat. Salam.


:terimakasih

Diubah oleh bearbrick 11-07-2016 23:33
0
47.5K
362
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.