Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jiu.guiAvatar border
TS
jiu.gui
Investasi Tiongkok dan ASEAN Lampaui US $ 150 Miliar
Pejabat terkait Tiongkok dan ASEAN belum lama ini di Nanning, Guangxi mengatakan bahwa seiring dengan dipercepatnya pembangunan eskalasi zona perdagangan bebas Tiongkok dan ASEAN, Tiongkok akan meningkatkan kerja sama di bidang kapasitas produksi internasional melalui pendorongan kemudahan investasi dan pembangunan zona perdagangan lintas wilayah dengan berbagai negara anggota ASEAN, untuk secara lebih lanjut mendorong perkembangan investasi bilateral.

Wakil Kepala Dinas Urusan Promosi Investasi di bawah Kementerian Perdagangan Tiongkok Zhang Yuzhong mengatakan, sampai akhir tahun 2015, investasi bilateral Tiongkok dan ASEAN melampaui US $ 150 miliar, Tiongkok dan ASEAN mengadakan kerja sama di bidang kapasitas produksi internasional, mempunyai keunggulan masing-masing dan juga saling membutuhkan satu sama lain, ini sesuai dengan kepentingan kedua pihak. Dikatakannya, sejak tahun 2015, kerja sama antara Tiongkok dan ASEAN di bidang kapasitas produksi internasional mempunyai permulaan yang baik, kerja sama di bidang titik berat mencapai keterobosan. Proyek jalur kereta cepat Jakarta- Bandung telah dimulai, jalur kereta api Tiongkok ke Laos telah memasuki tahap pelaksanaan , proyek jalur kereta api Tiongkok ke Thailand juga telah dimulai, semua ini menandakan pembangunan interkoneksi antara Tiongkok dan ASEAN mencapai kemajuan besar.

Zhang Yuzhong mengatakan, Tiongkok sedang aktif mendorong kerja sama dua arah dengan ASEAN di bidang industri, mempromosikan zona industri ASEAN melalui platform Ekspo Tiongkok- ASEAN, sementara itu Tiongkok sedang mempercepat pembangunan zona kerja sama ekonomi dan perdagangan lintas wilayah dengan negara-negara anggota ASEAN agar menjadi platform baru untuk memperdalam kerja sama Tiongkok dan ASEAN di bidang investasi. Dengan demikian membuka pola baru kerja sama kedua pihak di bidang industri.

Sebenarnya, kerja sama serupa telah lama dilaksanakan. Jauh pada tahun 1990-an lalu, zona industri Suzhou yang dibangun oleh Tiongkok dan Singapura telah menjadi teladan kerja sama antara Tiongkok dan ASEAN di bidang kerja sama industri. Beberapa tahun terakhir ini, Tiongkok dan ASEAN berturut-turut membangun kota ekologis Tianjin-Singapura, taman industri Kuantan Malaysia dan Tiongkok, di antaranya kota ekologis Tianjin menjadi teladan baru di bidang kerja sama industri karena merupakan industri karbon rendah dan berciri khas ramah lingkungan.

Wakil Sekjen Sekretariat Ekspo Tiongkok dan ASEAN Huang Yuan mengatakan, eskpo Tiongkok-ASEAN ke-13 yang akan diadakan September mendatang akan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk mempromosi kerja sama kapasitas produksi internasional antara lain pertemuan penyambungan kerja sama kapasitas produksi internasioal, forum kerja sama kapasitas produksi internasional Tiongkok dan ASEAN, pertemuan meja bundar kerja sama investasi dan sebagainya. Wakil badan investasi provinsi-provinsi yang penting di Tiongkok, perwakilan dari perusahaan kapasitas produksi yang unggul akan menghadiri kegiatan-kegiatan tersebut, untuk mengadakan pembicaraan kerja sama dengan perwakilan dari ASEAN di bidang zona industri dan badan penyerapan modal asing. n.

http://indonesian.cri.cn/201/2016/03...8/1s160094.htm
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.1K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.