Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Apa makna Lebaran Presiden di luar istana?

Presiden Joko Widodo memasuki masjid untuk melaksanakan Salat Tarawih di Masjid Raya At-Taqwa Mataram, NTB, Jumat (10/6/2016).

Presiden Joko Widodo berlebaran dan melaksanakan salat Idulfitri bersama masyarakat Padang, Sumatera Barat, Rabu (6/7/2016). Jokowi menjalani rutinitas tahunan ini berbeda dengan pendahulunya yang selalu melaksanakan salat idulfitri di masjid Istiqlal dan open house di Istana Negara. Tahun lalu, Jokowi pun melaksanakan salat Idulfitri di Aceh.

Presiden dan Ibu Negara Iriana Widodo mendarat di Bandara Internasional Minangkabau pada Senin (4/7/2016) petang dalam kunjungan kerja. Rombongan kepresidenan bermalam takbiran dan salat Idulfitri bersama warga Sumbar di Kota Padang.

Jokowi bersama ribuan jamaah lainnya melaksanakan Shalat Ied yang dipimpin oleh Imam Masjid Raya Sumatera Barat, Indra Hadi. Ini adalah kali pertama Presiden berlebaran di Padang.

Seusai salat, Jokowi mengatakan Padang sebagai tempat berlebaran pada tahun ini karena Indonesia bukan hanya Jakarta. "Dari Sabang sampai Merauke dan mungkin nanti sekali di Jakarta, yang lain di daerah-daerah. Baik nanti di Idulfitri, Iduladha dan juga di tahun baru, di Natal, semuanya di daerah," kata Jokowi dilansir laman Sekretariat Kabinet, Rabu (6/7/2016).

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan terima kasih kepada Presiden yang menjadi Kepala Negara/Pemerintah RI pertama melaksanakan Shalat Idul Fitri bersama masyarakat Kota Padang. "Hal ini membuktikan Provinsi Sumbar merupakan daerah yang aman," katanya melalui Antaranews.

Irwan menambahkan, kedatangan Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, diharapkan dapat membantu pembangunan di Sumbar, termasuk penuntasan proyek Masjid Raya Sumatera Barat.

Tahun lalu, Jokowi juga melaksanakan salat Idulfitri di Aceh. Dikutip BBC Indonesia, antropolog dari Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Teuku Kemal Fasya mengatakan kunjungan Jokowi memiliki makna simbolis.

Jokowi sebagai presiden mencoba menjaga kepentingan terutama kepentingan seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia dari Aceh sampai Papua. "Di natal yang lalu, dia misa natal di Papua dan di Idul Fitri ini dia merayakan hari raya di Banda Aceh," kata Teuku Kemal Fasya.

Pada era sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa kali merayakan Idulfitri di Istana Negara. Menjelang akhir kepemimpinan pada Juli 2014 lalu, Yudhoyono salat di mesjid Istiqlal dan menggelar open house di Istana Negara.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...di-luar-istana

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread734Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.