orenji808Avatar border
TS
orenji808
Tokopedia x Go-Kilat (GoJek) bermasalah?
Dear all,
Saya mau membagi sedikit keluh kesah berbelanja di Tokped menggunakan Go-Kilat dari GoJek hari ini 27 Mei 2016.

Kronologis :
11.13am : Saya membeli kabel data dari satu seller Tokped dengan reputasi 2900 point.
saya menggunakan kartu kredit sehingga Tokped konfirmasi pembayaran secara otomatis dan langsung diteruskan ke Seller.
saat itu juga, saya langsung memberitahu seller nomor invoice nya agar seller dapat langsung memproses pesanan saya.

12.24pm : Seller mengupdate status pemesanan bahwa "pemesanan sedang diproses"..
12.31pm : Sistem Tokped mengupdate bahwa "Pesanan saya telah dikirim. Pesanan anda dalam proses pengiriman kurir. Keterangan : Sedang melakukan pencarian driver"
Dari keterangan sistem saja sudah membingungkan. Mana yang benar?
Saya menganggap bahwa mungkin saja sistem nya lagi ga bener sehingga yang paling masuk akal adalah Sedang Melakukan pencarian driver.

sekitar jam 3 sore, barang pesanan saya tidak kunjung datang. FYI, seller berada di Jakarta Utara (menurut informasi lokasi toko) dan saya berada di Menteng. dari jam 12.31 hingga 3 sore menurut saya tidak wajar dalam hal pengiriman.
Saya pun mencoba menghubungi seller, dengan maksud menanyakan kabar produk saya.

Seller mengaku driver Gojek nya belum menjemput barangnya, namun seller sudah mendapatkan informasi nama driver & telp driver gojek nya. Seller pun mengaku bahwa dia sudah menghubungi nomor tersebut namun tidak ada yang mengangkat.

Saya pun sudah agak kesal, akhirnya mencoba meminta nomor driver gojek nya tersebut.
Darsono / 081319568806

ketika ditelepon, driver tersebut menjawab panggilan saya.

Saya : "Dengan pak Darsono?"
Driver : "iya pak. ini siapa?"
Saya : "saya sedang menunggu pesanan saya dari tokopedia yang seharusnya diantar oleh bapak dari jam 1 siang tadi."
Driver : "Di aplikasi tidak ada peberitahuan akan hal itu (penjemputan barang di seller & pengantaran barang ke buyer)"
Saya : "Masa ga ada pak? dari tokopedia"
Driver : "kayaknya sih tadi ada. cuma saya cancel. dan sekarang uda ga ada pak."

Jujur saya bingung harus berbuat apa.
Saya mencoba menghubungi Tokped via email, twitter, FB, tidak ada satupun yang digubris. Mungkin dari temen-temen ada yang punya Call Centre nya?

Dan, sebenernya yang salah siapa? karena ternyata saya temukan banyak kasus serupa bahkan lebih parah.
Sistem Tokopedia nya yang cacad? Ga bisa auto search driver ketika driver nya cancel sepihak?
atau Driver gojek nya yg bermasalah?

Tokopedia tidak mengupdate satu detail pun dari jam 12.31 hingga jam 4 sore.
hingga status terakhir jam 6 sore bahwa order saya telah di cancel oleh 'System'
dan ANEHNYA, jam 9.48pm, muncul update status lagi dari System Tracker, bahwa pesanan saya KEMBALI sedang dikirimkan. WTF.

FYI, barang seharusnya diterima siang ini dengan alamat tujuan kantor saya.
Jika dilakukan reschedule besok, kantor saya libur kebetulan.

beberapa screenshot



Jika agan-agan bisa membantu case saya, saya akan sangat berterimakasih.
God bless!

UPDATE 2016.05.28 :
Jam 8 pagi saya pantau status pemesanan, tercatat sudah ada skitar 3 driver yang mengcancel pickup order saya.. tidak lama setelah itu, saya mendapat satu telepon dari driver gojek yg 'mengambil' request pickup order.

Menurut driver tersebut, toko nya seller baru buka jam 10 pagi tadi. Tapi mau gimana lagi, karena tujuan pengiriman pun percuma. Kantor saya libur dan tidak ada security.

Pihak Tokped pun membalas tweet dan fb messenger saya dengan balasan "invoice saya sedang di retry pickup". Saya pun membalas, namun hingga saat ini belum ada balasan lagi.

Saya cukup bingung dengan sistem order GoKilat ini. Sistem nya apakah sama dengan Go Send atau Random driver di area tersebut dapat menerima nya kapan saja.

UPDATE 2016.05.28 #2 :
Sekitar jam 2 siang tadi, pihak GOJEK menelepon saya untuk konfirmasi ulang. Setelah meminta maaf dan penjelasan detail oleh saya, akhirnya saya meminta Gojek untuk reschedule pickup di hari senin ke alamat kantor saya.

Walaupun ga bisa diubah alamat pengirimannya, atleast pihak Gojek mau menghubungi saya secara pribadi. And I appreciate that.

Dan, tokopedia? Cuma reply twitter tanpa solusi, tanpa direct call ke hp saya, itupun dibalas 7 jam berikutnya dari reply tweet saya sebelumnya.
Welp.

Saya masih menunggu itikad baik tokped untuk direct call ke saya. (especially Tokped staff if you read this thread)

Saya sertakan status pemesanan saya untuk hari ini. Bisa dilihat kecacadan sistem tokped nya. Memalukan.




UPDATE 2016.05.30 1.44pm :
Barang sudah diterima dengan selamat ke tangan saya oleh driver Gojek pak Sopian Hadi.

kudos for Seller : uda mau care sama buyer nya sampe bener2 nyampe ke tangan buyer. Nice aftersales.
kudos for Pihak Gojek : mau direct call ke end-user / buyer. Komitmen dengan reschedule.
kudos for Driver Gojek : senyum, sopan, dan salam dengan konsumen. Barang di antar dengan baik tanpa cacat. Tidak cari-cari alasan minta ini-itu.

emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai buat Tokped : Ga ada direct call ke buyer dari customer care nya. Tidak menerima keluhan buyer via Customer Care (Marketplace ga nyediain nomor contact Customer Care.. gokil). Respons social media super lama (7 jam) dan hanya berupa jawaban template. Sistem yang masih cacad & mentah namuh sudah dipublish ke publik (Go-Kilat).

Case closed.
Terima kasih buat semua pihak dan agan-agan yang uda komen dan mampir disini.

God bless!
Diubah oleh orenji808 30-05-2016 06:55
0
56.7K
47
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.