zing_a_zongAvatar border
TS
zing_a_zong
Prison break: Terekam CCTV, Begini Detik-detik Anwar Kabur dari Rutan Salemba


Jakarta - Anwar alias Rizal memanfaatkan keramaian pengunjung saat Lebaran. Dia menggunakan jilbab dan berlagak seperti perempuan lewat bantuan istrinya. Begini gambaran peristiwanya.

detikcom menemui Kepala Rutan Satrio Waluyo di kantornya untuk memperjelas bagaimana cara Anwar kabur dan lolos dari pantauan petugas. Satrio menjelaskan, saat kejadian pada tanggal Kamis (7/7) itu, ada 3.800 pengunjung yang datang ke rutan untuk menemui 800 napi. Sementara saat itu, hanya 75 orang petugas yang berjaga.

Proses kaburnya Anwar berlangsung sangat cepat. Hanya berkisar satu jam setelah istrinya, Ade Irma, datang. Sehari sebelumnya istri Anwar sudah berkunjung dan diduga menyiapkan skenario kabur tersebut. Begini detik-detik kronologinya:

Pukul 14.00 WIB

Dari rekaman CCTV, Ade Irma tiba di Rutan Salemba bersama dua anaknya. Dia langsung masuk ke ruang pertemuan.

Pukul 15.00 WIB

Anwar keluar dari ruangan penjara bersama istri dan dua anaknya keluar dari Rutan. Napi yang divonis seumur hidup karena membunuh dan merudapaksa keponakannya sendiri itu menggunakan jilbab warna hitam, baju gamis panjang dan kacamata hitam.

Spoiler for Kalapas makmur:


Menurut Satrio, kondisi rutan saat kejadian juga sedang mencapai puncak pengunjung, sehingga petugas tidak bisa memperhatikan satu persatu napi di sana.

"Jadi memang dari pukul 13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB itu puncak pengunjung keluar masuk rutan. Sehingga petugas juga kesulitan mengecek pengunjung yang keluar masuk rutan," lanjutnya.

Pukul 18.00 WIB

Pihak Rutan melakukan pengecekan rutin. Saat itu, diketahui ada satu napi tidak berada di sel. Setelah empat jam dicari, dipastikan Anwar kabur.

Pukul 22.00 WIB

Petugas Rutan memastikan Anwar kabur dari Rutan Salemba. Istri Anwar, Ade Irma, tidak mengambil lagi KTP yang ditinggalkannya di pos jaga. Meninggalkan tanda pengenal menjadi salah satu syarat untuk setiap orang yang ingin masuk ke area Rutan Salemba.
(mad/mad)

sumur bor
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Menurut saya nih sebagai orang awam....itu lapas kan jalurnya keluar masuk nya satu...apa tidak ada yang jaga di pintu keluar? apa tidak dicek satu2? bukannya wajib di lapas diperiksa satu2 pengunjung masuk dan keluar? biarpun ramai tetap aja kan akses nya satu? ini jelas2 nyata kelalaian petugas
Diubah oleh zing_a_zong 11-07-2016 10:02
0
3.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.