Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • Lazada, pengiriman gak bener, sistem ngaco, pemahaman security/privacy jeblok.

htan69Avatar border
TS
htan69
Lazada, pengiriman gak bener, sistem ngaco, pemahaman security/privacy jeblok.
Pada tanggal 18 Juni 2016 saya memesan 1 unit modem MiFi Andromax M2S dari Lazada. Niatnya modem ini akan saya bawa keluar kota saat libur lebaran. Dua hari kemudian setelah pemesanan saya melakukan pengecekkan status order dan statusnya sudah terupdate menjadi terkirim dan tertera informasi "Standard Pengiriman antara 21 - 23/06/2016". Saya berpikir harusnya 1-2 hari kemudian barangnya akan saya terima karena selama ini kalau memesan barang dari Lazada hanya dalam jangka waktu 3 - 4 hari sejak tanggal pemesanan barangnya pasti saya terima.

Ternyata sampai tanggal 28 Juni 2016 barang yang saya pesan masih belum saya terima karena itu saya mengirimkan pertanyaan ke pihak Lazada tentang status pengirimannya dan kalau barangnya tidak saya terima pada tanggal 29 Juni 2016 maka saya mau batalkan saja pesanannya. Jawaban dari pihak Lazada hanya jawaban baku yang tidak ada manfaatnya, Lazada menyatakan bahwa barangnya sudah dikirim via lazada JNE pada tanggal 22 juni 2016 dan estimasi pengiriman untuk wilayah banten adalah 4 - 8 hari kerja. Saya gak tau ini banten bagian mana, walaupun saya tinggal di propinsi banten tapi saya tinggal di karawaci yang notabene pengiriman via JNE standar biasanya hanya 2 hari atau maksimal 3 hari saja.

Kemudian pada tanggal 29 Juni 2016 saya mengirimkan email keluhan lagi ke pihak Lazada dan meminta mereka untuk membatalkan pesanannya karena saya berniat membeli modem mifinya dari pihak lain. Pihak Lazada menyatakan tidak bisa melakukan pembatalan karena secara sistem pesanan saya sudah memasuki proses pengiriman.

Setelah beberapa kali saling balas email akhirnya pihak Lazada menyatakan barangnya bisa dikembalikan selama kemasannya tidak dibuka, karena tidak punya pilihan lain terpaksa saya menerima pilihan ini. Sementara itu saya sudah memesan modem smartfren dari pihak lain dan barangnya saya terima hanya dalam waktu 1 hari saja.

Pada tanggal 8 Juli saya mendapat informasi dari petugas security komplek rumah tinggal saya bahwa pada tanggal 4 juli ada pengiriman paket dari Lazada. Ternyata estimasi maksimal waktu pengiriman 8 hari kerjapun terlewati. Setelah barangnya terkonfirmasi saya terima kemudian saya mencoba untuk melakukan proses pengembalian barang, ternyata... status order saya belum terupdate, masih dalam proses pengiriman!!! Karena itu saya tidak bisa melakukan proses pengembalian barang. Kemudian pada tanggal yang sama (8 juli 2016) saya mengirimkan keluhan lagi ke pihak Lazada yang baru dibalas pada tanggal 9 juli dengan pertanyaan apakah kemasannya sudah dibuka atau belum. Saya jawab bahwa kemasannya belum dibuka, kemudian pada tanggal 10 juli baru Lazada memberikan tanggapan bahwa status ordernya sudah diupdate dan saya dipersilahkan untuk melakukan pengembalian barang.

You know what?!?!?! Ternyata status ordernya belum terupdate sama sekali, dengan marah saya mengirimkan keluhan ke pihak Lazada dan tidak menerima jawaban. Pada tanggal 11 Juli 2016 saya sekali lagi mengirimkan keluhan ke lazada dengan ancaman akan menuliskan kasus ini di suara pembaca beberapa media massa serta media sosial lainnya. Pada tanggal 11 sore baru saya mendapat jawaban dari lazada yang meminta saya agar mengirimkan informasi guna keperluan pengembalian barang via email, celakanya salah satu informasi yang diminta adalah data rekening bank saya. Saya benar2 hopeless, perusahaan sekelas Lazada tidak mengerti keamanan data sehingga meminta pelanggannya untuk mengirimkan informasi rekening via unencrypted email yg notabene tidak aman.

Karena itu saya sudah 100% hilang kepercayaan terhadap Lazada dan lewat email saya meminta secara resmi agar akun saya di hapus. Penghapusan akun atas permintaan pelanggan diatur dalam syarat dan ketentuan penggunaan yang di keluarkan oleh Lazada, poin 9.2. Saya tinggal menunggu maksimal 7 hari kerja untuk mendapatkan konfirmasi penghapusan akun saya.

Lalu bagaimana dengan modem mifi yang DIPAKSA untuk dibeli oleh Lazada??? Saya belum memutuskan apakah barangnya mau saya donasikan ke pihak keluarga lain atau saya banting sampai hancur karena kecewa, kesal dan marah.

Buat pelanggan Lazada lainnya, hati-hatilah. Dengan kwalitas pelayanan yang buruk dan rendahnya pemahaman atas keamanan data maka kecewanya anda terhadap Lazada di kemudian hari adalah hampir sebuah keniscayaan.
0
3K
7
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.